Ragam Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Ragam Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil – Pisang menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang dari segala kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selain karena tekstur yang lembut dan rasanya yang enak, buah berwarna kuning ini juga digemari karena harga yang murah dan mudah ditemukan di Indonesia yang merupakan daerah tropis.

Nah pertanyaannya bolehkah ibu hamil makan pisang?

Tahukah bunda bahwa pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat, khususnya untuk ibu hamil?

Bahkan buah ini juga direkomendasikan National Institutes of Health untuk dikonsumsi ibu hamil sebanyak 3-4 porsi sehari dan jika berlebihan tentunya ada bahaya nya.

Berikut ini adalah khasiat pisang untuk ibu hamil:

Manfaat Makan Pisang Untuk Ibu di Awal Kehamilan

Manfaat pisang untuk ibu hamil
Manfaat Makan Pisang Untuk Ibu di Awal Kehamilan – Hellosehat.com

1. Menurunkan risiko bayi lahir cacat

Pisang mengandung asam folat yang penting untuk perkembangan safar, otak, dan sumsum tulang belakang janin yang sedang tumbuh dalam kandungan.

Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan keadaan cacat atau prematur.

Biasanya kecacatan karena kekurangan asam folat terjadi pada 3-4 minggu di awal kehamilan.

Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat seperti pisang untuk menghindari kecacatan pada bayi.

2. Meringankan morning sickness

Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil sering merasa mual dan muntah di pagi hari atau biasa disebut dengan morning sickness.

Akhirnya ibu hamil sering merasa tak bersemangat dan kehilangan nafsu makan, bahkan sering kali hal ini mengganggu aktivitas ibu hamil.

Untuk mengatasinya, konsumsilah pisang setiap hari karena pisang mengandung vitamin B6 yang efektif meredakan rasa mual saat hamil.

Selain itu, karbohidrat pada pisang juga dapat membuat bunda merasa kenyang sehingga cocok dikonsumsi saat sedang tidak nafsu makan.

Baca Juga: Berbagai Macam Khasiat Kurma untuk Wanita Hamil

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Ketika hamil, ibu sering mengalami gangguan pencernaan seperti mulas, perut sembelit, dan diare.

Hal ini dapat mengakibatkan janin tumbuh dengan banyak tekanan, sehingga tidak baik untuk perkembangannya.

Untuk mengatasi ini, bunda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti pisang.

Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dengan cara menghaluskan gerakan usus sehingga buang air lebih lancar.

Serat pada pisang juga dapat menyerap kelebihan air dalam tubuh ketika ibu hamil mengalami diare, selain itu pisang juga mengandung kalium yang dapat meringankan kram usus akibat diare.

4. Menambah energi

Pisang mengandung tiga jeis gula yang alami, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat menjadi sumber energi instan bagi tubuh.

Saat sering merasa lemas pada masa kehamilan, cobalah untuk mengonsumsi pisang untuk menambah energi dengan cepat. bunda juga bisa mengombinasikan pisang dengan susu sebagai pelengkap.

5. Mengatasi anemia

Anemia atau kekurangan darah pada masa kehamilan terjadi karena ketika hamil volume darah akan meningkat dan akhirnya memicu anemia.

Jika tidak diatasi, anemia tak hanya membahayakan ibu tapi juga bayi dalam kandungan.

Setiap tahun di seluruh dunia terjadi 500 ribu kematian ibu pasca melahirkan, dan sebanyak 20-40% disebabkan oleh anemia.

Sementara itu, anak yang lahir dalam keadaan anemia dapat mengalami gangguan mental, cacat sejak lahir, atau kesulitan dalam belajar.

Untuk mengatasi anemia, konsumsi asupan yang kaya akan zat besi seperti pisang. Zat besi dapat menghasilkan hemoglobin dan mengurangi gejala anemia.

Baca Juga: Sejuta Manfaat Buah Manggis untuk Wanita Hamil

6. Menangkal radikal bebas

Agar janin tehindar dari dampak negatif radikal bebas, bunda dapat mengonsumsi pisang yang kaya akan vitamin C pada masa kehamilan.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C yang kaya akan antioksidan dapat melindungi ibu hamil dari radikal bebas.

Dengan begitu, tubuh akan terbebas dari efek buruk partikel asap, polusi, dan sinar UV dan sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Jenis Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat pisang untuk ibu hamil
Jenis Pisang Untuk Ibu Hamil – pexels.com

Terdapat beberapa jenis pisang yang punya khasiat lebih optimal serta terdapat senyawa khusus dalam melawan sel-sel kanker.

Kemudian, jenis pisang yang seperti apa yang baik untuk ibu hamil?

Tidak terbatas hanya pisang Ambon ataupun pisang kepok, Pisang pada dasarnya mengandung vitamin A, C dan B6 yang punya kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Flavonoid yang ada pada buah pisang juga dapat menjadi salah satu antioksidan yang mencegah adanya oksidasi serta pembentukan sel kanker.

Tetapi, berdasarkan sebuah penelitian dari Japanese Scientific Research, pisang yang memiliki permukaan kulit kekuningan yang terdapat banyak bercak dan bintik hitam, punya substansi TNF (Tumor Necrosis Factor) yakni sebuah senyawa yang dapat melawan sel abnormal pada tubuh.

Katanya sih, makin banyak bintik hitam pada permukaan kulit, lantas semakin besar juga kemampuan imunitas yang diberikan oleh pisang tersebut.

Pisang jenis ini punya kemampuan yang lebih baik dalam melawan pembentukan sel kanker daripada pisang yang lainnya.

Yang jelas masih terdapat perdebatan dalam penemuan ini.

Baca Juga: Ini Vitamin dan Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas !

Dilansir dari yourtruefitnesshome.com, walau sejatinya pisang yang berkulit mulus serta tanpa bercak punya rasa yang lebih enak dan semestinya mengandung kualitas yang lebih baik, tapi pisang yang berbintik tetap mampu memberikan dampak yang menyehatkan.

Salah satunya ialah menghasilkan serotonin dan dopamin sehingga membantu pembentukan TNF tersebut serta meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Nah teruntuk bumil, lebih suka pisang yang kuning bersih atau pisang yang berbintik, tentunya tergantung selera.

Tapi bila Bumil suka, pilihlah pisang dengan kulit berbintik yang memberikan khasiat maksimal dalam memberikan nutrisi selama kehamilan

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Leave a Comment