Beberapa Cara yang Dilakukan untuk Mengatasi Kulit Kering

Beberapa Cara yang Dilakukan untuk Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering – Pada umumnya, kulit kita memproduksi minyak secara alami yang biasa dikenal dengan sebum.

Sebum inilah yang berperan penting untuk menjaga kulit menjadi tetap terhidrasi, dan melindungi sel-sel kulit dari infeksi.

Kulit yang tidak memproduksi atau mengisi kembali sebum yang cukup inilah yang dikenal dengan jenis kulit kering.

Kulit kering merupakan salah satu kondisi kulit yang umum dialami oleh banyak orang, dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Selain memiliki kulit kering dengan alami, kulit kering pada umumnya disebabkan oleh cuaca dingin, udara yang kering, penggunaan sabun dan produk semacamnya yang mengandung bahan kimia terlalu keras, mencuci muka terlalu berlebihan, pH kulit yang tidak seimbang, dan kondisi lainnya.

Cara Atasi Kulit Kering dengan Mudah

Untuk mengatasi dan merawat jenis kulit yang kering dan dapat mengembalikan kelembapan pada kulit, dikutip dari Healthline dan Medical News Today, berikut terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Minyak Kelapa

Cara Mengatasi Kulit Kering
Minyak Kelapa | via: sarimas.com

Minyak kelapa dikenal memiliki sifat emolien yang dapat menjaga kulit agar tetap lembap.

Emolien yang berasal dari minyak kelapa ini akan mengisi kekosongan antara sel kulit, dan membuat permukaan kulit menjadi lembut.

Dalam penggunaannya, Anda dapat memakaikan minyak kelapa ke daerah kulit yang paling sensitif.

Kehebatan lain yang didapat dari minyak kelapa ini adalah bahwa tanpa dicampur lagi dengan zat lain, minyak kelapa dapat berkhasiat dengan sendirinya.

2. Petroleum Jelly

Menurut studi yang dilakukan oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS (NCBI NLM), produk yang mengandung petroleum jelly dapat bekerja untuk merawat kulit pada orang dewasa.

Petroleum jelly yang juga disebut dengan minyak mineral ini juga dikenal sebagai pelembap kulit yang efektif.

3. Oatmeal Koloid

Oatmeal koloid dapat berkhasiat untuk merawat kulit. Oatmeal ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang mampu menenangkan kulit yang mengalami iritasi.

Jika kulit Anda mengalami gatal, oatmeal koloid inilah yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa gatal tersebut.

Anda bisa mandi dengan mengolesi oatmeal koloid ini di bagian kulit anda yang paling kering. Dan setelah selesai mandi, pastikan juga untuk tetap melembapkan kulit.

Gunakanlah alat pengolah makanan untuk menghancurkan oatmeal menjadi bentuk bubuk. Setelah oatmeal telah berubah menjadi bubuk, masukkan dan aduk ke dalam air panas.

4. Antioksidan dan Omega-3s

Saat kulit menjadi kering, tandanya Anda telah memaparkan kulit ke beberapa elemen yang bisa merusak sel kulit, dengan kerja yang lebih cepat daripada yang bisa diperbaiki oleh tubuh.

Jenis makanan yang kaya akan kandungan antioksidan dapat meminimalkan kerusakan dari racun dan membantu tubuh Anda memproduksi sel yang sehat.

Makanan seperti blueberry, tomat, wortel, kacang polong, dan jenis kacang-kacangan yang lain dapat membantu merawat kulit kering.

Selain makanan dengan antioksidan, makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, sarden, biji chia dan buah geluk juga bisa berkontribusi untuk mencerahkan kulit.

5. Gunakan Alat Pelembap Udar

Memiliki alat pelembap udara atau yang juga dikenal dengan humidifier di dalam ruangan Anda juga mampu membantu mengurangi kekeringan pada udara ruangan.

Selain beberapa cara yang bisa dilakukan di atas, Anda juga dapat melakukan pencegahan terhadap kulit yang sewaktu-waktu menjadi kering.

Membersihkan wajah gentle cleanser, memakai tabir surya, menggunakan pelembap setelah mencuci muka, minum air mineral yang cukup, membatasi konsumsi kafein, berhenti merokok bagi Anda yang merokok, merupakan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kulit menjadi kering.

Penyebab yang Sering Menjadikan Kulit Kering

Bagi yang punya tipe kulit kering, anda mungkin kerap mengeluhkan masalah kulit gatal, pecah-pecah, serta mudah terkelupas.

Kondisi ini bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, Namun  kerapnya di bagian wajah, kaki, tangan, serta area perut.

Walaupun nggak berbahaya, masalah kulit yang satu ini tetap saja mengganggu penampilan.

Sebelum mencari solusinya, ada bagusnya anda cari tahu dulu penyebab kulit kering berikut ini. Inilah penyebab kulit kering yang bisa jadi terjadi dengan kita. 

1. Salah Menggunakan Sabun

Sabun yang biasa kita menggunakan ternyata bisa menjadi dalang penyebab kulit kering, lho.

Coba lihat di kemasannya, apakah mengandung surfaktan atau nggak? Kebanyakan sabun mengandung surfaktan, yaitu senyawa kimia golongan keras yang memiliki pH basa.

Walau bisa membersihkan kulit, kandungan surfaktan inijua bisa menghilangkan minyak alami dalam kulit.

Begitu kata Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik serta penelitian klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital.

2. Obat Jerawat serta Retinol

Walau terbukti ampuh atasi jerawat, krim atau salep yang mengandung retinol, asam glikolat, asam salisilat, serta benzoil peroksida bisa membuat kulit jadi kering serta mengelupas.

Bahan kimia tersebut bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat, Namun pada saat yang bersamaanjua menghilangkan kelebihan minyak di kulit.

Jadi, wajar saja kalo wajahmu cenderung kering serta mengelupas.

3. Kurang Minum Air Putih

Cara Mengatasi Kulit Kering
Kurang minum air putih| via: blog.tribunjualbeli.com

Coba periksa lagi, berapa banyak air putih yang udah anda minum hari ini? kalo kurang dari 8 gelas per hari, maka inilah penyebab kulit kering yang mungkin anda alami.

Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit.

Semakin sedikit air putih yang anda minum, maka kulit punjua akan semakin kering.

Terlebih bagi yang udah berusia 40 tahun ke atas, elastisitas kulit akan menurun sehingga kulit jadi lebih tipis serta kering.

4. Keseringan Cuci Tangan

Cara Mengatasi Kulit Kering
Keseringan cuci tangan | via: glitzmedia.co

Kebiasaan cuci tangan memang bagus untuk membunuh kuman serta mencegah kontaminasi silang.

Akan tetapi kalau dilakukan terlalu kerap, minyak alami kulit akan ikut luntur serta membuat tangan terasa kering.

5. Penyakit Kulit

Penyebab kulit kering pada orang dewasa kerap kali diawali dengan eksim yang berkembang di usia anak-anak.

Selain itu, penyakit kulit lainnya seperti psoriasisjua memberikan dampak yang sama.

6. Suhu Panas

Cara Mengatasi Kulit Kering
Suhu Panas | via: wartamelayu.com

Paparan suhu panas yang terlalu lama jadi penyebab kulit kering yang paling sering. Ini gak hanya soal kelamaan berjemur atau beraktivitas di bawah terik matahari, Namun termasukjua paparan suhu panas dari kompor, pemanas ruangan, atau mandi air panas sekalipun.

Suhu panas serta kering bisa menguapkan cairan dalam kulit sehingga membuatnya dehidrasi.

Terlebih kalo ini nggak segera diatasi dengan banyak minum air putih, maka kulit akan semakin kering.

Demikan tadi penjelasan tentang cara mengatasi kulit kering serta penyebab-penyebabnya yang kerap menjadikan kulit terasa kering, kasar bahkan terasa gatal. Semoga bermanfaat ya guys.

Leave a Comment