Ini Bahaya Baju Baru yg Langsung dipakai Tanpa Dicuci Dulu

Ini Bahaya Baju Baru yg Langsung dipakai Tanpa Dicuci Dulu

Baju Baru Langsung Dipakai Tanpa Dicuci Dulu Ternyata Bahaya Lho! Simak Penjelasannya!

Berbelanja kebutuhan sandang ialah suatu kebahagiaan tersendiri bagi umat milenial. Tetapi ada hal jelek yang bagaimanapun jarang diakui Tapi sering sekali dilakukan orang.

Adalah buru-buru memakai pakaian baru sebelum mensterilkanya terlebih dahulu. Hal ini disandarkan pada perasaan semu kita terkait; baju baru yg ada di dalam plastik dan bersegel, jadi pasti bersih.

Sesungguhnya kebiasaan tersebut nggak baik. Hal ini bukan hal yang mengada-ada lho guys. Namun para ahli juga sudah melakukan penelitian.

Dialnsir melalui Kompas, ada beberapa penjelasan yang bikin kamu setelah ini akan rutin mencuci barumu sebelum kamu kenakan. Penasaran kan? Simak uraian Hipwee Tips berikut sampai habis ya!

Di toko, baju yang kamu beli bisa jadi sudah pernah dicoba orang lain. Jika orang lain tersebut terinfeksi jamur, kamu bisa apa?

Infeksi kulit ialah penyakit yang paling mudah disebarkan melalui serat pakaian. Sedangkan serat-serat kain bisa dibilang adalah lingkungan favorit bagi bakteri dan kutu untuk berkembang biak.

Coba bayangkan jika orang yang mencoba baju yang kamu beli sebelumnya adalah orang yang mengidap penyakit infeksi kulit seperti dan bisa menularkannya melalui kutu dan bakteri? Wah pasti bahaya banget ‘kan. Oleh karena itu selain mencuci, setelah mencba baju-baju di toko usahakan mandi yang bersih ya!

Tribunnews.com

-Kontaminasi flu dan virus juga bisa tersebar melalui pakaian. Virusnya bahkan bisa bertahan di baju selama 48 jam lho

Virus flu adalah virus yang bisa bertahan cukup lama di permukaan yang keras. Contohnya saja kain dan pakaian. Sedangkan virus seperti flu bisa disebarkan melalui mana saja, termasuk udara. Pakaian yang dipajang di tempat umum yang seling dilewati pengunjung ndak menutup kemungkinan menyimpan virus flu. Apalagi virus ini mampu bertahan hingga 48 jam lho.

-Pewarna sintetis yang masih melekat pada serat-serat pakaian berpotensi menyebabkan peradangan kulit

Tidak ada yang bisa menjamin kalau proses pembuatan pakaian di pabrik dan konveksi itu bisa higienis 100%. Kita tidak sedang berurusan dengan produk makanan lho.

Pewarna sintetis yang masih melekat pada serat kain bisa menyebabkan peradangan bagi kulitmu. Apalagi buat kalian yang punya kulit sensitif, kemungkinan akan langsung mengalami gangguan seperti gatal-gatal.

Bahkan bukan hanya menyebabkan masalah kulit guys. Beberapa penelitian telah memaparkan kalau zat-zat kimia yang sering digunakan saat memproduksi pakaian punya banyak dampak buruk bagi kesehatan.

Contohnya saja formalin yang sering digunakan untuk finishing kain bisa mengiritasi mata, hidung, tenggorokan bahkan alergi yang memengaruhi kulit dan paru-paru. Fenol terklorinasi yang digunakan dalam pengolahan tekstil bisa mengiritasi kulit, mata, dan mulut. Sedangkan pewarna azo bisa bersifat karsinogenik atau berpotensi menjadi penyebab kanker.

-Ada potensi kontaminasi pakaian dan bakal sangat berbahaya jika kamu sedang berkeringat

Saat berkeringat, pori-porimu terbuka lebih lebar. Patogen yang menyebabkan penyakit pun bisa sangat mudah menginvasi kulitmu. Jika seharian kamu mengenakan baju baru yang belum dicuci sedangkan kamu gak yakin bajumu higienis, pasti bisa bahaya banget deh. Mandi saja nggak cukup buat mencegah penyakit kulit ini jika sudah terlanjur menginfeksi dan menyebar lewat pori-pori.

-Mencuci baju baru bisa mencegah iritasi, terutama buat kamu yang kulitnya sensitif

Buat si kulit sensitif, mencuci baju yang baru dibeli rasanya sudah ada di tingkat keharusan. Bukannya apa-apa, tapi bukankah lebih baik berhati-hati dan melakukan upaya pencegahan? Cucilah baju yang baru kamu beli sesuai dengan petunjuk pencucian yang biasanya tertera di baju atau di label.

Ada beberapa kain yang memang nggak disarankan dicuci di mesin cuci hingga nggak disarankan untuk disetrika dengan suhu yang sangat panas karena bisa merusak pakaian. nggak usah takut, cantiknya baju barumu luntur karena dicuci deh kalau kamu sudah mencucinya sesuai petunjuk.

Punya baju baru, siapa sih yang tidak senang dan buru-buru ingin memakainya? Tapi harus hati-hati juga dan peduli sama kebersihan deh. Maka baju barumu yang cantik dan istimewa itu nggak akan berbalik jadi malapetaka dan sumber penyakit yang bisa merepotkanmu.

Leave a Comment