Efek Samping Daun Sambiloto

Mengulik 3 Efek Samping Daun Sambiloto untuk Kesehatan Anda – Tanaman herbal yang ada di Indonesia ini sangat banyak, sehingga pengobatan herbal ini masih sangat eksis. Anda dapat memilih berbagai jenis pengobatan dengan obat yang cukup beragam pula.

Daun Sambiloto

Daun Sambiloto

Sambiloto terkenal ampuh untuk atasi berbagai penyakit, sehingga anda bisa menemukan daun ini di beragam resep obat herbal. Efek samping daun sambiloto ini cukup serius bila dikonsumsi tidak sesuai takaran.

Konsumsi dalam jangka panjang memang harus sesuai dengan dosis yang telah diberikan oleh orang yang ahli di bidang ini. Yuk intip ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mulut Terasa Pahit

Tanaman satu ini telah tersohor ajaib dan ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bagian yang dipakai dan dimanfaatkan untuk pengobatan ialah daunnya, sehingga diolah jadi ramuan herbal.

Tentu anda sudah tahu bahwa ramuan herbal ini didominasi oleh rasa pahit, sehingga cukup mengganggu di lidah. Kandungan yang menyebabkan pahit ini senyawa andrographpholide.

Rasa pahit sering kali ditemukan dalam obat, sehingga tidak disukai oleh Sebagian besar orang. Akan tetapi, efek yang mengiring rasa pahit ini penyakit di dalam tubuh bisa sembuh secara berangsur angsur.

Rasa pahit di lidah ini juga dapat berujung pada nafsu makan yang terus menerus berkurang. Anda akan merasakan nafsu makan mulai berkurang setelah konsumsi ramuan ini dalam jangka panjang.

Selain harus mewaspadai pola makan yang akhirnya tidak teratur, hal ini juga berakibat tubuh tidak memiliki tenaga. Bila tidak segera dihentikan, berat badan juga akan turun secara drastis.

Tekanan Darah Rendah

Setelah merasakan gejala pertama yang sangat dasar tersebut, hendaknya konsumsi ramuan tersebut segera dihentikan. Efek samping daun sambiloto ini dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Tekanan Darah Rendah

Tekanan Darah Rendah

Salah satu keluhan yang dirasakan oleh pengkonsumsi ramuan dengan bahan sambiloto ialah tekanan darah rendah. Konsumsi jangka panjang dapat menyebabkan tekanan darah yang turun cukup drastis.

Hal ini biasanya dirasakan oleh orang orang yang memiliki tekanan darah normal. Tidak hanya itu, penderita dengan riwayat tekanan darah rendah juga dapat mengalami efek satu ini.

Efek lain dari tekanan darah rendah ini juga bisa menyebabkan kepala anda sangat pusing. Rasa pusing ini cukup mengganggu dan membuat diri sendiri tidak nyaman saat beraktivitas.

Kedua penyakit ini akan tampak sebagai salah satu gejala ringan setelah konsumsi jangka panjang. Rasa pening ini pun ternyata masih diperparah dengan tubuh yang terus menerus merasa lelah.

Tubuh yang lelah ini disinyalir karena tanaman sambiloto yang dikonsumsi tidak sesuai takaran. Selain itu, efek satu ini juga disebabkan oleh tekanan darah anda yang rendah.

Gangguan Kesuburan

Apakah anda termasuk orang orang yang sedang program untuk hamil? Sebaiknya hindari efek samping daun sambiloto satu ini dengan tidak mengkonsumsi berbagai ramuan herbal dengan bahan tersebut.

Tanaman ini memang cukup terkenal, tetapi ternyata dapat menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi. Penelitian ini telah dibuktikan dengan responden hewan, sehingga tidak disarankan pada manusia.

Hal ini juga disarankan pada pasangan yang telah dinyatakan sulit untuk memiliki anak. Daun ini justru akan memperparah gangguan kesuburan anda hingga kemungkinan hamil semakin kecil.

Tidak hanya berisiko sulit hamil, ramuan dengan bahan tanaman sambiloto ini juga dapat menyebabkan keguguran. Pastikan tidak mengkonsumsi obat yang cukup berbahaya ini pada saat hamil.

Apabila anda sudah terlanjur mengkonsumsinya, efek samping daun sambiloto ini dapat diminimalisir. Hentikan meminum ramuan tersebut setelah satu atau dua kali konsumsi. Berhenti konsumsi ramuan dengan bahan sambiloto ini bertujuan untuk menghindarkan risiko buruk pada janin dan ibunya. Obat yang tidak aman ini hendaknya dihindari selama masa kehamilan.

Tidak hanya pada ibu hamil, hendaknya ibu yang sedang menyusui juga menghindari obat dengan tanaman sambiloto. Sebaiknya, carilah obat dengan kandungan bahan lain yang lebih aman.

Memilih obat untuk penyakit anda tidak boleh sembarangan, sehingga harus meneliti bahan bahan yang dikandungnya. Tanaman sambiloto ini harus diwaspadai, sehingga tidak timbul penyakit di kemudian hari.

Daun yang dikenal ampuh mengobati berbagai hal ini ternyata cukup berbahaya. Hindari
bila memiliki riwayat darah rendah, sedang hamil atau program hamil, dan hentikan bila
berat badan turun drastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *