Kandungan Jantung Pisang

Kaya Akan Manfaat, Berikut Kandungan Jantung Pisang Beserta Cara Mengolahnya – Pohon pisang termasuk tanaman yang tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia, dan kerap ditemukan pekarangan rumah pribadi maupun tumbuh liar di tanah lapang.

Bahkan sejak dahulu, beberapa bagian tubuh pohon pisang telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, tidak terkecuali bagian jantung pohonnya sendiri.

Selain terkenal akan rasanya yang lezat dan menggugah selera, siapa sangka jika kandungan di dalamnya mampu mendatangkan segudang manfaat terutama ketika dikonsumsi secara rutin.

Untuk mengenali mulai dari kandungan jantung pisang, banyaknya manfaat yang bisa didapatkan, hingga cara mengolahnya, silahkan simak hingga habis ulasan di bawah ini.

Berbagai Kandungan Pada Bagian Jantung Pohon Pisang

Di wilayah Asia Tenggara sendiri, bagian jantung dari pohon pisang masuk sebagai golongan sayuran yang kerap diolah menjadi aneka kuliner lezat yang siap menggoyang lidah.

Kandungan Jantung Pisang

Kandungan Jantung Pisang

Ternyata bukan hanya karena sekedar lezat semata, namun tanaman ini mengandung sejumlah nutrisi baik dan dapat memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya sehingga baik dikonsumsi.

Beberapa kandungan di dalamnya terdiri dari Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, aneka macam mineral, saponin, steroid, glikosida, tanin, flavonoid, serat, serta asam lemak.

Bahkan bagian jantungnya ini dipercaya mengandung beberapa zat lainnya seperti magnesium, kalsium, mangan, kalium, besi, seng, fosfor, tembaga, protein, serta karbohidrat yang cukup tinggi.

Bagian jantung pohon pisang ini pun memiliki sifat antibakteri, anti kanker, anti inflamasi, antioksidan, antimikroba, serta antivirus yang membuatnya semakin menarik untuk dikonsumsi.

Berbagai kandungan jantung pisang tersebut mampu mendatangkan segundang manfaat baik bagi kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi secara rutin asalkan tidak berlebihan.

Datangkan Segudang Manfaat dari Jantung Pohon Pisang

Dilihat dari kandungannya, kita bisa menarik kesimpulan bahwa jantung pohon pisang mampu menangkal radikal bebas yang diyakini sebagai faktor utama adanya berbagai gangguan kesehatan.

Kemampuannya tersebut didapatkan dari kandungan antioksidannya yang cukup tinggi, sedangkan kandungan senyawa flavonoid dan polifenol mampu memberikan perlindungan tubuh dari kerusakan DNA.

Manfaat Jantung Pisang

Manfaat Jantung Pisang

Siapa yang akan menyangka jika tanaman satu ini pun bisa mendukung program diet sehat, berkat banyaknya kandungan nutrisi baik yang bagi kesehatan tubuh manusia.

Sedangkan kandungan asam linoleat dan antioksidannya mampu meningkatkan kinerja imun tubuh. Dengan kata lain, olahan dari jantung pohon pisang bisa menjadi pilihan menu diet tinggi serat selanjutnya.

Salah satu manfaat lain dari mengkonsumsi jantung pohon pisang adalah mengatasi resiko pembesaran prostat jinak. Salah satu tanda penyebab terjadinya pembesaran prostat yaitu melemahnya kandung kemih.

Namun tidak perlu lagi khawatir, pasalnya kandungan jantung pisang dapat menanganinya masalah pembesaran prostat sekaligus memperbaiki morfologi dari kelenjar prostatnya.

Kemampuan tersebut didapatkan dari adanya kandungan asam sitrat asam pantotenat, nikotinat, serta taurin. Sehingga wajar saja jika bagian tubuh pisang satu ini banyak diburu di pasaran.

Aneka Olahan dari Jantung Pohon Pisang

Pengolahan jantung pohon pisang dapat dilakukan dengan mudah, dimana Anda hanya perlu merebusnya kemudian cicah dan santap bersamaan dengan sambal belacan agar rasanya semakin nikmat.

Olahan Jantung Pisang

Olahan Jantung Pisang

Anda juga bisa mengolahnya menjadi kerabu jantung pohon pisang yang tidak kalah lezat untuk dicicipi. Resep pembuatannya pun cukup sederhana dan hanya diolah menggunakan beberapa rempah saja.

Beberapa bumbu yang wajib dipersiapkan terdiri dari 1 tangkau bunga kantan lalu belah menjadi 4 bagian dan iris halus, 1 labu bawang besar yang diiris halus, 1 biji jantung pohon pisang,

Selain itu siapkan pula sejumlah bumbu tambahan sebagai penyedap rasanya yang wajib disiapkan yaitu garam, gula, bumbu perasa, 3 hingga 4 biji dari perahan limau nipis.

Apabila Anda merasa bosan dengan olahan kerabu, tidak ada salanya memasaknya seperti biasa dan ditambahkan dengan lauk pauk lainnya untuk meningkatkan rasanya menjadi lebih lezat.

Diolah menjadi kuliner apapun, dijamin rasa dari bagian jantung pohon pisangnya akan terasa lezat. Ditambah lagi dengan banyaknya kandungan jantung pisang, dijamin membuat Anda bersemangat mengkonsumsinya.

Bukan hanya bagian buah ataupun daunnya semata, ternyata jantung dari pohon pisang biasa dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan kuliner lezat tiada bandingannya.

Dapat disajikan dengan cara ditumis, diolah menjadi gulai, ataupun digoreng biasa dengan campuran rempah pilihan dijamin mampu menghadirkan rasa yang akan terus dirindukan penggemarnya.

Selain terkenal akan kelezatannya, ternyata kandungan di dalamnya mampu berikan segudang kebaikan bagi kesehatan tubuh manusia. Sudahkan Anda mengkonsumsinya hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *