Manfaat Buah Plum Hitam Untuk Diet

Khasiat Buah Plum Hitam Untuk diet

Manfaat Buah Plum Hitam Untuk Diet – Prem hitam merupakan salah jenis buah tropis yang umum berasal dari kawasan Asia Selatan, Asia Tenggara dan China. Buah ini lebih dikenal dengan nama Syzygium cumini di dunia botani.

Di berbagai wilayah, prem hitam juga dikenal dengan sebutan lain seperti jamun, jambolan, dan sebagainya.

Pada saat masa pertumbuhan, buah ini semula memiliki warna hijau muda. Seiring berjalannya waktu, prem hitam akan berubah warna menjadi kemerahan dan semakin menggelap berwarna hitam.

Prem hitam menawarkan kombinasi rasa manis dan sedikit asam. Mengonsumsi buah prem hitam umumnya sama dengan mengonsumsi buah yang lain. Entah dimakan langsung atau diolah menjadi jus.

Kandungan Gizi Pada Buah Plum

Buah prem hitam mengandung sejumlah nutrisi yang dikenal bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat menjalankan diet.

Buah ini mengandung karbohidrat, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, sodium, vitamin C, serta berbagai kandungan vitamin dan mineral yang lainnya.

Di India dan China, buah satu ini pun sering dijadikan sebagai salah satu bahan untuk obat penyembuhan alternatif. Prem hitam diketahui mampu meningkatkan respon insulin dalam tubuh.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat kesehatan dari buah prem hitam yang juga bisa dikonsumsi saat diet.

Manfaat Buah Plum Hitam Untuk diet

Manfaat Buah Plum Hitam Untuk diet

1. Mengandung antioksidan

Tubuh kita sangat membutuhkan antioksidan. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang mampu merusak sel serta mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh.

Dengan sifat inilah antioksidan dapat mencegah munculnya bermacam penyakit. Prem hitam diketahui memiliki sifat sebagai agen antioksidan tubuh.

2. Mengatasi diabetes

Plum hitam kerap di manfaat kan untuk menyembuhkan kondisi diabetes atau bahkan penyakit dengan kondisi sejenisnya pada seseorang. Hal ini dapat dilakukan oleh buah prem hitam atas kemampuannya untuk memeriksa dan mengontrol kadar gula di dalam tubuh.

Mengutip dari Second Nature, buah prem hitam merupakan salah satu makanan yang memiliki nilai glikemik rendah. Sifat ini membuatnya menjadi asupan yang baik untuk pencegahan atau penyembuhan diabetes.

3. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh

Dengan kandungan antioksidan serta vitamin C yang tinggi, buah Plum hitam juga mampu ber manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh dalam kondisi yang baik, maka kemungkinan penyakit yang akan menyerang tubuh akan semakin mengecil.

4. Mengurangi risiko terkena kanker

Buah Plum hitam mengandung asam galat yang merupakan agen anti HIV, anti adenovirus, anti carcinoma, anti peroxidant dan chemopreventive. Dengan memiliki berbagai sifat tersebut, membuat buah prem hitam mampu memerangi sel kanker yang akan menyerang dan bertumbuh.

5. Merawat kesehatan jantung

Kandungan nutrisi kalium yang terdapat di dalam buah prem hitam dalam jumlah tinggi membuat buah ini mampu membantu menjaga kesehatan dan fungsi jantung. Kalium akan berperan untuk mengontrol detak jantung yang baik, menurunkan kadar kolesterol serta juga dapat mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Prem hitam termasuk ke dalam salah satu jenis makanan pembersih darah secara alami, dan dapat mengurangi keasaman dan gangguan pencernaan tubuh. Bagi penderita anemia, buah ini baik untuk dikonsumsi.

Di samping berbagai manfaat buah prem hitam di atas, terdapat pula manfaat kesehatan lain yang ditawarkan buah tersebut.

Nutrisi yang tersimpan di prem hitam juga mampu untuk menyembuhkan kondisi seperti disentri, diare, suara serak, infeksi gigi dan gusi, kurap, mata merah, sakit tenggorokan, mual, serta perilaku mengompol yang umum terjadi pada anak-anak.

Berikut 3 Aturan Makan Buah Plum Untuk Diet Sehat

Cara Makan Buah Plum Untuk Diet

Diet merupakan salah satu cara untuk mengurangi berat badan. Namun, tidak semua orang melakukan diet dengan cara yang benar, sehingga hal tersebut tidak menyehatkan.

Mengapa? Karena diet dengan cara tidak makan sama sekali justru meningkatkan risiko anda jatuh sakit. Diet yang baik yakni mengurangi intake kalori, lemak, dan gula yang berlebihan.

Anda juga harus banyak memakan buah dan sayur. Salah satu buah yang sering dijadikan menu diet adalah buah plum. Berikut aturan makan buah plum untuk diet yang dapat anda ketahui.

Waktu Mengonsumsi Buah Plum

Buah plum atau disebut juga sebagai “prem” merupakan buah yang saat ini terkenal dikalangan pelaku diet, karena kandungan kalorinya yang rendah tetapi kaya akan senyawa flavonoid.

Senyawa tersebut memiliki kandungan antioksidan, anti inflamasi, dan mampu menekan hormon leptin yang memicu rasa lapar. Sehingga, buah tersebut disarankan untuk penderita obesitas.

Selain itu, buah tersebut juga memiliki kandungan serat, isatin, dan sorbitol yang mampu mengurangi sembelit atau konstipasi yang baik untuk sistem pencernaan anda.

Terdapat waktu-waktu tertentu yang baik untuk mengonsumsi buah plum, yakni di pagi hari sebelum sarapan. Karena ketika perut kosong, usus akan menyerap nutrisi buah lebih baik.

Mengonsumsi prem saat jam makan siang juga termasuk aturan makan buah plum untuk diet sehat. Dilengkapi dengan sepotong roti atau menjadikannya sebagai camilan.

Jika anda memutuskan untuk tetap makan malam, maka anda bisa menggantinya dengan salad yang ditambah irisan buah plum.

Cara Memilih Buah Plum yang Tepat

Tidak semua buah plum bisa anda konsumsi, contohnya buah plum yang keras dan belum matang. Apalagi jika buah tersebut sudah busuk dan terlihat tidak segar lagi.

Hal tersebut justru membuat anda mengalami gangguan pencernaan, seperti sakit perut atau diare. Selain dimakan ketika matang, buah plum juga bisa dikeringkan terlebih dahulu.

Plum kering atau yang sering disebut prune, mengandung kadar glukosa dan karbohidrat yang lebih tinggi dari prem lunak, tetapi keduanya tetap tergolong sebagai buah untuk diet.

Menjaga kandungan kalori dan gula yang rendah dari olahan buah plum menjadi aturan makan buah plum untuk diet yang harus anda patuhi.

Anda dapat memilih buah plum yang baik yakni dengan ciri bentuknya tidak kempes, warna kulit merah gelap dan lunak saat digenggam. Simpanlah buah tersebut di dalam kulkas agar tidak busuk.

Apabila buah prem belum matang, maka anda bisa mematangkannya di rumah. Bungkus buah tersebut dengan koran, tutup rapat lalu simpan di temperatur ruangan.

Cara Mengolah Buah Plum Sebagai Menu Diet

Seperti yang sudah diketahui, bahwa buah plum cocok untuk anda yang sedang diet karena kalorinya yang rendah, yakni sekitar 30 kalori per buahnya. Tak heran jika buah tersebut populer.

Buah dari subgenus Prunus ini dapat dikonsumsi menjadi berbagai olahan.

Pertama, anda bisa memakannya langsung. Rasanya akan semakin lezat jika dimakan dalam keadaan dingin.

Kedua, sesuai dengan aturan makan buah plum untuk diet ini, buah plum bisa anda keringkan dengan oven atau di bawah sinar matahari untuk menjaga kesegarannya sepanjang tahun.

Ketiga, membuat jus atau smoothie dari buah plum. Anda bisa menyiapkan 3 atau 4 buah plum yang sudah dipotong, ditambah susu dan es batu, lalu diblender.

Keempat, membuat salad. Menu yang satu ini sangat cocok bagi diet anda, terutama untuk dijadikan menu makan siang atau malam. Dapatkan resep salad mudah dan sederhana di internet.

Kelima, selai dari buah plum. Ide yang satu ini sangat menarik, karena rasanya asam manis dan segar. Cukup hancurkan dan rebus buah plum bersama gula, air, dan perasan lemon hingga menyusut.

Itulah beberapa aturan memakan buah prem untuk menu diet anda. Buah plum kaya akan nutrisi seperti vitamin A, B kompleks, C, K, mineral, serat, kalium, zat besi, dan magnesium.

Buah tersebut juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan seperti jus, smoothie, selai, dan salad yang lezat dan menyehatkan.

Selain itu, Buag Plum juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengontrol gula darah dan mengendalikan berat badan. Jadi, apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Sumber:

https://www.healthbenefitstimes.com/black-plum/, https://getsecondnature.com/blogs/post/six-health-benefits-of-jamun-juice,
https://www.timesnownews.com/health/article/why-you-should-include-jamun-black-plum-in-your-diet-for-weight-loss-cancer-prevention-and-other-benefits/447773

Azzura
Tinulah niat ingsun, hangidung sabdo kang luhur.