Yuk Mengenal Dan Melihat Contoh Pantun Teka Teki, Menyenangkan Dan Seru

Dalam pelajaran bahasa Indonesia pantun merupakan jenis puisi lama yang keberadaannya eksis hingga kini. Kamu tentunya juga sering mendengar atau melihat pantun tak hanya saat belajar bahasa Indonesia saja bukan?

Beberapa hiburan hingga acara adat masih ada yang menggunakan pantun ini. Namun tahukah kamu jika pantun terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah pantun teka teki. Lebih jelasnya simak contoh pantun teka teki dalam ulasan berikut.

Sekilas tentang Pantun, Puisi Lama Yang Masih Eksis

pengertian pantun

sekilas tentang pantun (Photo on Foter.com)

Pantun merupakan jenis puisi lama yang setiap baitnya memiliki sampiran dan juga isi. Umumnya terdiri dari empat baris dimana baris pertama dan kedua merupakan sampiran. Sementara untuk baris ketiga dan juga ke empat adalah isi dari pantun.

Pada setiap barisnya umumnya tediri dari 8 hingga 12 suku kata. Dibuat singkat karena pantun lebih banyak diucapkan daripada dituliskan sehingga meskipun singkat tetap padat.

Pantun juga memiliki rima atau sajak yang a-b-a-b. Ini juga menjadi ciri khas yang sangat kuat sehingga membedakan dengan puisi. Jenis pantun ada beberapa salah satunya adalah pantun teka teki yang digunakan sebagai pantun permainan yang sifatnya jenaka.

Biasanya pantun ini dilontarkan untuk menanyakan sesuatu kemudian menjawabnya juga harus menggunakan pantun. Untuk lebih jelas bisa melihat contoh pantun teka teki yang akan dibahas dalam ulasan ini.

Pantun jenis ini lebih disukai oleh anak anak karena memang memberikan keseruan tersendiri. Semakin sulit pantun untuk dijawab maka akan semakin menengangkan sekaligus seru.

Pantun teka teki memang kerap dijadikan permain yang menghibur bagi anak anak. Tak hanya seru, permainan ini juga bisa mengasah otak untuk menghadirkan perbendaharaan kata lebih banyak sekaligus menebak jawabannya.

Jenis Jenis Pantun

Sebelum kamu mengenal pantun teka teki, kamu juga harus mengenal jenis pantun lainnya. Pantun dibedakan menjadi beberapa jenis mulai dari pantun nasihat, pantun agama, pantun jenaka, pantun anak, pantun teka teki, hingga pantun berkasih kasihan.

Masing masing pantun tentunya memiliki tujuan masing masing. Seperti pantun nasihat yang memang ada untuk memberikan nasihat kepada seseorang maupun kepada mayarakat luas dan paling banyak dijumpai.

Pantun jenaka memiliki isi yang lucu yang bertujuan untuk menghibur orang. Tak jarang pantun jenakan ini digunakan untuk menyindir maupun menyampaikan kondisi yang ada di masyarakat dalam bentuk jenaka dan ringan.

Berbeda dengan pantun teka teki yang memang fungsinya untuk memberikan pertanyaan. Tujuannya juga sebagai hiburan serta mengakrabkan kebersamaan dan contoh pantun teka teki bisa kamu lihat di ulasan ini.

Ciri Ciri Pantun Teka Teki

Pantun teka teki memiliki ciri utama yakni adanya pertanyaan pada bagian akhir lariknya. Pertanyaannya bisa berupa apa saja dan disampaikan dengan menggunakan pantun.

Pantun ini juga memiliki sampiran di baris pertama dan juga baris kedua. Sementara isi dari pertanyaannya berada di baris ketiga dan juga keempat pada pantun. Pantun ini sangat cocok untuk permainan dan juga mengasah kecerdasan otak.

Contoh Dari Pantun Teka Teki

Untuk memahami jenis pantun ini memang paling mudah dengan melihat contohnya. Tak hanya agar jelas, kamu juga bisa menggunakan sebagai referensi jika kamu ingin bermain teka teki menggunakan pantun.

Banyak sekali pertanyaan pertanyaan menarik yang bisa kamu gunakan dalam permaianan pantun ini. Kebersamaan dengan teman teman akan semakin seru sekaligus melestarikan jenis puisi yang telah lama ada ini. (contoh pantun teka teki di blok merah)

Pantun Teka Teki Tema Hewan

contoh pantun teka teki hewan

pantun teka teki hewan (Photo by Ivan Svatko on Foter.com / CC BY-NC-ND)

Pantun teka teki yang paling banyak digunakan memang yang berkaitan erat dengan binatang. Kamu bisa menyimak beberapa contoh pantun teka teki berikut ini. Pantun ini berbunyi:

Alpukat enak buahnya,

Kalau makan jangan lupa kasih gula.

Kedua kalimat ini merupakan sampirannya. Dan akan dilanjutnya dengan isi,

Jika engkau memang tahu jawabannya,

Binatang apa yang ekornya ada di Kepala?.

Jawaban pantun ini adalah gajah.

Selanjutnya pantun ini juga sering disebutkan dalam permainan pantun teka teki.

Bunga mawar indah bunganya,

tapi hati hati kena duri.

Jika kamu tahu jawabannya,

binatang apa yang tanduknya ada dikaki?

Kamu tahu jawabannya? Jawabannya adalah ayam jantan. Ayam jantan memiliki bagian seperti tanduk yang ada dikakinya. Berguna untuk melindungi dirinya dari serangan musuh dan tanduk ini memang cukup tajam.

Pantun Teka Teki Menarik

Selain memberikan pertanyaan yang jawabannya berupa binatang, ada juga teka teki yang menanyakan hal yang menarik. Pantun jenis ini akan menimbulkan rasa penasaran dan membuat permainan pantun semakin seru.

Apalagi ada beberapa teka teki yang memang memiliki jawaban yang sulit. Tak heran jika rasa penasaran maksimal untuk jawaban setiap pertanyaan yang dilontarkan. Simak contoh pantun teka teki menarik berikut.

Terjebak hujan di taman mini,

membuat baju menjadi basah kuyup.

Tebak barang satu ini,

ketika dipegang mati dilempar jadi hidup

Jawabannya adalah gasing. Memang gasing akan diam atau mati dan akan berputar begitu di lempar. Contoh lainnya, hari hujan menjadi kelabu, hari panas menjadi gerah. Saat kecil bajunya hijau, ketika besar bajunya merah. Kamu bisa menebak apa jawabannya? Jawabannya adalah cabe merah.

Pantun Teka Teki Kreatif

Tak hanya bisa melontarkan pantun yang menarik agar suasana makin seru, kamu juga bisa melontarkan pantun teka teki yang kreatif. Pantun ini akan membuat yang dilempari pertanyaan tidak akan pernah menyangka. Karena jawabannya bisa diluar ekspekstasi yang menerima pertanyaan maupun yang membaca. Misalnya,

Ke kebun panen kentang,

Pulangnya membeli duku.

Punya daun tak punya batang,

tebak apakah itu?

Jawabannya adalah pintu.

Pantun Teka Teki Buah Buahan

contoh Pantun Teka Teki Buah Buahan

Pantun Teka Teki Buah Buahan (Photo on Foter.com)

Agar kamu tak kehabisan ide pertanyaan, kamu bisa menggunakan buah buahan sebagai temanya. Sebagai contoh,

Pergi ke Malang naik delman,

jangan lupa mampir kota.

Punya duri tapi bukan ikan,

Punya mahkota tapi bukan bunga.

Jawabannya adalah buah nanas yang memiliki mahkota di atasnya dan sisik di bagian tubuhnya. Dengan melontarkan pantun seperti contoh pantun teka teki ini tentunya akan membuat permainan pantun seru.

Pantun Teka Teki Barang Sekitar

Selain hewan, buah maupun hal hal menarik lainnya kamu juga bisa menggunakan barang sekitar untuk idenya. Misalnya saja pada pantun berikut,

Mencari ikan mas di sungai,

jangan lupa umpan cacing.

Coba tebak badannya lebar sekali,

banyak bulu tapi tidak berdaging.

Kamu bisa menebaknya? Jawabannya adalah karpet. Karpet pastinya memiliki bulu tapi tidak ada dagingnya karena bukan buah, atau hewan.

Pantun merupakan salah satu karya sastra yang eksis hingga saat ini karena memang dilestarikan. Namun bukan berarti keberadaannya tak bisa menghilang.

Dengan mengenal sekaligus menjadikan pantun sebagai permainan tentunya akan banyak manfaatnya. Selain permainannya menyenangkan dan seru, juga bisa sebagai salah satu cara untuk mengasah otak. Jadi tertarik untuk main pantun teka teki?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *