Manfaat Daun Bidara dalam Islam, Penangkal Sihir Hingga Usir Jin

Manfaat Daun Bidara Menurut Islam- Bidara merupakan buah yang tumbuh dari pohon ziziphus mauritiana yang pada umumnya tumbuh di daerah kering.

Buah bidara juga memiliki berbagai nama lain sesuai wilayah asalnya seperti jujube, kurma Tiongkok, kurma India, zao, thao nuc dan masih banyak yang lainnya.

Buah yang berasal dari wilayah Asia Selatan ini terkenal akan rasa buahnya yang manis dan bertekstur kenyal, membuatnya banyak diolah dan dijadikan sebagai permen, cemilan dan makanan penutup.

Buah yang banyak dikenal dengan nama jujube ini merupakan makanan lendah kalori, tapi kaya akan kandungan serat, lemak, vitamin, mineral, kalsium serta protein.

Karena nutrisinya yang tinggi serat dan rendah kalori, membuat jujube menjadi cemilan yang baik dan sehat.

Biji Bidara Arab

gambar biji bidara

Biji dari bidara arab terdapat pada tempurung yang berkerut dan beralur tidak teratur, isinya antara 1–2 inti biji yang berwarna coklat serta jorong.

Buah Bidara Cina

Buah Bidara arab

Sebagai makanan yang mengandung beberapa nutrisi, dikutip dari beberapa sumber, berikut berbagai macam manfaat yang dapat diperoleh dari buah bidara cina

Manfaat Buah Bidara

  1.       Kaya akan kandungan antioksidan

Buah bidara merupakan salah satu buah yang kaya akan beberapa senyawa antioksidan.

Antioksidan aktif utama yang terdapat dalam buah tersebut yakni flavonoid, polisakarida dan asam triterpenic.

Selain itu, bidara juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang juga bekerja sebagai antioksidan.

Antioksidan sendiri adalah suatu senyawa yang dapat mencegah kerusakan pada sel yang disebabkan oleh radikal bebas berlebihan.

  1.       Dapat meningkatkan kualitas tidur dan fungsi otak

Jujube juga mampu digunakan untuk memperbaiki kualitas tidur dan mencegah gangguan yang terjadi selama tidur.

Seperti yang dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menjelaskan bahwa kandungan antioksidan unik yang terdapat di dalam buah jujube bisa bekerja untuk efek meningkatkan kualitas tidur.

  1.       Membantu memerangi sel kanker dalam tubuh

Sebuah penelitian Pharmacognosy Review yang dipublikasikan pada tahun 2015 silam menjelaskan perihal efek anti kanker potensial yang terdapat di dalam buah bidara.

Dalam laporan tersebut, diketahui bahwa senyawa bioaktif buah bidara yang bernama asam triterpenic dan polisakarida memiliki efek anti kanker pada beberapa garis sel kanker.

  1.       Mengatasi gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan (anxiety) diketahui dapat diatasi dengan buah bidara.

Dikutip dari Very Well Health, dari sebuah studi yang telah dipublikasikan pada tahun 2000 bernama Journal of Ethnopharmacology, senyawa-senyawa yang diekstrak dari jujube memiliki efek penenang.

  1.       Membantu mengobati diabetes

Beberapa spesies dari genus Ziziphus dikenal memiliki kemampuan untuk membantu pengontrolan penyakit diabetes.

Sebuah laporan penelitian bernama Natural Product Communications yang diterbitkan pada tahun 2013 lalu menemukan bahwa bidara memiliki efek anti diabetes.

Dalam memerangi diabetes, kandungan pada buah bidara akan bekerja dengan membantu sel untuk memanfaatkan gula darah dan juga melindungi serta mencegah peningkatan kadar gula darah.

Manfaat Buah Bidara Dalam Islam

Dalam Islam Sendiri, Buah Bidara berkhasiat untuk Mengatasi dan menjauhkan sihir serta mengatasi jin. Sejak zaman dulu daun ini juga cukup dikenal dalam mengatasi serangan-serangan jin dan sihir dan sudah terbukti ampuh.

Rasa Buah Bidara Arab

Buah bidara punya rasa yang masem tapi ada rasa manisnya juga. Tidak salah kalo buah ini pas dipakai sebagai bahan minuman buah segar. Tidak Heran jika pohon bidara banyak dibudidayakan sebab punya nilai gizi yang cukup tinggi

Daun Bidara Arab Asli

Daun bidara arab

Bidara  atau lebih dikenal dengan Ziziphus Mauritiana terkadang terlihat seperti tumbuhan semak belukar dan proses pertumbuhannya pun bisa dikatakan cepat.

Pohon ini punya banyak cabang dan juga biasanya ada duri di kayunya. Dan untuk daun bidara bentuknya elips serta punya warna hijau mengkilap. 

Ciri Daun Bidara Arab Asli

  • Daunnya berbentuk oval, atas dan bawah daunnya berwarna hijau dan tidak mengkilap, pinggir daun bergerigi.
  • Memiliki duri yang banyak pada dahan dan rantingnya, ukuran durinya panjang-panjang dan tajam-tajam.
  • Batangnya berwarna coklat.
  • Buahnya berukuran kecil sebesar kelereng, buah mentah berwarna hijau dan jika buahnya sudah matang berwarna merah. Buahnya dapat dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan

Manfaat Daun Bidara Menurut Islam

  • Mengatasi insomnia atau susah tidur
  • Menguatkan gigi
  • Menyehatkan dan menguatkan rambut
  • Mengobati nyeri saat buang air kecil
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Melepas dahaga
  • Menyehatkan jantung
  • Mengatasi siklus haid tidak teratur
  • Mengatasi ejakulasi dini
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Mencegah kanker dan tumor
  • Menguatkan tulang, otot dan sendi
  • Mencegah kulit kering
  • Menyehatkan mulut
  • Menyembuhkan demam
  • Menyehatkan lambung
  • Melancarkan pencernaan
  • Mempercantik kulit, khususnya wajah
  • Menyembuhkan luka
  • Mengatasi jerawat dan bisul
  • Mengatasi radang kulit
  • Mengobati wasir atau ambeiem
  • Meningkatkan nafsu makan

Manfaat Daun Bidara Arab Dan Cara Menggunakannya

  1. Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya Jika dibiarkan begitu aja. tapi, ternyata diabetes dapat diatasi oleh daun bidara.

Tumbuhan ini punya kandungan senyawa yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula.

Kamu dapat mengonsumsi teh daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dan darah. Tumbuhan ini jua dapat mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.

  1. Mencegah Kanker dan Tumor

Tahukan Kamu daun bidara dapat menjaga kesehatan tubuh dengan membunuh sel-sel kanker? Tumbuhan ini punya kandungan yang dapat menangkal pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya yang jua dapat berisiko tumor.

  1. Meringankan Depresi

Jika sering alami depresi, Kamu dapat atasi dengan daun bidara. Hal ini dikarenakan senyawa yang terkandung di dalamnya bisa memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh.

Kamu dapat mengolahnya menjadi teh untuk memberikan efek tenang dan nyaman, terutama bagi orang tua atau dewasa yang punya banyak masalah dan stres.

Penyebab Daun Bidara Layu

  • Terpapar sinar matahari langsung yang panas. Ketika batang belum menjadi kayu  serta terkena sinar matahari langsung akan menyebabkan pohon kayu nggak kuat terhadap panas berlebih. terlebih di pukul sepuluh hingga pukul dua siang.
  • Curah hujan yang cukup tinggi. Kebnyakan air hujan yang menghujani pohon bidara berimabas pada akarnya yang menjadi busuk, dan menjadi mati. hal seperti ini perlu perhatian khusus.
  • Hama tanaman, entah tikus, belalang, ulat ataupun  sejenisnya. Oleh sebab itu selalu bersikap hati-hati ketika menempatkan pohon bidara.
  • Faktor biji yang nggak berkualitas bisa jadi penyebab pohon anakan tidak dapat bertahan di cuaca yang ekstrem. yang bisa dilalkukan ialah carilah bibit berkualitas, meski lebih mahal namun dapat memuaskan hasilnya.

Cara Membuat Teh Daun Bidara

  • Siapkan daun bidara secukupnya
  • Kemudian cuci bersih dengan menggunakan air yang mengalir hingga bersih
  • Tiriskan/diangin anginkan agar kadar airnya cepat berkurang
  • Kemudian panaskan di oven hingga daun kering. cirinya kalau di tekan terasa garing. dan jangan lupa dimatikan kalo sudah
  • Cara membuat teh daun bidara mudah. Siapkan satu sendok teh daun bidara kering tadi, rebus dengan air 300ml. Saring dan tuang ke gelas. jangan lupa tambahkan gula atau madu.

membuat teh daun bidara

Efek Samping Minum Rebusan Daun Bidara

Meminum Rebusan Daun Bidara tentunya bisa memeberikan efek samping, diantaranya ialah rasanya yang mungkin aneh atau asing. Sebab berbeda dengan minuman-minuman yang biasa kita minum sehari-hari

Bahaya Daun Bidara

Karena terbatasanya penelitian tenang daun bidara baik itu manfaat ataupun bahayanya, Tentunya kehati-hatian perlu diutamakan dalam untuk mengonsumsinya jika punya riwayat penyakit kronis atau penyakit serius, lebih baik jangan berlebihan.

Kenapa Daun Bidara Ditakuti Jin

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri…” (QS. al-Waqi’ah : 27-29)

“Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Bidara.” (QS. Saba :16)

Gambar Daun Bidara

Daun bidara arab

Pohon Bidara Arab Asli

bidara arab

 

Tumbuhan sidr atau dikenal dengan nama pohon bidara, nama ilmiahnya adalah ziziphus mauritiana, tumbuhan ini dapat tumbuh di tanah kering tapi jenis pohon ini bisa juga tumbuh di iklim tropis asia tenggara layaknya indonesia, terbukti banyak sekali pohon bidara yang tumbuh di berbagai daerah-daerah yang ada di indonesia. 

Pohon Bidara Berduri

Poho bidara yang berduri kebanyakan daunnya dipakai oleh peruqyah untuk membantu orang yang terkena sihir atau gangguan jin, makhluk halus. 

Pohon Bidara Besar

Ciri fisik pohon bidara ialah berupa pohon berakar tunggang yang bisa tumbuh mencapai tinggi 15 meter.

Kulit kayunya memiliki warna cokelat kemerahan atau keabuan.

Serta kayunya sendiri berwarna kemerahan, kuning kecokelatan, hingga cokelat gelap.

Tekstur kayunya halus, bersifat keras serta tahan lama.

Oleh Sebab itu, di sejumlah daerah, kayu bidara kerap dijadikan konstruksi bangunan, bahan kerajinan, perabot rumah tangga,, mebel, peti pengemas, dan kayu lapis.

Cara Menanam Pohon Bidara

  • Pecahkan biji bidara dari cangkang luarnya dengan menggunakan, palu, tang, atau sejenisnya dengan hati-hati. Pastikan biji didalamnya tidak ikut pecah dan rusak. biji bidara seperti biji semangka namun warnanya agak kecoklatan.
  • Siapakan wadah atau tempat untuk penyemaian serta tisu/kapas. Semprot dengan air secukupnya hingga lembab.
  • Letakkan biji bidara satu per satu ke atas wadah/tempat penyemaian.
  • Tutup wadah penyemaian dengan tutup yang berongga, 2-3 hari untuk mengeluarkan akar muda agar biji bidara berkecambah.
  • Siapkan media tanam untuk biji bidara yang sudah tumbuh. Dapat menggunakan campuran antara tanah dan sekam supaya membuat media porous (tidak menyimpan air).
  • Pindahkan biji bidara yang telah tumbuh kedalam media tanam dengan hati-hati pastikan akar mudanya tidak patah.
  • Siram secukupnya. Pastikan tidak terkena matahari langsung. Ketika sudah satu minggu, biji bidara sudah siap mulai mengeluarkan 2-3 daun muda.

Cara Menanam Pohon Bidara Dari Batang

  • Pilihlah batang bidara yang umurnya telah cukup tua. Biasanya batang tersebut berada di bagian bawah tanaman. Batang yang telah tua punya diameter yang lebih besar serta warnanya lebih gelap.
  • Potong batang bidara tadi menggunakan cutter yang tajam. Rapikan bagian pangkal potongan tersebut memakai cutter sekali lagi. Usahakan tidak ada serabut kulit yang timbul di bekas potongan ini. Lalu Kamu bisa memangkas semua daun yang ada.
  • Potongan batang bidara ini lantas direndam di larutan fungisida selama 5-15 menit. Selanjutnya angin-anginkan sebentar agar kondisinya kering. Barulah kemudian rendam batang tersebut di ZPT selama 2-3 jam. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan akar.
  • Siapkan media tanam yang terdiri dari tanah, pasir, dan sekam padi. Ketiga bahan ini dicampur dengan komposisi 2 tanah, 1 pasir, dan 1 sekam padi. Campur media tanam sampai rata, lalu masukkan ke dalam gelas plastik yang telah dilubangi.
  • Tanamkan potongan batang bidara pada media tanam yang telah disediakan. Tutupi bagian atas batang bidara menggunakan kantung plastik agar kelembabannya terjaga. Letakkan gelas plastik tersebut di tempat yang teduh.
  • Perawatan dilakukan dengan menyirami batang bidara setiap hari dengan air yang cukup. Hal ini terus dilakukan sampai batang berhasil menumbuhkan daun. Kalo sudah, amati bagian pangkal batang, apakah telah muncul akar atau belum. Lanjutkan perawatan ini sampai batang bidara berhasil menumbuhkan akar.
  • Setelah Kamu melihat adanya akar di bagian bawah potongan batang bidara yang ditanam artinya Kamu telah berhasil menyetek batang bidara. Kini waktunya Kamu memindahkan batang tersebut ke polybag yang ukurannya lebih besar. Lanjutkan perawatan ini sampai bibit bidara tumbuh cukup besar dan siap ditanam di lahan.

Cara Menggunakan Daun Bidara

Cara menggunakan daun bidara sangat mudah, Ambil daun bidara dalam jumlah ganjil lalu masukan dalam segelas air. Bacakan Al-Fatihah, ayat Kursi dan lainnya.

Lalu minumkan ke orang yang diganggu jin, Agar hasilnya maksimal, berserahlah diri kepada Allah SWT dan jangan takut akan gangguan sihir dan jin.

Gambar Pohon Bidara

Gambar Pohon Bidara arab

Harga Pohon Bidara

Ada berbagai variasi harga untuk pohon bidara, sesuai dengan ukurannya saja. 

Jual Pohon Bidara

Sekarang mencari penjual pohon bidara tidak susah, tinggal cari di marketplace, ketikan keywordnya maka akan muncul harga dan lokasi penjual.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan, buah bidara juga dapat bekerja untuk mengobati beberapa masalah kondisi kesehatan yang lainnya seperti kondisi asma, diare, kelelahan, demam, tekanan darah tinggi atau hipertensi, inflamasi dan juga stres.

Buah bidara atau jujube ini aman untuk dikonsumsi bagi kebanyakan orang.

Tetapi, jika Anda sedang dalam periode menggunakan obat antidepresan venlafaksin, atau serotonine norepinephrine reuptake inhibitors (SSNRI) yang lainnya, sebaiknya Anda menghindari pemakaian bidara karena kandungan bidara akan dapat melakukan ‘interaksi’ dengan jenis obat tersebut.

Bidara dapat Anda makan dengan langsung sebagai jenis cemilan.

Namun bidara atau jujube kering yang merupakan hasil olahan pada umumnya mengandung jumlah gula tambahan yang tinggi dan seharusnya Anda batasi untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *