Manfaat Susu Beruang, Tak Hanya Untuk Memulihkan Orang Sakit!

Manfaat Susu Beruang, Tak Hanya Untuk Memulihkan Orang Sakit!

Anda tentu sudah tak asing jika mendengar nama susu beruang. Umumnya, susu ini diminum ketika sedang sakit karena dikenal dapat mempercepat proses penyembuhan.

Meski namanya adalah susu beruang, namun jangan salah sangka karena susu ini tidak benar-benar berasal dari beruang melainkan dari susu sapi yang memiliki proses sterilisasi yang sangat baik sehingga lebih sehat dari susu sapi biasanya.

Proses sterilisasi susu beruang dilakukan dengan memanaskannya hingga melebihi titik didih. Dengan begitu, segala bakteri dan kuman yang merugikan akan mati. Proses sterilisasi memerlukan biaya yang relatif mahal, maka dari itu proses ini biasanya dilakukan oleh Industri Pengolahan Susu (IPS).

Susu beruang terbuat dari 100% susu murni dan tanpa bahan pengawet sehingga harus cepat dihabiskan setelah kemasan dibuka jika tak ingin kehilangan manfaatnya.

Susu beruang diperkaya dengan kandungan lemak, protein, dan vitamin. Vitamin yang terkandung dalam susu beruang diantaranya adalah vitamin A, B1, B2 B6, B12, C dan D.

Zat-zat baik inilah yang baik untuk kesehatan dan dapat membuat tubuh lebih bugar.Selain dapat mempercepat proses penyembuhan ketika sakit, susu beruang juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti:

Menetralisir racun dalam tubuh

Susu beruang memiliki kandungan antioksidan dan zat mineral yang tinggi, sehingga dapat melancarkan aliran darah dan menetralisir tubuh dari segala macam racun. Dengan begitu, fungsi organ tubuh akan bekerja dengan lebih baik.

Menjaga kadar kolesterol

Susu ini memiliki kandungan lemak jenuh yang baik ketika bersintesis dengan protein. Zat inilah yang dapat membantu kolesterol agar tetap terjaga. Maka dari itu, konsumsilah susu beruang dengan rutin untuk menghindari kadar kolesterol yang berlebih.

Nutrisi untuk ibu hamil

Saat hamil, tentu ibu membutuhkan banyak nutrisi baik untuk kesehatannya dan juga bayi dalam kandungan. Salah satu nutrisi yang bisa didapatkan ketika hamil adalah melalui susu beruang.

Dengan mengonsumsi susu beruang, kebutuhan kalsium akan terpenuhi dan daya tahan tubuh ibu juga akan terjaga. Selain itu, susu ini diklaim dapat membantu kurangi rasa mual saat masa kehamilan.

Mengurangi risiko osteoporosis

Pada dasarnya semua susu memang baik untuk merawat kesehatan tulang. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, kalsium pada susu beruang dapat membuat tulang lebih kuat sehingga terhindar dari risiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Menjaga kinerja otak

Ketika sedang bekerja atau belajar terkadang kita sering merasa kurang bisa paham dan tidak bersemangat. Cobalah untuk mengonsumsi susu beruang, karena susu beruang mengandung vitamin B12 yang dapat membentuk myelin atau lapisan pelindung serat saraf otak. Dengan begitu Anda akan meningkatkan daya ingat, kinerja otak, dan kondisi mental.

Memberi nutrisi pada kulit

Susu beruang juga memiliki manfaat untuk perawatan kulit Anda. Mengonsumsi susu beruang dapat membantu menjaga kulit karena susu ini kaya akan vitamin A, C dan E. Vitamin C pada susu beruang dapat merangsang produksi kolagen sehingga kulit akan terasa lembab dan elastis.

Sedangkan vitamin E merupakan sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kulit. Kandungan dalam susu beruang juga dapat membantu dalam proses regenerasi sel sehingga kulit terhindar dari gejala penuaan dini.

Tidur lebih nyenyak

Jika Anda sering mengalami kesulitan untuk tidur, cobalah untuk mengonsumsi susu beruang. Susu beruang mengandung triptofan yang berfungsi untuk mengistirahatkan sel-sel pada tubuh.

Dengan begitu, jika Anda mengonsumsi susu beruang di malam hari maka tidur akan lebih nyenyak dan tubuh dapat beristirahat dengan lebih optimal. Sehingga Anda akan merasa lebih bugar pada keesokan harinya.

Leave a Comment