Mengenal Pepaya Jepang dan Khasiat yang Ditawarkannya untuk Kesehatan

Khasiat Daun Pepaya Jepang

Manfaat Daun Pepaya Jepang – Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, nama tanaman pepaya jepang masih sangat jarang didengar apalagi tahu bentuknya. Mungkin banyak bagi mereka yang mengira bahwa tanaman tersebut merupakan salah satu kerabat dari pepaya, namun bukan.

Pepaya jepang disebut “pepaya” dikarenakan memiliki daun yang bertekstur dan berbentuk mirip daun pepaya. Padahal tanaman ini sebenarnya lebih dekat dengan singkong secara kekerabatan.

Tanaman yang dalam dunia biologi lebih dikenal sebagai Cnidoscolus aconitifolius ini merupakan tumbuhan yang berasal dari kawasan Amerika Tengah, lebih tepatnya di wilayah Semenanjung Yukatan di Meksiko. Pepaya jepang lebih dikenal dengan sebutan chaya dan memiliki nama julukan tree spinach dalam bahasa Inggris.

Menurut Health Benefits Times, daun pepaya jepang memiliki warna hijau tua, berseling, sederhana dan permukaan yang licin dengan beberapa bulu. Penampakannya mirip seperti daun okra. Tanaman ini juga merupakan jenis tanaman berumah satu yang memiliki banyak cabang.

Daun dari tanaman pepaya jepang banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat santapan makanan maupun minuman. Di wilayah Meksiko sendiri, daun pepaya jepang kerap kali diolah menjadi sayur chaya tumis, scrambled eggs dengan chaya, sup krim chaya serta jus chaya.

Namun sebelum siap disajikan dan disantap, rupanya daun pepaya jepang harus benar-benar dimasak dengan sangat baik dan matang. Mengutip dari situs web dokter asal Amerika Serikat Andrew Wile, DrWile.com, daun pepaya jepang mengandung senyawa beracun hydrocyanic glycosides.

Meski begitu, senyawa beracun tersebut dapat hancur dengan mudah saat daun pepaya jepang dimasak. Daun pepaya jepang pada umumnya dimasak selama 20 menit dan disajikan dengan minyak atau mentega.

Daun pepaya jepang juga sangat tidak dianjurkan untuk diolah dan dimasak di dalam pot aluminium. Hal ini disebabkan daun pepaya jepang akan bereaksi dan menghasilkan racun yang dapat membuat seseorang mengalami diare.

Nutrisi yang terkandung di dalam daun pepaya jepang juga dapat bermanfaat bagi berbagai jenis kesehatan tubuh. Protein, zat besi, serat kasar, kalium, kalsium, karotenoid, vitamin A serta vitamin C adalah sejumlah nutrisi yang tersimpan di dalam daun pepaya jepang.

Dengan nutrisi tersebut, berikut terdapat sejumlah manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari daun pepaya jepang.

1. Merawat dan memperbaiki penglihatan mata

Daun pepaya jepang mengandung vitamin A yang terkenal akan kemampuannya yang melindungi permukaan mata dan memperkuat penglihatan.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Dengan mengandung jumlah kalium yang cukup, daun pepaya jepang dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi dan menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. Dengan menurunkan kadar kolesterol, risiko terserang penyakit jantung dan stroke akan berkurang.

3. Mencegah dan menyembuhkan anemia

Kondisi kekurangan darah atau anemia terjadi pada saat tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat. Sel darah merah yang tidak memiliki cukup hemoglobin juga dapat menyebabkan kondisi anemia.
Untuk menyembuhkan tubuh dari kondisi ini biasanya dibutuhkan asupan yang mengandung zat besi. Daun pepaya jepang sendiri mengandung cukup zat besi yang dapat membantu mencegah kondisi anemia tersebut.

Selain dari tiga manfaat umum di atas, daun pepaya jepang juga menawarkan manfaat lainnya:

· Meningkatkan sirkulasi darah
· Mencegah varises dan wasir
· Membantu menurunkan berat badan
· Mencegah batuk
· Menambah kalsium di tulang
· Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat
· Memerangi radang sendi
· Mencegah diabetes dan meningkatkan metabolisme glukosa
· Mencegah batu ginjal

Sumber:

https://hort.purdue.edu/newcrop/proceedings1996/V3-516.html,
https://www.drweil.com/diet-nutrition/cooking-cookware/cooking-chaya/,
https://www.healthbenefitstimes.com/chaya/,
https://www.playadelcarmen.com/blog/chaya-miracle-mayan-spinach/

Azzura
Tinulah niat ingsun, hangidung sabdo kang luhur.