Berikut Media Tanam pada Tanaman Anggrek yang Harus Wajib Kamu Coba!

Berikut Media Tanam pada Tanaman Anggrek yang Harus Wajib Kamu Coba!

Hallo sahabat Tabbayun.com kembali lagi di artikel saya, Kali ini saya akan berbagi informasi tentang macam-macam media tanam pada tanaman anggrek.

Bagi kalian para pecinta anggrek, menanam pada bunga anggrek ini sangatlah mempunyai daya tarik dan tantangan tersendiri. Setiap tanaman dan bunga pastinya memiliki ciri khusus dalam proses perawatan dan pemeliharaannya. Demikian juga dalam memelihara anggrek ini, apa pun media tanam yang akan kalian gunakan nanti kesabaran dalam diri penanam sangatlah berpengaruh dalam proses menanam anggrek.

Ada dua macam media tanam pada penanaman anggrek ini, pertama media tanam anggrek pada pot dan yang kedua media tanam anggrek dengan cara ditempel. Berikut ini penjelasan selengkapnya!

Media Tanam Anggrek

1. Media Tanam Anggrek pada Pot

photo by transpagi.com

a. Media Tanam Anggrek dari Arang kayu

Photo bykebunpedia.com

Media tanam dari arang kayu memiliki kemampuan mengikat air yang cukup baik. Namun, dibandingkan dengan media sabut kelapa, kemampuan mengikat airnya masih terbilang lebih rendah.

Media arang kayu juga tidak akan mudah lapuk dan tidak mudah ditumbuhi cendawan dan bakteri, namun miskin unsur hara dan harganya pun relatif mahal. Media tanam arang ini memiliki sifat buffer artinya yaitu, kesalahan pemupukan (kelebihan dosis pupuk) masih bisa ditolerir.

Arang kayu sebaiknya direndam terlebih dahulu ke dalam larutan pupuk NPK pada saat sebelum digunkan. Karena sifat media tanam arang kayu ini mudah sekali berjamur, sebaiknya pada proses perendaman larutan pupuk juga dicampur dengan larutan fungisida. Dalam penyimpanannya, media arang bisa dimasukkan ke dalam karung dan disimpan di tempat yang lebih kering.

b. Media Tanam Anggrek dari Sabut Kelapa

Photoby ramesia.com

Media tanam anggrek dari sabut kelapa ini sangat mudah kita ditemui, sehingga media tanam ini menjadi  salah satu cara alternatif yang paling banyak dipilih. Media tanam dari sabut kelapa ini memiliki daya simpan air yang sangat baik serta banyak mengandung unsur hara yang diperlukan tanaman.

Media tanam ini relatif mudah diperoleh dan harganya pun relatif murah. Jika  kita ingin menggunakan sabut kelapa sebagai media tanam pada bunga anggrek, sebaiknya pilihlah sabut kelapa yang sudah tua dan sudah dipotong-potong sesuai dengan ukuran potnya.

Kelemahan pada media sabut kelapa adalah ia akan mudah melapuk dan membusuk. Dikhawatirkan bisa menjadi sumber penyakit. Sebaiknya sebelum digunakan, media sabut ini direndam terlebih dahulu ke dalam larutan fungisida. Media tanam sabut yang tidak akan digunakan sebaiknya disimpan di tempat yang lebih kering dan sejuk.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan media tanam anggrek dari sabut kelapa:

  • Pilih sabut kelapa yang sudah tua, berwarna cokelat tua hingga warna coklat kehitam-hitaman
  • Potong-potong sabut kelapa sesuai dengan ukuran pot yang akan digunakan
  • Sebelum digunakan, sebaiknya sabuk kelapa direndam dahulu dalam larutan fungisida, lalu simpan di tempat yang kering dan sejuk

c. Media Tanam Anggrek dari Moss Kadaka

Tumbuhan kadaka merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam suku paku-pakuan yang menyerupai rumput. Tumbuhan kadaka ini tumbuh dengan cara melekat di batang pohon-pohon besar. Moss kadaka dapat digunakan sebagai media tanam anggrek jenis spifit dan terestrial, sebab ia banyak mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Berikut ini beberapa kelebihan media tanam anggrek dari tumbuhan kadaka:

  • Media tanam ini tidak mudah lapuk, awet dan dapat digunakan dalam  jangka waktu lama hingga 1 tahun.
  • Dapat terhindar dari busuk  pada akar tanaman anggrek yaitu dengan cara mengatur kelembabannya.

Walaupun media tanam ini sudah banyak dijual dimana-mana namun harga media tanam moss kadakan ternyata lebih mahal dari pada media tanam anggrek yang lain. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ingin menggunakan media tanam anggrek ini yaitu:

  • Sebelum digunakan sebaiknya merendam moss kadaka dalam fungisida.
  • Sebaiknya moss kadaka disimpan pada tempat yang kering.

d. Media Tanam Anggrek dari Kayu Pakis

Photo by amabilisorchids.wordpress.com

Media tanam anggrek dari pakis merupakan media tanam yang paling populer bagi para penggemar tanaman anggrek. Pakis ini memiliki sifat yang tidak mudah lapuk, memiliki daya mengikat air yang baik, serta memiliki kemampuan aerasi dan drainase yang baik juga.

Sebelum digunakan sebagai media tanam anggrek, sebaiknya pakis ini terlebih dahulu direndam dengan larutan pupuk NPK. Pakis yang digunakan dalam media pot sebaiknya berupa potongan atau cincangan yang tidak terlalu halus. Potongan yang halus akan menyebabkan kelembapan tinggi yang bisa menimbulkan penyakit busuk pada akar.

Supaya terhindar dan tidak menjadi sumber inokulum, sebaiknya media tanam dari pakis ini sebelum dipergunakan terlebih dahulu dicelupkan dalam larutan fungisida. Sedangkan untuk mengusir hama semut atau serangga lain, media tanam direndam ke dalam larutan insektisida. Dalam penyimpanannya, media tanam pakis ini sebaiknya jangan ditumpuk (untuk menghindari hadirnya hama semut), melainkan digantung dan dikering-anginkan.

e. Media Tanam Anggrek dari Potongan atau Serutan Kayu

Photo by amabilisorchids.wordpress.com

Media tanam anggrek dari potongan atau serutan kayu ini lebih banyak digunakan pada bunga anggrek jenis terestrial atau sering di sebut jenis bunga anggrek tanah. Potongan atau serutan kayu juga memiliki aerasi dan drainase yang sangat baik.

Kelemahan pada media tanam ini yaitu memiliki daya serap air yang kurang baik, miskin akan unsur nitrogen, dan proses pelapukannya berlangsung sangat lambat karena kayu mengandung banyak senyawa yang sulit terdekomposisi, seperti selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

Sebelum digunakan, media potongan atau serutan kayu ini sebaiknya direndam terlebih dulu dengan larutan pupuk urea dan TSP. Untuk mencegah hadirnya hama dan penyakit pada media tanam ini, bisa juga ditambahkan ke dalam larutan pestisida saat perendaman dengan pupuk. Saat proses penyimpananya media potongaan atau serutan kayu sebaiknya dimasukkan ke dalam karung dan disimpan di tempat yang kering.

Hal-hal yang perlu dilakukan dalam penggunaan mdia tanam dari potongan atau serutan kayu adalah:

  • Sebelum Digunakan sebaiknya rendam potongan atau serutan kayu kedalam larutan fungisida dan larutan NPK.
  • lalu simpan potongan atau serutan kayu dalam karung dan tempatkan di tempat yang kering

f. Media Tanam Anggrek dari Pecahan Genting/Batubata

Kelebihannya media tanam anggrek dari pecahan genting/batubata yaitu medianya tidak mudah lapuk, pengatur kelembaban untuk tanaman lebih baik, memiliki aerasi dan drainase yang cukup baik, memiliki ruang pori yang lebih banyak serta memiliki daya simpan air dan unsur hara yang baik.

Komposisi batu bata atau genting pada media tanam anggrek dalam pot adalah 1/3 bagian bawah pot. Daya serap pada pecahan genting lebih kecil dari batubata, namun tidak cepat ditumbuhi lumut.

2. Media Tanam Anggrek dengan Cara Ditempel

Photo by mangyono.com

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai media tanam tanaman anggrek. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. jangan lupa di share. Terimakasih.

Leave a Comment