Sejuta Manfaat Buah Manggis untuk Wanita Hamil

Sejuta Manfaat Buah Manggis untuk Wanita Hamil

Manfaat Buah Manggis untuk Wanita Hamil – Manggis adalah salah satu jenis buah tropis yang dikenal akan rasa kombinasi manis dan masamnya.

Buah yang memiliki nama ilmiah Garcinia mangostana ini berasal dari kawasan negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Filipina dan Malaysia, namun juga dapat ditemukan di beberapa wilayah tropis lainnya.

Buah ini memiliki beberapa nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manggis diketahui mengandung karbohidrat, serat pangan, protein, lemak, vitamin C, folat, kalsium, magnesium dan berbagai nutrisi yang lainnya.

Khasiat dan Manfaat Buah Manggis untuk Wanita Hamil

Manfaat Buah Manggis untuk Wanita Hamil
Khasiat dan Manfaat Buah Manggis untuk Wanita Hamil

 

Banyak pertanyaan orang hamil bolehkah makan manggis? Sebagai buah yang kaya akan nutrisi, manggis menawarkan beberapa manfaat yang dapat berguna bagi tubuh.

Seperti kaya akan antioksidan yang kuat, memiliki efek anti-inflamasi, efek anti kanker, membantu mengurangi berat badan, mengontrol kadar gula darah, menjaga sistem imun tubuh, membantu mempertahankan kesehatan kulit, serta juga dapat bermanfaat bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan.

Dilansir dari Mom Junction, berikut terdapat beberapa khasiat untuk wanita hamil yang bisa diperoleh dari mengonsumsi buah manggis.

1. Mengurangi risiko cacat lahir pada janin

Manggis merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan folat. Diperkirakan 100 gram buah manggis bisa mengandung 31 mikrogram vitamin folat.

Folat mampu berperan penting dalam mencegah risiko tumbuhnya keadaan tidak normal pada saat kelahiran, seperti cacat otak dan tulang belakang.

Untuk itu dengan mengonsumsi manggis akan dapat menjaga janin dan mengurangi risiko hal tersebut itu lah salah satu manfaat buah manggis untuk ibu hamil tua.

2. Mendukung pertumbuhan janin

Manfaat kulit manggis untuk ibu hamil, Kandungan nutrisi mangan juga terdapat di dalam buah satu ini.

Manggis merupakan jenis nutrisi yang penting yang diperlukan untuk proses pembentukan tulang rawan dan sistem kerangka pada janin.

Hanya dengan mengonsumsi satu cangkir jus manggis pada saat hamil, akan mendapatkan 0.2 miligram manggis.

Selain itu, sifat antioksidan yang ada pada manggis dapat melindungi sang janin dan calon ibu dari segala kerusakan sel.

3. Meningkatan kekebalan tubuh

Vitamin C mampu berfungsi sebagai daya tahan tubuh manusia.

Selain jeruk, stroberi dan pepaya, manggis pun merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C.

Vitamin C adalah vitamin penting yang sangat diperlukan janin.

Vitamin ini mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi risiko tertular infeksi berbahaya yang bisa membahayakan janin dalam masa kehamilan.

Selain itu, vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh yang meningkatkan elastisitas kulit untuk membantu mengakomodasi pertumbuhan janin dalam masa kehamilan.

4. Melindungi risiko kanker

Bolehkah ibu hamil tua makan manggis?

Pericarp atau dinding buah manggis terdiri dari senyawa yang dikenal sebagai xanthone yang dapat bermanfaat sebagai pencegah kanker.

Senyawa xanthone tersebut bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh calon ibu selama masa kehamilan.

5. Mengontrol diabetes

Bolehkah ibu hamil minum rebusan kulit manggis?

Manggis merupakan obat alami yang sangat baik untuk mencegah risiko diabetes.

Dengan mengonsumsi buah manggis, calon ibu akan mendapat bantuan pengontrolan kadar glukosa darah secara efektif dan perlindungan efek berbahaya dari diabetes selama masa kehamilan berlangsung.

6. Mengurangi rasa sembelit

Bolehkah ibu hamil tua makan buah manggis?

Manggis dapat berkhasiat untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada perut yang disebabkan konstipasi selama masa kehamilan.

Satu cangkir jus manggis memiliki kandungan 3.5 gram serat pangan yang dapat membantu kinerja usus menjadi lebih halus.

Di samping itu, serat pangan yang terdapat di dalam buah ini juga bisa meminimalkan risiko komplikasi pada masa kehamilan seperti preeklamsia.

Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan yang pada umumnya ditandai dengan tekanan darah tinggi serta kerusakan pada organ tubuh.

Efek Samping Buah Manggis Jika di Konsumsi dalam Jumlah Banyak

Manfaat Buah Manggis untuk Wanita Hamil
Efek Samping Buah Manggis Jika di Konsumsi dalam Jumlah Banyak

Dirimu pasti tau buah manggis, bukan?

Buah yang sangat populer di Asia Tenggara ini, dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan.

Kulit buah ini mengandung xanthone yang telah digunakan dalam pengobatan berbagai macam penyakit.

Namun rupanya, buah manggis jua punya efek samping yang belum dirimu tau dan bahaya manggis untuk ibu hamil, lho! Penasaran? Simak ulasannya berikut ini!

Buah manggis cukup familiar untuk dikonsumsi sebagai buahan penutup, bisa juga untuk selai. Tapi, mengonsumsi buah ini dalam waktu lama dalam jumlah yang berlebihan mengakibatkan efek samping seperti:

1. Mengganggu Proses Kemoterapi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah manggis bisaa mengganggu efek pengobatan radiasi dan obat kemoterapi.

Hal ini disebabkan obat kemoterapi tertentu bergantung pada produksi radikal bebas untuk melawan dan menghancurkan tumor.

Antioksidan kuat yang terkandung dalam buah manggis dapat menghilangkan radikal bebas tersebut dan menjadi penghalang dalam pengobatan kanker.

2. Sedasi Berlebihan

Beberapa penelitian melaporkan bahwa konsumsi xanthones pada manggis dalam dosis tinggi dapat menjadi racun yang bisaa menekan sistem saraf pusat.

Ketika dikombinasikan dengan konsumsi herbal dan obat lain atau digunakan pada dosis yang lebih tinggi, justru akan menyebabkan sedasi berlebihan.

3. Menyebabkan Reaksi Alergi

Dilaporkan bahwa mengonsumsi buah manggis dapat menyebabkan reaksi alergi ringan seperti gatal-gatal, kulit kemerahan, bengkak dan ruam pada penderita hipersensitif.

Tak hanya itu, buah manggis jua bisaa menyebabkan gejala serius seperti pembengkakan mulut, bibir atau tenggorokan, sesak pada dada atau nyeri.

Gejala-gejala ini tidak boleh diabaikan dan konsumsi buah manggis harus segera dihentikan secepatnya.

4. Tidak Cocok Untuk Penderita Diabetes

Salah satu efek samping jus buah manggis yang ada di pasaran adalah kandungan kadar gulanya yang tinggi, terutama jika dicampur dengan buah-buahan lainnya.

Sebenarnya buah manggis segar tidaklah berbahaya bagi penderita diabetes, tapi dapat mengganggu obat yang berkaitan dengan gula darah.

Jika dirimu sedang menjalani pengobatan diabetes, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi medis sebelum mengkonsumsi buah ini ya!

5. Penyebab Asidosis Laktat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Memorial Sloan-Kettering Cancer Centre, mengamati bahwa konsumsi jus manggis setiap hari selama 12 bulan bisaa menyebabkan asidosis laktik berat.

Kondisi ini ditandai dengan terjadinya akumulasi asam laktat yang tidak normal dalam aliran darah.

Gejalanya mencakup mual dan lemas. Jika tidak ditangani dengan cepat, hal ini dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius seperti syok.

Segera hubungi dokter jika dirimu mengalami salah satu gejalanya setelah mengonsumsi jus atau ekstrak manggis. ‘

6. Menghambat Proses Pembekuan Darah

Tubuh kita punya kemampuan alami untuk mencegah pendarahan.

Konsumsi buah manggis secara berlebihan dapat mempengaruhi proses tersebut, disebabkan xanthone yang terkandung di dalamnya bisaa mengganggu proses pembekuan darah normal.

Zat tersebut jua dapat bereaksi dengan obat pengencer darah seperti warfarin dan menyebabkan perdarahan gastrointestinal ini alasan kenapa larangan buah manggis untuk ibu hamil

7. Menyebabkan Terjadinya Polycythemia Rubra Vera

Polycythemia Rubra Vera adalah gangguan pada sumsum tulang yang menyebabkan produksi sel darah merah menjadi sangat tinggi dalam dalam darah dirimu.

Pasien yang didiagnosis dengan penyakit ini harus menghindari konsumsi manggis disebabkan bisaa meningkatkan sel darah merah secara berlebihan.

8. Memicu Konstipasi

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi suplemen manggis lebih dari satu ons dapat menyebabkan diare sementara.

Sementara jika konsumsi suplemen manggis dilakukan secara berlebihan dapat memperburuk gejala sembelit pada pasien yang menderita sindrom iritasi usus dan diabetes dengan gastroparesis.

Dalam kasus ini, dianjurkan untuk mengurangi porsi suplemen.

Manfaat Buah Manggis untuk Wanita Hamil

Leave a Comment