Cegah Kram Otot, Yuk Simak 5 Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil

Manfaat Jambu Air untuk Ibu Hamil – Jambu air merupakan salah satu buah yang sering dijumpai di Indonesia. Selain enak dimakan secara langsung buah satu ini juga sangat nikmat jika dipadukan dengan sambal rujak.

Tak hanya rasanya yang enak dan segar, jambu air juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat baik bagi tubuh. Kareena khasiat yang dimilikinya, buah satu ini dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Ibu yang sedang hamil membutuhkan vitamin A hingga 770 mg setiap harinya dan mengonsumsi jambu air dapat memenuhi kebutuhan vitaminnya. Berikut ini beberapa manfaat jambu air untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Jambu Air untuk Ibu Hamil

1. Merawat Kesehatan Kulit

jambu air- water guava, Syzygium aqueum

Meskipun anda akan berubah menjadi seorang ibu, merawat kesehatan kulit menjadi hal penting yang perlu dilakukan. Cara menjaga kulit agar tetap sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Jambu air menjadi salah satu buah yang direkomendasikan karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Radikal bebas menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada sel kulit. Kulit yang mengalami kerusakan akan lebih rentang mengalami masalah kulit seperti jerawat, keropeng hingga tanda tanda penuaan dini.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Serat memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Banyak penelitian yang menunjukkan jika kekurangan serat bisa menyebabkan berbagai penyakit pencernaan.

Beberapa masalah pencernaan yang disebabkan karena kekurangan serat yaitu susah buang air besar dan masalah pada usus. Jambu air mengandung serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan.

Manfaat jambu air untuk ibu hamil bisa diperoleh secara maksimal jika anda tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak karena bisa menyebabkan sakit perut hingga diare.

3. Mencegah Kram Otot

Kram merupakan masalah otot yang disebabkan karena kurangnya asupan potasium di dalam tubuh. Jambu air memiliki kandungan mineral potasium yang dipercaya dapat mencegah mengatasi kram.

Bagi ibu hamil, masalah otot seperti kram perlu diwaspadai mengingat ia membawa janin di dalam kandungan. Tentunya dengan mengonsumsi jambu air maka anda tetap bisa beraktivitas dengan aman.

Konsumsi jambu air bisa dilakukan secara rutin untuk mendapatkan asupan potasium yang cukup. Namun, anda juga harus mengontrol agar konsumsi buah ini tidak berlebihan.

4. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Kolesterol terdiri dari LDL yang biasa disebut kolesterol jahat dan HDL yang merupakan kolesterol baik. Kadar LDL terlalu tinggi didalam tubuh tentu bisa mengganggu sistem peredaran darah.

Untuk mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh maka anda perlu mengkonsumsi jambu air secara rutin. Jambu air bisa mencegah penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, jambu air juga mengandung niacin yang dapat meningkatkan kadar lemak HDL. Dengan demikian, manfaat jambu air untuk ibu hamil juga dapat menurunkan kadar trigliserida.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Gula menjadi salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk mendapatkan energi. Namun Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius seperti diabetes.

Bagi ibu hamil, menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang penting dilakukan untuk memastikan kesehatan anda. Pengaturan kadar gula dalam darah dapat dilakukan dengan memilih makanan yang tepat.

Salah satu buah yang direkomendasikan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah adalah jambu air. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung jambosine berupa alkaloid kristal bioaktif.

Antioksidan ini memiliki peran penting dalam menunda konversi pati menjadi gula sehingga dapat mencegah gula berlebihan. Selain itu, jambu air juga mengandung senyawa polifenol untuk mencegah kerusakan sel beta.

Jaringan sel beta berperan untuk membantu pembuatan insulin di pankreas untuk mengontrol kadar gula. Dengan demikian, manfaat jambu air untuk ibu hamil dapat mencegah penyakit diabetes tipe-1.

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak karena ia tidak hanya memenuhi nutrisi untuk tubuhnya sendiri, melainkan juga untuk janin yang ada di dalam rahimnya.

Mengonsumsi buah buahan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi asupan nutrisi di masa kehamilan. Termasuk juga konsumsi jambu air yang mengandung banyak serat dan nutrisi.

Jambu air memang baik jika dikonsumsi secara rutin. Kendati demikian, anda juga tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena hal ini akan berdampak buruk pada sistem pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *