Yuk Ketahui 12 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang lebih memilih menggunakan tanaman herbal untuk mencegah atau mengobati suatu penyakit. Termasuk dengan menggunakan daun Afrika atau daun sambung nyawa. Pasalnya, tanaman satu ini dipercaya memiliki banyak khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Tanaman yang banyak tumbuh di benua Afrika ini ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut 12 manfaat daun Afrika untuk kesehatan dan kecantikan kulit, yang perlu Anda simak dalam ulasan ini.

manfaat daun afrika

  1. Dapat menyembuhkan Flu

Meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya, namun saat terkena flu  akan sedikit merepotkan. Pasalnya penyakit satu ini bisa membuat gerak tubuh menjadi terhambat untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satu obat herbal yang bisa digunakan yakni dengan mengkonsumsi tanaman yang berasal dari Afrika ini. Pasalnya dalam tanaman tersebut terdapat kandungan akan senyawa flavonid yang dipercaya sangat ampuh untuk membasmi virus flu.

  1. Membantu Penyembuhan Penyakit Tifus

Jika Anda belum tahu, penyakit tifus ternyata disebabkan oleh serangan bakteri patogen yang bernama Salmonella Thyposa. Manfaat daun Afrika untuk kesehatan, salah satunya dapat digunakan untuk mencegah dan mempercepat proses penyembuhan penyakit tifus. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat antibakteri dan antibiotik yang sangat efektif untuk melawan bakteri jahat di dalamnya.

  1. Bisa Digunakan Sebagai Obat Radang

Ekstrak dari tanaman satu ini, dipercaya mampu untuk mengobati sakit radang. Hal tersebut karena tanaman yang memiliki nama latin Vermonia Amygdalina ini diperkaya akan zat anti inflamasi yang dipercaya bisa mengatasi peradangan. Tidak hanya peradangan biasanya, tumbuhan ini juga bisa sebagai obat untuk radang sendi. Pasalnya tanaman ini kandungan utamanya adalah magnesium, yang bagus untuk tulang dan sendi.

  1. Menjadi Obat Malaria

Masyarakat yang bertempat di benua Afrika, seperti yang diketahui memang tengah diserang dengan endemi malaria. Sehingga banyak yang memanfaatkan obat herbal satu ini sebagai obat malaria. Manfaat daun Afrika untuk kesehatan terutama untuk obat malaria, disebut sebut karena tanaman satu ini memiliki kandungan senyawa plasmodik di dalamnya.

  1. Membantu Untuk Mengendalikan Kadar Gula Dalam Tubuh

Salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat Indonesia yakni diabetes. Dimana penyakit ini disebabkan karena kadar gula dalam tubuh yang terlalu tinggi. Selain dengan melakukan pengobatan medis, tanaman herbal yang berasal dari Afrika satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan kadar gula yang ada dalam tubuh.

manfaat daun afrika untuk kesehatan

  1. Bisa Membantu Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab yang menimbulkan berbagai penyakit serius. Namun ternyata, tanaman herbal satu ini ternyata mampu dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Dalam Journal of Vascular Health and Risk Management, terungkap bahwa manfaat daun Afrika untuk kesehatan ternyata teruji secara klinis mampu menurunkan kadar lemak kolesterol jahat hingga 50 persen.

  1. Dapat Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Serangan jantung disebabkan oleh adanya penyempitan pembuluh darah yang ada di arteri jantung. Sehingga menyebabkan kurangnya suplai darah dan juga oksigen menuju jantung. Namun tidak perlu khawatir, dengan mengkonsumsi tanaman herbal dengan nama latin Vermonia Amygdalina ini secara rutin, dipercaya mampu meminimalisir adanya risiko penyakit jantung. Hal tersebut karena tumbuhan ini memiliki kandungan zat yang bersifat antiseptik dan antioksidan.

  1. Mencegah Penyakit Pada Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ vital yang dimiliki oleh manusia, sehingga menjaga ginjal merupakan hal yang sangat penting agar tetap berfungsi dengan baik. salah satu obat herbal yang sangat ampuh untuk mencegah adanya penyakit pada ginjal yakni dengan menggunakan tumbuhan bernama latin Vermonia Amygdalina. Hal tersebut karena tumbuhan yang berasal dar benua Afrika ini memiliki kandungan zat vitamin, asam lemak, dan asam fenolat yang berfungsi sebagai antioksidan.

  1. Dapat Mengobati Penyakit Asam Urat

Salah satu manfaat daun Afrika untuk kesehatan yakni dapat digunakan sebagai obat penyakit asam urat. Penyakit satu ini cukup membuat aktivitas menjadi terganggu, pasalnya rasa nyeri yang kerap kali muncul dapat menyebabkan anggota tubuh menjadi sulit untuk digerakkan. Dengan mengkonsumsi tanaman tersebut, kandungan yang dimiliki mampu merangsang pembuangan asam yang berlebih melalui urin.

  1. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Dengan mengkonsumsi tanaman yang berasal dari tanah Afrika ini, dipercaya mampu membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah menjadi lebih normal. Hal tersebut dikarenakan dalam tumbuhan dengan nama latin Vermonia Amygdalina ini, terdapat kandungan kalium. Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa tanaman tersebut mampu menurunkan tekanan darah diastolik serta sistolik masing masing sebesar 2,5 mmhg dan 4,4 mmhg.

manfaat daun afrika untuk kecantikan

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Satu lagi manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi tanaman dengan nama latin Vermonia Amygdalina ini, yakni dapat mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat anti kanker pada tanaman tersebut. Seperti dalam Journal Experimental Biology and Medicine, diterangkan bahwa Vermonia Amygdalina efektif untuk mencegah adanya kanker pada payudara karena peranan zat antioksidan didalamnya.

  1. Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan tidak hanya untuk organ tubuh saja, tetapi juga untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan Andro foli dan Andro grafien yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya penuaan dini serta infeksi, yang mana dapat memicu rusaknya jaringan kulit. Tumbuhan tersebut juga bisa untuk mengatasi jerawat, komedo, kurap, dan juga kudis.

Itulah 12 manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi tanaman daun Afrika. Daun yang tumbuh di benua afrika dan negara tropis Indonesia ini, memiliki banyak kandungan dan dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan tanaman ini sebagai obat herbal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *