Simbiosis Mutualisme

Yuk Cari Tahu Contoh Simbiosis Mutualisme Disini !

Dalam pola interaksi antar komponen biotik di dalam sebuah ekosistem, pastinya anda akan mengenal istilah simbiosis. Simbiosis sendiri terbagi menjadi 6 bentuk, salah satunya adalah simbiosis mutualisme. Simbiosis ini memiliki pengertian yakni sebagai suatu hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Untuk itu, kali ini akan diulas mengenai contoh simbiosis mutualisme yang bisa untuk anda ketahui. Berikut simak ulasannya.

Contoh Dari Simbiosis Mutualisme (Saling Menguntungkan)

Antara Kelelawar Berbulu Wol Dan Kantung Semar

contoh simbiosis mutualisme
contoh simbiosis mutualisme antara kelelawar dan kantong semar (nytimes.com)

Contoh dari simbiosis dengan jenis mutualisme yang pertama yang perlu untuk anda ketahui adalah kelelawar berbulu wol dengan kantung semar. Kelelawar dengan jenis berbulu wol ini merupakan hewan yang akan nyaman tinggal di tempat yang berada di sekitar tanaman kantung semar. Dengan keberadaannya yang seperti itu, tentu saja akan menguntungkan bagi tumbuhan kantung semar sendiri.

Hal ini dikarenakan kantung semar akan dapat memperoleh pupuk yang berasal dari kotoran kelelawar tersebut. Dimana kotoran itu mengandung banyak sekali unsur nitrogen atau guano. Untuk itu, contoh simbiosis mutualisme dari kelelawar berbulu wol dan kantung semar merupakan contoh simbiosis yang menguntungkan. Hal ini dikarenakan kedua belah pihak sama-sama memiliki keuntungan dari keberadaan masing-masing makhluk hidup tersebut.

Antara Buaya Dan Burung Plover

Contoh Simbiosis Mutualisme Antara Buaya Dan Burung Plover
Contoh Simbiosis Mutualisme Antara Buaya Dan Burung Plover (Woodsford TradeBridge)

Satu lagi contoh yang menguntungkan dari simbiosis dengan jenis mutualisme adalah simbiosis yang terjadi antara buaya dan burung plover. Simbiosis ini dibilang menguntungkan dikarenakan burung plover mempunyai kebiasaan untuk memakan kotoran ataupun sisa makanan yang menempel atau yang terdpat pada gigi buaya. Dengan kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh burung plover tersebut tentu saja nantinya juga akan sangat menguntungkan bagi buaya.

Contoh simbiosis mutualisme tersebut akan membuat buaya bisa terbebas dari adalah penyakit mulut akibat banyak sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi buaya tersebut. Sedangkan keuntungan yang bisa didapatkan dari burung plover tersebut adalah ia dapat dengan mudah untuk mendapatkan makanan secara gratis akibat membersihkan sisa makanan yang menempel pada mulut buaya tersebut.

Simbiosis Saling Menguntungkan Pada Burung Oxpecker Dan Juga Zebra

gambar Burung Oxpecker Dan Zebra
contoh simbisosi mutualisme antara Burung Oxpecker Dan Zebra (Flickr)

Selain itu, ada pula simbiosis lain yang terjadi antara zebra dan burung oxpecker yang perlu untuk anda ketahui. Burung dengan jenis oxpecker ini merupakan salah satu jenis burung yang terbiasa untuk memakan kutu dan juga serangga lain yang pada umumnya menjadi parasit bagi tubuh zebra. Oleh sebab itu, dengan kebiasaan dari burung oxpecker ini akan membuat tubuh zebra menjadi lebih bersih.

Dengan tidak adanya kutu dan parasit yang menempel pada tubuh zebra, tentu saja hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri yang bisa didapatkan oleh zebra. Hal ini dikarenakan tubuhnya lebih bersih dan tidak lagi merasakan gatal. Sedangkan keuntungan yang didapatkan oleh burung oxpecker adalah burung ini dapat memperoleh makanan secara gratis.

Selain itu, keberadaan dari burung oxpecker juga merupakan sinyal pertanda bagi zebra ketika harimau ataupun singa akan datang mendekat. Sinyal pertanda tersebut dikarenakan jika hewan pemangsa tersebut akan datang untuk menerkam zebra, maka secara otomatis burung satu ini pun akan menjerit dan berteriak. Hal ini pun tentu saja akan menyebabkan zebra menjadi bisa berlari untuk menyelamatkan diri.

Antara Manusia Dan Bakteri Usus Halus

simbiosis mutualisme antara Manusia Dan Bakteri Usus Halus
simbiosis mutualisme antara Manusia Dan Bakteri Usus Halus (Bellevue Kids Dentistry)

Selain itu, contoh simbiosis mutualisme lain pun juga terjadi pada manusia. Hal ini diakrenakan bakteri dalam usus di dalam tubuh manusia ini akan membantu anda untuk nantinya dapat mencerna makanan. Selain itu, bakteri juga berfungsi untuk menguraikan vitamin dalam makanan dan menjadikan vitamin B12. Hal ini pun tentu saja akan menguntungkan bagi manusia agar usus halus dapat bekerja dengan lebih baik.

Selain itu, hal ini juga akan menguntungkan bagi bakteri dikarenakan manusia akan menyediakan tempat untuk hidup dan mendapatkan makanan secara gratis selama terus menerus. Hal ini tentu saja akan menguntungkan kedua belah pihak, yakni bagi bakteri dan juga manusia. Sehingga simbiosis dengan jenis mutualisme ini pun dapat terjalin karena keduanya akan memperoleh manfaat dan keuntungan.

Interaksi Yang Terjadi Diantara Rayap Dan Juga Protista

Rayap Dan Juga Protista
Simbisosi Mutualisme Rayap Dan Juga Protista (footer)

Contoh simbiosis mutualisme pun juga terjadi pada rayap dan protista. Interaksi yang terjadi pada rayap dna protista ini merupakan contoh dari salah satu simbiosis mutualisme yang tejadi di kalangan makhluk hidup. Hal ini dikarenakan rayap ternyata dapat memakan selulosa dari kayu-kayuan karena di dalam ususnya tersebut terdapat protista.

Untuk itu, peran protista sendiri disini dapat berperan sebagai makhluk hidup yang mampu untuk membantu rayap dalam menverna selulosa tersebut. Sehingga, rayap pun tetap bisa untuk memperoleh makanan. Selain itu, keuntungan yang bisa didapatkan dari protista sendiri adalah, rayap akan menyediakan tempat tinggal bagi protista sehingga nantinya protista pun memiliki tempat tinggal yakni di dalam tubuh rayap.

Interkasi Yang Terjadi Antara Bunga Dan Lebah

Contoh simbiosis mutualisme Bunga Dan Lebah
Contoh simbiosis mutualisme Bunga Dan Lebah (Smithsonian Magazine)

Untuk contoh lain yang perlu anda ketahui adalah interaksi yang terjadi antara bunga dan juga lebah. Dalam hal ini lebah akan memperoleh madu ataupun nektar yang berasal dari sari kelopak dalam bunga. Sari kelopak dalam bunga tersebut akan menghasilkan nektar sehingga nantinya lebah pun dapat memperoleh makanan dari serbuk sari yang terdapat pada kelopak bunga tersebut.

Sedangkan keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh bunga saat lebah memakan sari kelopak bunganya adalah bunga mampu terbantu saat terjadinya proses penyerbukan. Dengan jatuhnya serbuk sari pada bagian kepala putik, maka hal tersebut akan disebut dengan penyerbukan. Oleh sebab itu, ketika lebah sedang mengambil nektar pada bunga, maka secara tidak langsung lebah akan membantu proses penyerbukan tersebut.

Intreaksi Yang Terjadi Antara Burung Jalak Dan Juga Kerbau

Burung Jalak Dan Juga Kerbau (Mutually)
Burung Jalak Dan Juga Kerbau

Untuk interaksi dari contoh simbiosis mutualisme yang terakhir yang perlu untuk anda ketahui adalah simbiosis yang terjadi antara burung jalak dan juga lebah. Simbiosis tersebut terjadi dikarenakan burung jalak sengaja untuk hinggap di punggung kerbau dan mencari kutu yang terdapat dalam tubuh kerbau tersebut sebagai makanannya.

Dengan peran burung jalak tersebut, maka kerbau pun nantinya akan sangat terbantu. Tubuh kerbau akan terhindar dari kutu dan juga tubuh dari kerbau tersebut menjadi lebih bersih. Selain itu, burung jalak pun juga akan bisa memakan kutu secara gratis dan kerbau juga tidak akan merasakan gatal lagi, dikarenakan kutu yang berada di dalam tubuhnya telah diambil sebagai makanan dari burung jalak.

Itulah beberapa contoh simbiosis mutualisme yang terjadi antara beberapa makhluk hidup di dunia. Keberadaan makhluk satu dengan yang lain tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi makhluk lain tersebut. Sehingga nantinya antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup yang lain akan timbul saling ketergantungan dan akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak tersebut.

Leave a Comment