Berbagai Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh

Berbagai Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh

Manfaat Lidah Buaya – Manfaat lidah buaya atau yang juga biasa dikenal dengan nama aloe vera merupakan salah satu jenis tanaman yang dikenal memiliki beberapa khasiat bagi tubuh manusia.

Salah satu manfaat yang populer dari lidah buaya adalah nutrisinya yang mampu berfungsi pada kesehatan pertumbuhan rambut.

Enzim proteolitik yang terkandung di dalam lidah buaya mampu memperbaiki sel kulit kepala yang rusak serta membuat folikel rambut menjadi lebih sehat.

Pada zaman modern kini, tanaman yang diyakini berasal dari kawasan Asia Barat ini telah banyak digunakan dalam beberapa produk obat-obatan maupun produk kecantikan atau perawatan kulit.

Produk-produk yang berbasis lidah buaya ini pada umumnya berbentuk gel dan bisa dengan mudah untuk langsung diaplikasikan ke bagian tubuh.

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya untuk wajah

Dikutip dari beberapa sumber, berikut merupakan berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari lidah buaya.

1. Memiliki Efek Antioksidan dan Antibakteri

Gel dari lidah buaya kaya akan kandungan antioksidan kuat, yang termasuk ke dalam kelompok zat bernama polifenol.

Polifenol bersamaan dengan beberapa senyawa lainnya yang terkandung pada lidah buaya mampu untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang bisa menyebabkan infeksi di tubuh manusia.

Antioksidan sendiri merupakan molekul yang mampu menangkal radikal bebas serta melindungi tubuh dari serangan infeksi.

2. Mengatasi Konstipasi

Lateks yang ada pada tanaman lidah buaya memiliki khasiat sebagai pereda nyeri konstipasi atau yang juga dikenal dengan sembelit.

Lateks lidah buaya adalah suatu residu berwarna kuning dan bertekstur lengket.

Senyawa yang bekerja pada efek ini adalah aloin, juga dikenal sebagai barbaloin, yang mempunyai efek laksatif.

3. Menyembuhkan Luka bakar

Lidah buaya dikenal memiliki efek pendingin, pelembap dan penenang yang acap kali digunakan untuk membantu menyembuhkan luka bakar.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS (NCBI NLM) pada tahun 2013 silam memperlihatkan, bahwa 50 partisipan yang menggunakan gel aloe vera pada luka bakar dangkal menunjukkan hasil yang lebih baik daripada menggunakan krim silver sulfadiazine 1 persen.

4. Mengurangi Plak Gigi

NCBI NLM melakukan sebuah studi bilas mulut terhadap 300 partisipan berkondisi sehat, yang membandingkan keefektifan sari buah lidah buaya murni 100 persen dengan obat bilas mulut yang berbahan dasar klorheksidin.

Setelah 4 hari pemakaian, hasil menunjukkan bahwa aloe vera memiliki tingkat keefektifan yang sama dengan obat bilas mulut klorheksidin dalam mengurangi plak yang menempel pada gigi.

5. Memperbaiki Kulit dan Mencegah Kerutan Wajah

Membersihkan jerawat pada kulit dapat dilakukan dengan menggunakan produk seperti pembersih, toner serta krim yang memiliki kandungan aloe vera.

Produk perawatan wajah, terutama jerawat, yang mengandung aloe vera tidak membuat kulit mendapatkan efek iritasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan NCBI NLM juga menemukan bahwa aloe vera juga dapat mengurangi eritema, atau suatu kondisi di mana kulit yang terdapat di bagian tubuh tertentu berubah menjadi berwarna kemerahan.

Lidah buaya sendiri aman digunakan bagi semua orang. Namun Anda juga harus tetap memerhatikan efek dari lidah buaya itu sendiri bagi tubuh Anda.

Perhatikan apakah tubuh Anda menunjukkan sifat sensitif terhadap lidah buaya dan malah menunjukkan hasil yang buruk.

Dilansir dari Healthline, Anda tidak dianjurkan menggunakan lidah buaya ke dalam tubuh jika Anda mengalami kondisi wasir, gangguan pada ginjal, gangguan pada jantung, penyakit Crohn, kolitis ulseratif serta kondisi penyumbatan yang ada di usus.

Cara Mengkonsumsi Lidah Buaya yang Aman

manfaat lidah buaya
Cara Mengkonsumsi Lidah Buaya yang Aman

Daun lidah buaya, terdiri dari tiga bagian yaitu: kulit, gel, dan lateks yang masing-masing punya manfaat tersendiri bagi kesehatan.

Umumnya orang-orang menjadikan lidah buaya ini sebagai gel untuk kulit dan tak jarang juga untuk dimakan kalo disiapkan dengan benar.

Gel lidah buaya punya rasa yang bersih dan menyegarkan dan bisa ditambahkan ke berbagai resep, termasuk smoothie.

  • Potong ujung runcing di bagian atas dan di samping daun lidah buaya.
  • Kemudian, iris kulit di sisi yang datar,
  • Angkat gel yang bening dan potong dadu.
  • Cuci gel secara menyeluruh agar semua kotoran, kotoran, dan residu hilang.

Sebab Residu lateks bisa membuat gel menjadi pahit, lateks sendiri merupakan lapisan tipis cairan kuning antara kulit dan gel daun.

Bagian ini punya senyawa bersifat laksatif yang kuat seperti aloin, makan terlalu banyak lateks akan berefek samping buruk, dan berisiko kematian.

Selain bagian gel, Anda juga bisa mengonsumsi daunnya, dan untuk menikmatinya,

  • Potong ujung runcing di bagian atas dan di samping tanaman
  • Iris kulit di sisi datar.
  • Cuci kulit secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran, kotoran dan lateks.
  • Rendamnya dalam air selama 10-20 menit sebelum memakannya agar empuk saat dikunyah.

Jenis Lidah Buaya yang Dapat Dimakan

khasiat lidah buaya
Jenis Lidah Buaya yang Dapat Dimakan

Penting sekali untuk jeli dalam memilih daun dari tanaman lidah buaya dan bukan dari spesies lidah lainnya, Sebab ini bisa saja beracun tidak layak untuk dikonsumsi manusia jika salah memilih.

Ciri-ciri Lidah Buaya yang memiliki manfaat hebat, bisa dilihat dari bentuk fisiknya antara lain:

  • Panjang lebih dari limapuluh centimeter
  • Berat delapan ons perbatang
  • Berwarna hijau tua
  • Aromanya gak terlalu menyengat
  • Rasa yang tidak terlalu pahit

Demikian tadi penjelasan singkat terkait dengan lidah buaya, baik itu manfaatnya, cara mengkonsumsinya ataupun jenis-jenis nya yang bisa kamu konsumsi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.

Leave a Comment