Mengingat Ayat Tentang Kematian Agar Lebih Semangat Beribadah

Banyak orang muslim yang sering kali bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia, hingga akhirnya lupa bahwa hidup ini akan sampai pada kematian. Maka dari itu, perlu bagi setiap muslim untuk mengingat ayat tentang kematian yang ada di dalam Al-Quran, sehingga meningkatkan semangatnya untuk rajin beribadah. Adapun beberapa ayat yang menjelaskan tentang kematian sebagai berikut bersumber dari Al-Quran

Ayat Ayat di Dalam Al-Quran yang Menjelaskan Tentang Kematian

ayat tentang kematian dalam islam

Quran Surat Al Waqiah Ayat 60

ayat tentang kematian yang pertama adalah QS Al-Waqiah ayat 60, berikut ayatnya baik itu bacaan arab ataupun latinnya.

نَحْنُ قَدَّرْنَا بَيْنَكُمُ ٱلْمَوْتَ وَمَا نَحْنُ بِمَسْبُوقِينَ

Naḥnu qaddarnā bainakumul-mauta wa mā naḥnu bimasbụqīn

Salah satu surat yang menerangkan tentang kematian adaalah Quran Surat Al Waqiah Ayat 60 yang memiliki arti sebagai berikut “Kami telah menentukan kematian diantara kalian, dan kami sekali kali tidak dapat dikalahkan (dalam urusan kematian tersebut). Ayat ini menjelaskan bahwa setiap orang sudah ditentukan kapan dia akan meninggal, dan tidak ada satupun yang bisa memajukan atau memundurkan ajal tersebut dengan cara apapun.

Tentunya ayat ini menyadarkan bahwa kematian adalah hal yang pasti dan sudah ditentukan bahkan sejak manusia tersebut diciptakan. Ketentuan ini sudah tertulis di lauhil mahfudz. Sayangnya banyak yang melupakan hal ini, sehingga menjadi lalai dalam urusan akhirat. Padahal ketika ajal sudah tiba, segala harta yang sudah dikumpulkan sejak lama tidak ada gunanya kecuali jika memamg disedekahkan untuk orang miskin atau diinfakkan di jalan Allah.

ayat quran tentang kematian

Quran Sura An-Anam Ayat 60

ayat alquran tentang kematian selanjutnya adalah berikut ayatnya baik itu bacaan arab ataupun latinnya.

وَهُوَ ٱلَّذِى يَتَوَفَّىٰكُم بِٱلَّيْلِ وَيَعْلَمُ مَا جَرَحْتُم بِٱلنَّهَارِ ثُمَّ يَبْعَثُكُمْ فِيهِ لِيُقْضَىٰٓ أَجَلٌ مُّسَمًّى ۖ ثُمَّ إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ ثُمَّ يُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Wa huwallażī yatawaffākum bil-laili wa ya’lamu mā jaraḥtum bin-nahāri ṡumma yab’aṡukum fīhi liyuqḍā ajalum musammā, ṡumma ilaihi marji’ukum ṡumma yunabbi`ukum bimā kuntum ta’malụn

ayat tentang musibah kematian selanjutnya yaitu Quran Sura An-Anam Ayat 60 yang memiliki arti sebagai berikut “Kemudian kepada Alloh lah tempat kalian dikembalikan setelah dibangkitkan dari kubur kubur dalamkeadaan hidup. Lalu Dia memperlihatkan kepada kalian mengenai apa saja yang sudah kalian kerjakan ketika berada di dunia, kemudian Dia memberikan balasan kepada kalian sesuai karena perbuatan tersebut.

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana manusia setiap waktu mengalami kematian sementara yaitu pada saat sedang tidur. Namun, setelah pada waktu yang sudah ditentukan, maka manusia akan menemui ajalnya. Serta mereka akan dibangkitkan dari kubur dan mendapatkan balasan sesuai amal yang sudah diperbuat. Maka dari itu, agar nantinya kita mendapatkan balasan yang baik, sebaiknya meningkatkan keimanan selagi diberi kesempatan untuk hidup.

ayat al quran tentang kematian

Quran Surat Al-Jumu’ah Ayat 7

ayat al quran tentang kematian ayat alquran tentang kematian selanjutnya adalah berikut ayatnya baik itu bacaan arab ataupun latinnya.

وَلَا يَتَمَنَّوْنَهُۥٓ أَبَدًۢا بِمَا قَدَّمَتْ أَيْدِيهِمْ ۚ وَٱللَّهُ عَلِيمٌۢ بِٱلظَّٰلِمِينَ

Wa lā yatamannaunahū abadam bimā qaddamat aidīhim, wallāhu ‘alīmum biẓ-ẓālimīn

Ayat ini memiliki arti sebagai berikut “Mereka tidak akan mengharapkan kematian itu selama lamanya, dikarenakan kejahatan yang dudah diperbuat dengan tangannya sendiri. Dan Allah mengetahui orang orang yang berbuat dzalim”. ayat alquran yang menjelaskan tentang kematian ini menjelaskan tentang orang orang yang senantiasa berbuat kejahatan dan bahagia ketika bisa menyiksa orang lain. Padahal perbuatan mereka tersebut akan mendapatkan balasan yang berat.

Orang yang selalu berbuat jahat pastinya tidak menginginkan kematian, karena mereka berfikir bahwa kehidupan di dunia ini hanya diperuntukkan untuk kesenangan belaka. Sedangkan mereka meyakini bahwa hidup hanya sekali yaitu ketika berada di dunia. Dan ketika mereka mengetahui kematian akan segera datang,  mereka akan merasa takut bahwa dia tidak bisa melakukan perbuatan semaunya senidi.

ayat yang menjelaskan tentang kematian

Quran Surat Al Baqarah ayat 94

ayat al quran tentang kematian selanjutnya adalah berikut ayatnya baik itu bacaan arab ataupun latinnya

قُلْ إِن كَانَتْ لَكُمُ ٱلدَّارُ ٱلْءَاخِرَةُ عِندَ ٱللَّهِ خَالِصَةً مِّن دُونِ ٱلنَّاسِ فَتَمَنَّوُا۟ ٱلْمَوْتَ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Qul ing kānat lakumud-dārul-ākhiratu ‘indallāhi khāliṣatam min dụnin-nāsi fa tamannawul-mauta ing kuntum ṣādiqīn

Sebenarnya ada banyak ayat  yang menjelaskan kematian seperti halnya yang ada pada Quran Surat Al Baqarah ayat 94 yang artinya adalah “ Katakanlah :  jika kalian (menganggap bahwa) kehidupan akhirat ini hanya untuk kalian yang ada di sisi Allah, bukan untuk orang lain, maka harapkanlah kematian, jika kamu memang orang yang benar”.

ayat tentang kematian dalam islam ini menerangkan kehidupan akhirat yang baik yaitu surga hanya diperuntukkan bagi mereka yang senantiasa menjalankan perintah-Nya dan menjauhi apa yang dilarang. Dan sudah seemsetinya orang yang mengharapkan kehidupan akhirat yang lebih baik akan menginginkan kematian yang cepat. Karena mereka menyadari bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara dan banyak cobaan yang harus dilalui bagi mereka yang beriman.

ayat alquran tentang musibah kematian

Quran Surat Az- Zumar ayat 42

ayat tentang kematian tidak bisa ditunda selanjutnya adalah berikut ayatnya baik itu bacaan arab ataupun latinnya

ٱللَّهُ يَتَوَفَّى ٱلْأَنفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَٱلَّتِى لَمْ تَمُتْ فِى مَنَامِهَا ۖ فَيُمْسِكُ ٱلَّتِى قَضَىٰ عَلَيْهَا ٱلْمَوْتَ وَيُرْسِلُ ٱلْأُخْرَىٰٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Allāhu yatawaffal-anfusa ḥīna mautihā wallatī lam tamut fī manāmihā, fa yumsikullatī qaḍā ‘alaihal-mauta wa yursilul-ukhrā ilā ajalim musammā, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Ayat ini menjelaskan bahwa yang memegang  kehidupan dan kematian seseorang hanyalah Allah sebagai mana artinya yang berbunyi “ Allah memegang jiwa ketika matinya (seseorang) dan jiwa orang yang belum mati ketika tidur. Maka Dia (Allah) menahan jiwa yang sudah ditetapkan ajalnya dan melepaskan jiwa yang lain hingga waktu yang telah ditetapkan. Sesungguhnya pada demikian itu, terdapat tanda tanda kekuasaan Allah bagi orang orang yang berfikir.

Tentunya sebagaimana yang kita ketahu bahwa setiap hari kita akan tidur untuk mengistirahatkan tubuh. Pada kondisi ini, Allah sedang memegang nyawa mereka yang sedang tertidur dan mengembalikannya kembali sehingga mereka bisa bangun. Maka dari itu setelah bangun kita diperintahkan untuk berdoa dan mengucapkan rasa syukur. Namun, ada juga sebagian yang tidak dikembalikan lagi nyamanya karena kematiannya sudah tiba.

Dengan adanya ayat alquran tentang kematian manusia ini, maka sebagai umat muslim penting bagi kita untuk selalu mengingat bahwa kematian bisa terjadi kapan saja bahkan pada saat kita sedang tertidur. Bisa jadi setelah kita tidur, kita tidak bisa lagi bangun. Sangat disayangkan bukan jika ternyata bekal amal yang kita bawa belum cukup. Bahkan dosa yang dilakukan teramat banyak mulai dari berbohong hingga berbicara ayang dapat menyakiti hati orang lain.

ayat quran tentang kematian itu pasti

Quran Surat Al-Jumuah Ayat 8

ayat yang menjelaskan tentang kematian selanjutnya adalah berikut ayatnya baik itu bacaan arab ataupun latinnya

قُلْ إِنَّ ٱلْمَوْتَ ٱلَّذِى تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُۥ مُلَٰقِيكُمْ ۖ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

qul innal-mautallażī tafirrụna min-hu fa innahụ mulāqīkum ṡumma turaddụna ilā ‘ālimil-gaibi wasy-syahādati fa yunabbi`ukum bimā kuntum ta’malụn

Ayat ini merupakan kelanjutan dari Quran Surat Al Jumuah Ayat 7, adapun artinya sebagai berikut “ Katakanlah : sesungguhnya kematian yang kamu berlari menjauh darinya, maka sesungguhnya itu akan menemui kamu, lalu kamu akan dikembalikan kepada allah (pada hari kiamat) yang mengetahui hal yang gaib dan yang nyata. Kemudian dia perlihatkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan (selama di dunia).

Bagaimana pun juga kematian tidak bisa dihindari, apabia sudah waktunya maka kita akan menemui ajal tersebut. Hal ini bisa kita lihat sendiri bagaimana orang yang awalnya baik baik saja, sehat bugar tiba tiba di tengah perjalanan saat menaiki mobil, ia mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan dia meninggal. Maka dari itu, penting untuk selalu mengingatnya dimanapun dan kapanpun agar bisa mempersiapkan dengan baik.

ayat kitab suci tentang kematian

Quran Surat Al Anbiya Ayat 35

ayat ayat tentang kematian selanjutnya adalah berikut ayatnya baik itu bacaan arab ataupun latinnya

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَنَبْلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Kullu nafsin żā`iqatul-maụt, wa nablụkum bisy-syarri wal-khairi fitnah, wa ilainā turja’ụn

Setiap orang akan mengalami mati entah itu kaya, maupun miskin entah itu muda atau tua baik ganteng, cantik maupun jelek. Tidak ada yang bisa menolak kematian sebagaimana ayat kitab suci tentang kematian dalam Quran Surat Al Anbiya ayat 35 yang memiliki arti sebagai berikut “ Tiap tiap yang berjiwa akan merasakan kematian. Kamu akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai ujian. Dan hanya kepada Kamilah, kalian akan dikembalikan.

Kematian itu hal yang pasti dan tidak bisa ditolak kedatangnnya. Banyak dari kita yang menyaksikan kematian seseorang bisa dikarenakan banyak alasan seperti terkena bencana alam, mengalami kecelakaan, bunuh diri, dibunuh orang lain atau bahkan karena sakit. Sedanngkan setiap orang akan diuji dengan kebaikan maupun keburukan.

Itulah beberapa ayat yang menjelaskan tentang kematian seseorang yang pasti terjadi. Adanya ayat tersebut agar kita selalu mengingat bahwa kematian bisa terjadi kapanpun. Dengan begitu, kita akan memanfaatkan setiap waktu yang sudah diberikan dengan baik untuk beribadah dan menyiapkan bekal kematian. Karena sesungguhnya mati tidak mengenal usia maupun kedudukan.

ayat tentang kematian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *