Sudah Tahu Apa Yang Dimaksud Dengan Struktur Teks Eksposisi ? Berikut Penjelasannya !

Pada dasarnya, bentuk dari teks eksposisi merupakan sebuah teks yang didalamnya berisi ajakan terhadap seseornag. Untuk itu jika dalam sebuah tulisan anda menemukan teks tersbeut, maka hal tersebut akan dapat disebut dengan teks eksposisi. Dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai apa itu yang dimaksud dengan struktur teks eksposisi beserta dengan pengertian dan ciri-ciri serta jenis dan contohnya. Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Dari Teks Berbentuk Eksposisi Yang Perlu Untuk Anda Tahu

pengertian teks eksposisi

Teks dengan jenis eksposisi ini merupakan salah satu jenis karangan. Dimana memiliki pengertian yakni berupa jenis karangan yang nantinya akan menjelaskan suatu hal dan dapat memberikan informasi  kepada pembaca. Selain itu, pada umumnya teks ini bersifat ilmiah dan menggunakan bahasa yang baku. Selian itu, untuk jenisnya sendiri dibagi menjadi tiga jenis yakni argumentasi, tesis dan penegasan ulang pendapat.

Sebelum mengenal struktur teks eksposisi maka anda baiknya terlebih dahulu untuk memahami pengertian dari teks tersebut. pengertian dari teks ini sendiri adalah merupakan jenis artikel yang merupakan karangan yang mempunyai tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan dimana mempunyai ciri khas yang akurat, padat dan juga singkat. Untuk itu, eksposisi pun termasuk sebagai jenis paragraf yang memberikan penjelasan secara jelas dan singkat.

Untuk definisinya sendiri dari teks eksposisi tersebut pada umumnya akan mencakup dan berisi tentang fakta maupun sifat yang ilmiah. Sehingga dalam penggunaan bahasa nya sendiri, teks ini akan menggunakan bahasa yang baku. Sehingga nantinya pembaca akan mendapatkan informasi dan wawasan yang sesuai dengan topik yang tentunya akan dibahas dalam karangan teks eksposisi tersebut.

Selain itu, ketika anda sedang menuliskan dari teks dengan jenis eksposisi ini sendiri, pastinya akan terdapat kaidah atau tata cara yang dituliskannya. Kaidah tersebut diantaranya adalah yang meliputi unsur dan ciri-ciri lain dalam sebuah teks tersbut. Untuk itu, anda pun juga pelru mengethui struktur dari teks dengan jenis eksposisi ini yang didalamnya nantinya akan meliputi beberapa bagian di karanagn tersebut, baik di bagian pembuka hingga bagian penutup.

Struktur Dari Teks Eksposisi Yang Perlu Untuk Anda Ketahui

struktur teks eksposisi

ilustrarsi struktur teks eksposisi (Photo on Foter.com)

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dan pengertian dari teks eksposisi, maka anda pun nantinya akan bisa untuk mengerti bagaimana struktur teks eksposisi. Untuk pengertiannya sendiri, teks berbentuk eksposisi tersebut pada umumnya terdapat tiga penyusunan yang terdiri dari pernyataan pendapat atau tesis yang merupakan bagian pada teks yang nantinya akan berisi tentang pernyataan pendapat dari penulis yang disebut dengan bagian pembuka.

Selain itu, terdpaat pula struktur yang berupa penegasan ulang pendapat atau yang sering disebut juga dengan reiteration. Penegasan ulang pendapat ini mempunyai ciri-ciri sebagai bagain yang nantinya akan berisi tentang penegasan ulang pendapat yang dituliskan oleh penulis. Sehingga nantinya akan terdapat teks yang akan berfungsi atau berisi tentang kata yang telah dituliskan oleh penulis.

Sedangkan untuk struktur yang ketiga adalah argumentasi. Pengertian dari struktur dengan jenis argumentasi ini adalah merupakan bagian yang nantinya akan memuat alasan yang akan bisa untuk memperkuat argumen yang dituliskan oleh penulis. Selain itu, pentingnya argumentasi dalam struktur teks eksposisi adalah sebagai bagian atau isi yang nantinya akan dapat berfungsi untuk memperkuat gagasan ataupun menolak suatu gagasan yang dituliskan oleh penulis.

Ciri- Ciri Dari Teks Dengan Jenis Eksposisi Yang Perlu Untuk Anda Ketahui

ciri ciri teks eksposisi

ilustrasi ciri ciri teks eksposisi (Photo on Foter.com)

Untuk ciri-ciri dari teks dengan jenis ini diantaranya adalah seperti memiliki gaya informasi yang bersifat mengajak.selain itu, teks ini pun nantnya akan menjelaskan informasi-informasi yang berisi pengetahuan. Tak hanya itu saja, pada umumnya teks ini akan menjawab pertanyaan tentang apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana. Sehingga teks ini pun juga akan berusaha untuk menjelaskan tentang sesuatu hal.

Teks dengan jenis eksposisi ini juga merupakan teks yang mempunyai gaya dengan bersifat informatif. Sehingga teks ini pun juga akan menggunakan fakta yang dipakai sebagai alat kontribusi. Untuk bentuknya sendiri, pada umumnya teks ini bersifat dan memiliki ciri khas dalam bentuk tulisan yakni padat, singkat dan akurat. Selain itu, ciri khas lain yang dimiliki oleh teks dengan jenis eksposisi ini adalah memiliki fakta yang digunakan sebagai alat konkritasi.

Dengan penyampaian yang lugas dan menggunakan bahasa yang baku, maka penyampaian dari teks ini pun tentu saja bersifat tak memihak pihak manapun. Sehingga dapat diartikan jika penulis pun nantinya tidak akan memaksa keinginannya terhadap pembaca. Berdasrkan ciri-ciri tersebut, maka nantinya anda pun akan bisa dengan mudah untuk menuliskannya jika mengerti apa saja ciri dair tulisan teks dalam bentuk eksposisi tersebut.

Unsur Kebahasaan Yang Biasanya Digunakan Untuk Menulis Teks Eksposisi

unsur teks eksposisi

ilustrasi unsur teks eksposisi (Photo on Foter.com)

Setelah sebelumnya telah membahas struktur teks eksposisi, maka kali ini akan dulas mengenai unsur kebahasaan yang digunakan pada teks eksposisi. Pada umumnya, teks dengan jenis ini akan menggunakan  pronomina atau jenis kata yang berfunsgi untuk menggantikan nomina atau frasa nomina. Selain itu, teks ini pun juga akan menggunakan konjungsi gimana hal ini tentu saja dapat dugunakan dalm teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi penulis.

Selain itu ketika anda ingin menulis kalimat teks dengan jenis eksposisi ini, maka anda pun biasnaya akan menggunakan kata leksila tertentu, atau anda bisa menggunakan kata yang mengacu pada kamus. Kata tersebut merupakan kata yang mengacu pada sebuah benda, baik yang berupa benda nyata ataupun benda yang abstrak. Selain itu, dalam kalimat yang berkedudukan sebagai subjek ini akan dapat dilihay dari bentuk dan maknanya sendiri.

Jenis Dari Teks Eskposisi Yang Perlu Untuk Anda Tahu

jenis teks eksposisi

ilustrasi jenis teks eksposisi (Photo on Foter.com)

Terakhir, anda pun juga perlu untuk mengetahui beberapa jenis dari bentuk teks eksposisi ini. Untuk pertama ada yang berbentuk berita, dimana ini berfungsi untuk memberikan informasi terhadap kejadian yang nantinya akan anda sering jumpai dalam berita ataupun surat kabar. Selain itu, terdapat pula eksposisi ilustrasi dimana menggunakan penggambaran sederhana maupun bentuk konkret dari sebuah ide tersebut.

Tak hanya itu saja, teks ini pun juga memiliki jenis yang berupa tesk eksposisi proses dimana berisi tentang panduan dan tata cara untuk membuat sesuatu. Selain itu, ada pula teks eksposisi perbandingan yang menerangkan ide ataupun gagasan pada kalimat utama yang mempunyai metode perbandingan. Untuk itu ketika anda akan menulis teks tersebut, maka anda pun perlu untuk mengetahui struktur teks eksposisi agar anda pun bisa membuat jenis karangan tersebut.

Ketika anda akan membuat teks ini maka anda pun perlu untuk mengetahui apa saja ciri-ciri dan juga jenis dari teks eksposisi yang bisa untuk anda ketahui. Untuk itu, saat anda memutuskan untuk menulis teks tersebut, maka anda pun perlu untuk memperhatikan hal-hal yang mendetail agar dapat menuliskannya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *