Cara Mengolah Ginseng Menjadi Minuman yang Menyehatkan

Ginseng atau panax merupakan obat herbal yang terkenal dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam produk obat.

Selain itu, panax juga bisa dijadikan bahan dasar minuman sehat dengan rasa sedikit manis dan pahit setelah dikonsumsi. Anda boleh meminum olahan tersebut dengan cara pembuatan yang tepat. cara mengolah ginseng menjadi minuman

Pembuatan obat tradisional dari panax tidaklah mudah, terdapat beberapa cara mengolah ginseng menjadi minuman yang menyehatkan yang dapat anda ketahui. Simak ulasan berikut.

Pengeringan Panax untuk Dijadikan Teh Kemasan Sachet

cara mengolah ginseng menjadi minuman

cara mengolah ginseng menjadi minuman

Ketika panen, akar panax segar biasanya memiliki berat 300 kilogram dan setelah kering menyusut menjadi 100 kilogram. Pengeringan panax bukanlah hal yang mudah dilakukan. Karena, anda bisa saja merusak akar tanaman tersebut. Pengeringan ginseng dilakukan secara perlahan-lahan menggunakan angin-angin atau udara dengan suhu tidak lebih dari 90 derajat celcius.

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk mendapatkan hasil akar panax yang benar-benar kering sempurna. Hindari pengeringan menggunakan oven atau alat pengering lain. Hal tersebut dikarenakan oven akan cepat merusak akar panax dan meningkatkan risiko terbentuknya akar yang terlalu kering sehingga sangat rapuh dan cepat rusak.

Selain akarnya, cara mengolah ginseng menggunakan bulu-bulu akar yakni dijadikan bubuk teh yang dikemas dalam bentuk sachet. Beberapa produsen ada yang mengemasnya dalam bentuk kapsul.

Dengan begitu, bagi anda yang bukan penikmat panax akan tetap bisa merasakan khasiatnya tanpa harus mengunyah atau mencicipi rasa pahit dari akar tanaman tersebut.

Perebusan Panax Mentah untuk Dijadikan Teh Herbal

250g Hong Shen 红参, Korean Panax Ginseng Roots, 6 Years Radix Red Ginseng Rubra, Bie Zhi Shen 别直参

Jika anda tidak ingin menunggu panax kering yang dikemas, maka anda bisa langsung mencuci mentahannya. Cucilah panax di bawah air mengalir secara perlahan-lahan. Anda harus berhati-hati ketika mencuci tanaman ini, karena bisa saja rusak.

Setelah dicuci, rendam panax beberapa menit agar teksturnya tidak keras dan mudah untuk dipotong. Sembari menunggu, anda bisa menyiapkan slow cooker berisi 1 liter air, kemudian panaskan.

Perlu diperhatikan cara mengolah ginseng harus menggunakan air yang matang. Kemudian masukkan panax yang sudah dipotong-potong ke dalam slow cooker tersebut, tutup, lalu rebus selama 3 jam untuk mendapatkan rebusan air ginseng yang menyehatkan.

Untuk mengurangi rasa pahit dari panax, tambahkan gula batu yang dihancurkan ke dalam gelas yang anda gunakan. Jika anda ingin rasa yang lebih kuat, maka kurangi porsi gula.

Setelah 3 jam, tuangkan air rebusan panax ke dalam gelas berisi gula, disarankan untuk langsung mengonsumsinya selagi hangat, agar terasa khasiatnya.

Pencampuran Panax dengan Tanaman Herbal Lain untuk Minuman Diet

Selain memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan, seperti menambah stamina, mengatur gula darah, dan menurunkan kolesterol, panax juga dapat digunakan sebagai obat diet.

Cara mengolah ginseng menjadi minuman diet dapat anda buat sendiri di rumah
menggunakan bahan dasar panax yang dicampur tanaman herbal lain seperti jahe dan kayu
manis.

Pertama, siapkan 500 ml air, setengah sendok teh kayu manis bubuk, 3 sendok makan ekstrak panax, 1 batang jahe dan 1 sendok makan perasan atau jus jeruk nipis.

Rebus air di dalam panci sampai mendidih, kemudian biarkan dingin selama kurang lebih 5
menit.

Selanjutnya tambahkan ekstrak panax dan jahe yang sudah disiapkan dan biarkan larut. Lalu saring air larutan tersebut hingga tidak terdapat ampas panax dan jahe, kemudian tambahkan bubuk kayu manis dan perasan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C.

Setelah itu, aduk rata seluruh bahan dan anda bisa langsung mengonsumsinya. Minuman yang menyehatkan ini lebih baik dikonsumsi selagi hangat, agar rasa pahit tidak terlalu terasa.

Itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk membuat minuman sehat dari panax. Selain mengolahnya sendiri, anda juga dapat membeli produk jadi di supermarket terdekat.

Terdapat dua jenis ginseng yang biasa dikonsumsi masyarakat, yakni ginseng Amerika dan Korea atau Asia. Anda bebas memilih mana yang anda suka, karena keduanya bermanfaat bagi kesehatan.

Contohnya, seperti mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan stres, mencegah penuaan diri, mencegah ejakulasi dini, dan meningkatkan fungsi kognitif. Manfaat

Daun Ginseng Jawa bagi Tubuh

Khasiat ginseng jawa untuk kesehatan memang sudah tak perlu diragukan lagi. Sejak dulu ginseng jawa sudah dimanfaatkan sebagai bahan herbal yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bahkan, khasiat dari umbi ginseng jawa disebut oleh para ahli dunia tak kalah canggih dengan kebaikan yang ditawarkan oleh ginseng Korea atau Cina.

Namun tahukah Anda bahwa seluruh bagian tanaman ginseng dapat dikonsumsi dan baik bagi tubuh, termasuk bagian daunnya?

Pada daun ginseng jawa terdapat berbagai kandungan yang menguntungkan tubuh, seperti saponin, flavonoid, steroid, minyak atsiri, vitamin A, dan berbagai jenis mineral penting lainnya.

Seperti apa khasiat daun ginseng jawa bagi kesehatan? Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Menambah nafsu makan

Jika Anda kehilangan nafsu makan, cobalah untuk meminum air rebusan daun ginseng jawa secara rutin sebagai alternatif. Ginseng jawa disinyalir efektif untuk meningkatkan nafsu makan secara alami karena kandungan steroid di dalamnya.

2. Melancarkan peredaran darah

Kandungan sterol pada daun ginseng jawa dapat membantu memperbaiki sistem peredaran darah sekaligus membuat sirkulasi darah dalam tubuh lebih lancar.

Darah akan lebih mudah untuk dialirkan ke otak, sehingga otak mendapat oksigen yang cukup untuk melancarkan kemampuan berpikir dan berkonsentrasi.

Selain itu, peredaran darah yang lancar juga akan membuat Anda terhindar dari penyumbatan pembuluh darah dan penyakit lainnya.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun ginseng jawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan hormon, kandungan antioksidan pada daun ini juga mampu menangkal radikal bebas.

Sehingga Anda memiliki risiko yang lebih kecil untuk terserang berbagai penyakit akibat radikal bebas, seperti jantung dan kanker.

Daun herbal ini juga mengandung saponin yang bisa melawan pertumbuhan parasit dan organisme berbahaya dalam tubuh, dengan begitu tubuh tak akan mudah terserang penyakit.

4. Melancarkan ASI

Produksi ASI yang tidak lancar sering kali menjadi masalah bagi ibu menyusui yang akhirnya membuat ibu merasa cemas.

Bagi Anda para ibu menyusui yang tengah dihadapkan dengan masalah yang sama, tak perlu khawatir karena Anda bisa memanfaatkan daun ginseng jawa untuk memperlancar produksi ASI.

Kandungan saponin pada daun ginseng jawa dapat melancarkan sirkulasi darah dan produksi ASI. Maka dari itu, ramuan ginseng jawa sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Ramuan ini cukup mudah untuk disiapkan sendiri di rumah. Caranya, tumislah daun ginseng jawa yang sudah di cuci bersih. Hasil tumisan inilah yang kemudian dapat Anda konsumsi sebagai pelancar ASI

5. Membantu proses pengobatan luka

Daun ginseng jawa mengandung antioksidan yang tinggi serta memiliki sifat anti-bakteri, anti-viral, dan anti-histamin yang dapat secara efektif mempercepat proses pemulihan luka dan mengatasi pembengkakan pada kulit.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri sehingga Anda tak akan mudah untuk terinfeksi penyakit.

6. Mencegah penuaan dini

Selain dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya, radikal bebas juga bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

Kandungan antioksidan dalam daun ginseng jawa mampu menangkal paparan radikal bebas dari tubuh, hal ini akhirnya juga akan berdampak pada kulit dan membuat kulit tampak lebih awet muda.

7. Meningkatkan daya seksual

Zat afrodisiak yang terdapat dalam daun ginseng hawa diketahui dapat membantu merangsang daya seksual, sehingga daun herbal ini dapat menjadi solusi alami yang baik bagi Anda yang mengalami masalah seksual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *