Mau Tahu Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Rumah? Yuk Cek Disini

Last Updated on

Memiliki hewan peliharaan sendiri merupakan salah satu hal menyenangkan yang dapat dilakukan. Dengan berinteraksi bersama mereka, juga akan membuat hari hari Anda menjadi lebih semarak dan menggembirakan.

Salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai adalah kucing. Namun seringkali kucing yang ada juga memiliki kutu di tubuhnya. Berikut ini simak mengenai cara menghilangkan kutu kucing di rumah yang dapat Anda coba.

Cara untuk Membasmi Kutu yang Ada pada Kucing

  1. Gunakan Sampo Khusus Kucing

Gunakan Sampo Khusus Kucing

(Gunakan Sampo Khusus Kucing Photo by Jalaberita.com)

Terdapat beragam cara untuk menghilangkan hewan berupa kutu pada kucing yang Anda miliki. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sampo khusus untuk kucing.

Tak hanya mampu membasmi kutu yang ada, dengan sampo tersebut juga akan membuat bulu kucing menjadi lebih halus. Untuk hasil yang optimal, Anda juga dapat memandikan kucing secara rutin dengan sampo khusus kucing yang ada.

  1. Pakai Obat Kutu

Pakai Obat Kutu

(Pakai Obat Kutu Photo by tokopedia.com)

Kutu yang ada pada kucing yang Anda pelihara juga tidak boleh dibiarkan begitu saja. Untuk mengusir kutu yang merugikan itu, Anda bisa menggunakan obat kutu yang dibuat khusus untuk kucing. Obat kutu khusus kucing tersebut juga dapat Anda temui dengan mudah saat ini.

Cara menghilangkan kutu kucing di rumah ini pun akan membuat Anda tidak perlu datang ke dokter hewan untuk mengusir kutu yang mereka miliki.

  1. Oleskan Minyak Telon

Oleskan Minyak Telon

(Oleskan Minyak Telon Photo by Popmama.com)

Salah satu jenis minyak yang telah banyak digunakan adalah minyak telon. Selain kaya akan manfaat, minyak yang satu ini juga memiliki aroma yang unik. Tak hanya itu minyak telon juga diketahui dapat membantu membasmi kutu dari tubuh kucing.

Agar kutu lekas menghilang, Anda bisa mengoleskan minyak telon pada bulu bulu dan tubuh si kucing. Namun pastika  agar kucing tersebut tidak menjilat minyak yang dioleskan di tubuhnya.

  1. Gunakan Jus Lidah Buaya

Gunakan Jus Lidah Buaya

(Gunakan Jus Lidah Buaya Photo by kanal247.com)

Jus lidah buaya juga merupakan salah satu bahan yang dapat membantu mengusir kutu dari tubuh kucing. Untuk membuatnya obat kutu dari jus lidah buaya ini, Anda juga memerlukan bahan yang lainnya.

Anda dapat mencampurkan jus lidah buaya dan cabe rawit, kemudian saring kedua bahan tersebut. Masukkan campuran kedua bahan yang ada ke dalam wadah penyemprot untuk siap digunakan.

  1. Semprotkan Air Cuka

Semprotkan Air Cuka

(Semprotkan Air Cuka Photo by thekitchn.com)

Cara menghilangkan kutu kucing di rumah selanjutnya adalah dengan mengunakan cuka. Sebelum menyemprotkannya pada tubuh si kucing, Anda harus mencampurkan air ke dalam cuka tersebut. Gunakan perbandingan 1 : 1 untuk campuran kedua bahan yang ada. Setelah itu hangatkan campuran air dan cuka sebelum dapat disemprotkan pada kucing yang Anda pelihara.

  1. Gunakan Cuka Apel

Gunakan Cuka Apel

(Gunakan Cuka Apel Photo by Hewany.com)

Selain cuka biasa, Anda juga dapat menggunakan cuka yang dicampur dengan sari apel. Kandungan dan sifat asam dari kedua bahan inilah yang dinilai mampu melenyapkan kutu yang ada pada seekor kucing.

Agar hasil dari obat semprot kutu ini menjadi lebih optimal, Anda bisa menggunakan perbandingan 2 : 1 untuk bahan yang ada. Diharapkan dengan cara, kutu yang ada di kucing peliharaan Anda lekas menghilang.

  1. Semprotkan Air Jeruk Lemon

Semprotkan Air Jeruk Lemon

(Semprotkan Air Jeruk Lemon Photo by radiocakrabandung.com)

Salah satu cara menghilangkan kutu kucing di rumah tanpa perlu membawanya ke dokter adalah dengan menyemprot air jeruk lemon. Untuk membuat obat kutu dari bahan ini,

Anda juga harus mencampurkan air jeruk lemon dengan air. Setelah air dan air jeruk lemon dididihkan, diamkan campuran tersebut selama semalam sebelum siap untuk disemprotkan pada tubuh dan bulu kucing.

  1. Basuh Kucing dengan Air Garam

Basuh Kucing dengan Air Garam

(Basuh Kucing dengan Air Garam Photo by Grid.id)

Agar kutu pada kucing yang Anda miliki dapat hilang, Anda juga dapat menggunakan bahan bahan kebutuhan rumah tangga seperti garam.

Tak hanya membersihkan kutu yang dewasa saja, dengan air garam yang diberikan juga akan membasmi telur dan larva dari kutu tersebut.

Campuran air  hangat dan garam yang ada juga harus dipastikan tidak bersuhu terlalu tinggi sebelum digunakan untuk membasuh tubuh si kucing.

  1. Berikan Vaksin pada Kucing

Berikan Vaksin pada Kucing

(Berikan Vaksin pada Kucing Photo by infobinatang.com)

Pemberian obat vaksin pada kucing milik Anda juga merupakan cara menghilangkan kutu kucing di rumah berikutnya. Jenis vaksi untuk kucing juga sangatlah beragam.

Misalnya adalah vaksin untuk jamur, kutu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Agar kucing dapat tumbuh sehat dan terhindar dari kutu, Anda bisa memberikan vaksin kepada kucing sejak mereka masih berusia kecil.

  1. Rajin Sisir Bulu Kucing

Rajin Sisir Bulu Kucing

(Rajin Sisir Bulu Kucing Photo by Meongku.com)

Cara lainnya yang dapat Anda coba agar kucing terhindar dari kutu adalah dengan rajin menyisir bulu mereka. Cara ini pun juga tergolomg cara manual jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Anda bisa melakukan kegiatan menyisir bulu kucing secara rutin untuk hasil yang terbaik. Tak hanya mneghilangkan kutu yang saja, tampilan dari si kucing jug akan terlihat lebih terawat.

  1. Batasi Pergerakan Kucing

Batasi Pergerakan Kucing

(Batasi Pergerakan Kucing Photo by leadervet.com)

Tak dapat dipungkiri bahwa seekor kucing dapat melakukan pergerakan yang cukup luas di sekitar tempat tinggal Anda. Hal inilah yang merupakan salah satu faktor seekor kucing sering terkena serangan kutu.

Untuk meminimalisirnya, Anda dapat membatasi pergerakan hewan peliharaan Anda. Dengan cara ini diharapkan akan membuat seekor kucing menjadi terhindar dari serbuan dari kutu yang ada.

Sebagai salah satu hewan peliharaan yang disukai oleh banyak orang, hewan kucing juga memerlukan perawatan khusus agar terhindar dari kutu.

Misalnya adalah dengan menggunakan sampo khusus kucing, menggunakan obat kutu, menyemprotkan air cuka, air garam dan juga minyak telon.

Tak hanya itu, untuk membasmi kutu yang ada juga dapat dilakukan dengan car menggunakan vaksin dan menyisir bulu pada hewan kesayangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *