Efek Samping Temu Putih

Mengenal Segudang Manfaat Dan Efek Samping Temu Putih Bagi Kesehatan – Indonesia masuk dalam negara yang berpotensi sebagai tempat membudidayakan sejumlah tanaman herbal kaya akan manfaat, tidak terkecuali seperti tanaman temu putih sekalipun.

Bahkan pernyataan tersebut dikuatkan oleh data WHO, yang menyatakan jika permintaan produk terkait dengan tanaman tersebut terus meningkat setiap tahunnya.

Walaupun terkenal sebagai tanaman obat yang kerap dijadikan sebagai obat obatan alami, siapa sangka terdapat efek samping temu putih yang tidak banyak diketahui oleh orang awam.

Dengan kata lain, kita tidak boleh mengkonsumsinya sembarangan dan membutuhkan resep agar dosisnya tepat agar sesuai anjuran yang diberikan. Untuk mengenalnya lebih lanjut, silahkan simak ulasan berikut.

Mengenal Tanaman Temu Putih Beserta Kandungan di Dalamnya

Tanaman satu ini memiliki istiah Curcuma zedoaria Rosc, ternyata masuk sebagai spesies Zingiberaceace dan masih berkeluarga dengan tanaman seperti jahe maupun kunyit.

Rimpangnya yang berwarna putih dan dibagian tengahnya yang berwarna kekuningan, membuatnya mudah dikenali dan mudah dibedakan dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya.

Tanaman Temu Putih

Tanaman Temu Putih

Tanaman satu ini menghadirkan rasa pahit dan pedas sekaligus, namun juga mengeluarkan aroma khas yang memberikan efek tubuh terasa lebih hangat setelah mengkonsumsinya.

Termasuk salah satu tanaman asal India dan tumbuh subur di tanah Indonesia, bahkan tanaman ini dapat ditemui hampir di seluruh wilayah yang ada di tanah air termasuk pulau Jawa.

Sejak dahulu tanaman satu ini kerap dijadikan sebagai obat tradisonal oleh berbagai negara, namun penting untuk mengingat kembali bahwa terdapat sejumlah efek samping temu putih apabila dikonsumsi berlebihan.

Beberapa negara yang kerap menjadikannya sebagai tanaman obat seperti China, Vietnam, dan Jepang. Bahkan tanaman satu ini kerap dicampurkan dalam pembuatan aneka produk.

Contohnya saja seperti produk pewarna makanan, bahan campuran di industri obat obatan herbal, pembuatan parfum, hingga bahan campuran pembuatan kosmetik sekalipun.

Berbagai khasiat bagi kesehatan dari tanaman satu ini didapatkan dari senyawa aktif serta atsirinya. Tanaman satu ini pun mengandung sekitar 20 senyawa aktif yang bagus bagi kesehatan.

Segudang Manfaat yang Bisa Didapatkan

Temu Putih

Temu Putih

Diyakini ampuh mencegah terkena kanker, merupakan salah satu khasiat mengkonsumsi tanaman satu ini. Pasalnya kanker hingga saat ini masuk dalam daftar penyakit mematikan dan ditakuti di dunia.

Bahkan berdasarkan penelitian yang sudah pernah dilakukan, ternyata kandungan di dalam tanaman ini diyakini mampu membunuh sel OVCAR 3 atau yang disebut sebagai sel kanker serviks terganas.

Sedangkan senyawa aktif lainnya seperti curcumol, curdiona, serta zedoarin dipercaya ampuh menghambat pertumbuhan sekaligus penyebaran sel kanker dalam tubuh dengan efektif.

Efek samping Temu Putih positif lainnya yaitu mengobati penyakit maag yang hingga saat ini masih dianggap sepele. Padahal penyakit satu ini menghasilkan asam lambung yang dapat melukai dinding lambung.

Ketika penyakit ini kambuh, kemungkinan besar penderita akan merasakan nyeri hebat tak tertahankan serta berbagai efek lainnya yang membuat tubuh terasa lemas dan tidak dapat beraktifitas seperti biasa.

Berkat senyawa antibakteri di dalam tanamannya, nyeri akibat maag dapat diredakan dengan cepat sekaligus melapisi bagian dinding lambung untuk mengurangi kemungkinan infeksi kembali.

Hebatnya lagi ternyata tanaman herbal satu ini mampu melancarkan peredaran darah berkat rasanya yang pedas dan efek hangat ketika dikonsumsi. Rasa hangat inilah yang kemudian menyebar ke pembuluh darah.

Sejumlah Efek Samping Temu Putih Ketika Mengkonsumsinya

Efek Samping Temu Putih

Efek Samping Temu Putih

Mengkonsumsinya secara rutin memang dapat mendatangkan sejumlah khasia baik bagi tubuh, namun jika berlebihan dan tidak sesuai dosisnya justru dapat membahayakan.

Ketika kondisi ini terjadi, kemungkinan muncul beberapa gejala yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Contohnya seperti tubuh terasa lemas, penurunan fungsi sel darah putih, hingga masalah pencernaan.

Penting untuk diketahui bahwa tanaman ini juga tidak diperkenankan dikonsumsi bagi ibu hamil maupun menyusui, sebab dapat menghambat pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Dengan kata lain harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terpercaya sebelum mulai mengkonsumsinya, demi mendapatkan dosis yang jelas untuk mendapatkan khasiatnya.

Bagi penderita yang telah mengkonsumsi sejumlah obat obatan lainnya pun wajib berkonsultasi terlebih dahulu, demi meminimalisir adanya efek samping Temu Putih.

Walaupun masuk dalam daftar tanaman herbal yang terkenal di seluruh penjuru dunia, penting untuk diingat bahwa mengkonsumsinya berlebihan justru membahayakan keselamatan.

Pasalnya tanaman satu ini mengandung sejumlah senyawa aktif, dan akan mendatangkan khasiat tinggi ketika dikonsumsi sesuai dengan dosis yang diperlukan. Sudahkan Anda mengkonsumsinya pagi ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *