Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak

Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak – Umumnya kaca yang berkerang banyak disebabkan karena adanya jamur yang melekat. Dimana munculnya jamur tersebut dapat dipicu oleh beberapa kondisi, seperti noda menumpuk terlalu lama atau terlalu sering terkena air dan sabun.

Dan kemunculan kerak pada kaca akan sangat mengganggu, yang sering kali ditemukan pada kaca kamar mandi, akuarium, hingga kaca mobil. Namun tidak perlu cemas, begini cara membersihkan kaca yang berkerak paling ampuh.

Cara Paling Ampuh Untuk Membersihkan Kerak Pada Kaca

Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak

Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak

  1. Menggunakan Alkohol

Salah satu cara untuk membersihkan kerak pada kaca yang efektif yakni dengan menggunakan alkohol yang memiliki konsentrasi 50 hingga 90 persen.

Sudah banyak diketahui jika alkohol memang sering digunakan sebagai larutan pembersih, termasuk untuk membersihkan kerak membandel yang terdapat di kaca. Cara menggunakan alkohol untuk membersihkan kaca pun relatif cukup mudah.

Cukup dengan membasahi kain dengan alkohol, kemudian tinggal gosokkan kain tersebut pada kaca yang memiliki kerak. Karena alkohol memiliki tingkat penguapan yang cukup tinggi, maka ia cenderung cepat kering sehingga proses untuk membersihkan kerak di kaca menjadi lebih lama.

Tidak hanya itu, untuk bisa membersihkan kerak yang terdapat di kaca maka Anda memerlukan usaha yang ekstra. Pasalnya Anda perlu tenaga untuk menggosok kaca degan intens dan kuat.

  1. Dengan Menggunakan Bahan Pencuci Serba Guna yang Berjenis Krim

Salah satu cara membersihkan kaca yang berkerak bisa dengan menggunakan bahan pencuci serba guna yang berjenis krim. Pasalnya pencuci dengan jenis krim umumnya memiliki kelebihan untuk merontokkan kerak pada kaca.

Penggunaan dari pembersih satu ini juga bisa dikatakan paling mudah. Cukup dengan dioleskan secara langsung di atas permukaan kaca dan digosok.

Untuk menggosok kaca tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan kain bersih. Namun jika kerak yang terdapat di kaca tersebut bandel, bisa menggunakan bahan kain yang kasar atau busa gosok yang kasar.

Jika telah di gosok semua bagian yang berkerak, maka bilas dengan air dan keringkan dengan kain bersih. Bahan satu ini dinilai lebih efektif, maka tidak heran jika banyak yang menggunakan bahan pencuci serba guna berjenis krim untuk membersihkan kaca.

  1. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi bisa dikatakan sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam cara membersihkan kaca yang berkerak dengan ampuh.

Namun meskipun begitu, tidak semua merek pasta gigi dapat digunakan untuk membersihkan kerak pada kaca. Jenis pasta gigi yang paling tepat untuk membersihkan kerak membandel pada kaca yakni yang mengandung butiran lembut di dalamnya.

Langkah membersihkan kerak pada kaca dengan pasta gigi, pertama usapkan pasta gigi ke permukaan kaca dan tunggu hingga kering. Setelah itu bilas dengan air dan sembari di gosok menggunakan sikat.

Disarankan untuk menggunakan sikat gigi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. langkah selanjutnya setelah dibilas dengan air hingga bersih, keringkan kaca menggunakan kertas koran.

pembersih kaca

pasta gigi dikenal sebagai pembersih kerak kaca2

  1. Dengan Menggunakan Campuran Air Dengan Cuka

Anda juga bisa membersihkan kerak di kaca dengan menggunakan bahan pembersih alami yang bisa ditemukan di dapur, yakni dengan menggunakan campuran air dengan cuka.

Buatlah campuran tersebut dengan perbandingan 1:1. Diketahui bahwa cuka memiliki efek asam yang dapat menghilangkan kerak dan bercak sabun, serta minyak yang menempel di permukaan kaca.

Cara membersihkan kaca yang berkerak dengan campuran air dan cuka, sangat mudah. Tinggal semprotkan campuran air dengan cuka pada kerak membandel yang ada di permukaan kaca.

Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit supaya cuka dapat bereaksi dengan baik. Setelah itu, Anda bisa membilas larutan cuka tersebut dengan air hangat. Terakhir bersihkan air dengan menggunakan lap bersih.

  1. Menggunakan Obat Pembersih Kaca

Jika Anda tidak ingin repot, bisa menggunakan obat pembersih kaca yang telah banyak di jual toko online atau offline di setiap wilayah di Indonesia. Selain bisa untuk membersihkan kerak pada kaca, obat ini ternyata juga bisa untuk membersihkan kotoran yang menempel pada bodi dan velg mobil.

Bahkan beberapa merek obat pembersih yang memiliki kandungan premium polymer dapat menjaga kilau pada kaca.

Selain itu, Anda tidak perlu repot lagi untuk mencampurkannya dengan bahan lain  jika  menggunakan obat pembersih kaca. Untuk memakainya sebagai cara membersihkan kaca yang berkerak juga sangat mudah.

Tinggal menyemprotkan obat pembersih pada kaca terutama pada bagian yang berkerak. Kemudian gosok permukaan kaca dengan menggunakan alat pembersih atau kain bersih.

  1. Menggunakan Blau (Pewarna Biru Untuk Baju)

Blau merupakan pewarna biru yang digunakan untuk mewarnai baju. Bahan satu ini juga cukup efektif digunakan untuk membersihkan kerak yang terdapat di permukaan kaca.

Terutama untuk membersihkan kerak yang terdapat di kaca kamar mandi, akibat dari bekas sabun yang menempel. Untuk membuat pembersih satu ini, juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Anda hanya cukup mencampurkan blau dengan air hingga menjadi mengental. Kemudian ratakan adonan tersebut pada permukaan kaca dengan menggunakan kertas koran bekas. Setelah itu, diamkan blau pada permukaan kaca hingga mengering.

Jika blau sudah kering, bilas kaca tersebut menggunakan sikat gigi bekas. Langkah terakhir dalam cara membersihkan kaca yang berkerak dengan blau yakni hilangkan sisa blau hingga bersih.

Berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk membersihkan kerak yang menempel pada permukaan kaca. Umumnya untuk membersihkan kerak yang membandel pada kaca, memerlukan usaha yang lebih keras.

Alat yang paling tepat untuk sebagai cara menghilangkan kerak di kaca yakni dengan menggunakan sikat gigi atau spoons yang berbahan kasar. Semoga informasi ini bermanfaat.

Author: nadiazhr

Gagah bungah sumringah ndadar ing wayah wayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *