Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat air kelapa hijau – Kesegaran yang ditemukan pada air kelapa muda memang dapat melepaskan dahaga di tengah-tengah hari yang panas. Beserta dengan buahnya yang renyah, akan lebih menambah rasa segar pada tubuh yang sedang lelah.

Kelapa muda atau yang juga disebut sebagai kelapa hijau merupakan jenis yang sama dengan kelapa lain yang berwarna kecokelatan. Keduanya berasal dari pohon kelapa yang sama bernama Cocos nucifera.

Perbedaan dari kedua kelapa tersebut hanya terletak pada usia dari buah kelapanya. Kelapa hijau adalah kelapa yang masih muda dan belum matang seutuhnya. Sedangkan kelapa cokelat adalah kelapa yang sudah dewasa dan sudah matang.

Daging dari buah kelapa hijau memang tidak lebih banyak daripada yang dapat ditemukan pada kelapa cokelat. Namun, kelapa hijau justru menyimpan lebih banyak air yang biasa diminum oleh banyak orang. Air kelapa hijau mengandung kalori, protein, karbohidrat, mangan, tembaga, magnesium dan berbagai nutrisi lainnya.

Selain kemampuannya yang mampu menyegarkan tubuh dan bermanfaat untuk kesuburan, berikut beberapa manfaat lain yang bisa ditemukan di dalam air kelapa hijau.

1. Mampu mencegah dehidrasi

Air kelapa hijau memiliki komposisi gula dan elektrolit yang sama dengan terapi larutan rehidrasi oral (ORS), dan dapat digunakan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang dari kondisi diare ringan.

Sebuah studi yang dilakukan pada beberapa orang yang bersepeda dalam cuaca panas, mendapatkan hasil bahwa dengan mengonsumsi air kelapa hijau akan mampu berolahraga lebih lama, mendapat detak jantung yang lebih tinggi dan tidak mengalami dehidrasi dibandingkan dengan mereka yang minum dengan air mineral biasa.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan nutrisi yang ada pada air kelapa hijau mampu menjaga tubuh dari kondisi sindrom metabolik, mengutip dari Healthline.

Sindrom metabolik ini merupakan kondisi di mana tubuh mengalami tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi serta dan kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung.

3. Kaya akan antioksidan

Baik air dan daging dari buah kelapa hijau diketahui kaya akan kandungan senyawa fenolik. Senyawa ini merupakan jenis antioksidan yang dapat mengurangi inflamasi dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh.

Berbagai jenis vitamin dan zat gizi mikro yang tersimpan di dalam kelapa seperti zink, tembaga, mangan serta selenium juga mampu menjaga dan melindungi sistem pertahanan antioksidan alami di dalam tubuh.

4. Memerangi diabetes

Penelitian yang dilakukan Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS (NCBI NLM) menunjukkan bahwa air kelapa dapat mengurangi kadar gula darah. Di samping itu, air kelapa hijau mampu meningkatkan kontrol gula darah dan melakukan pengurangan stres oksidatif.

Air kelapa juga kaya akan magnesium. Magnesium ini dapat bekerja meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah tinggi pada pasien yang mengalami diabetes tipe 2 dan prediabetes.

5. Mencegah batu ginjal

Mengonsumsi air mineral dalam jumlah cukup sangat penting dilakukan demi mencegah batu ginjal. Namun, walau air biasa saja sudah menjadi pilihan yang bagus, sebuah studi menjelaskan bahwa air kelapa hijau akan bekerja lebih baik.

Air kelapa bisa mencegah kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Kristal ini terbentuk pada saat kalsium, oksalat dan beberapa senyawa lainnya mengumpul dan menjadi satu.

Para peneliti juga meyakini bahwa air kelapa bisa membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respons dari kadar oksalat tinggi di urine. itulah tadi. sedikit dari sejuta manfaat air kelapa hijau.

Sumber:
https://www.healthline.com/nutrition/green-coconut,
https://www.healthline.com/nutrition/8-coconut-water-benefits

Author: nadiazhr

Gagah bungah sumringah ndadar ing wayah wayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *