Sudah Tahu Bagaimana Doa Naik Kendaraan? Cek Disini !

Apakah anda termasuk salah satu individu yang senang bepergian atau orang yang senang untuk berdiam diri di rumah saja? Pada dasarnya melakukan perjalanan merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ada banyak manfaat dari bepergian, yakni seperti menjalin silaturahmi dan baik untuk kesehatan raga maupun jiwa. Berikut ini akan diulas beberapa doa naik kendaraan sesuai sunnah dan juga manfaat ketika melakukan perjalanan.

Manfaat Yang Perlu Anda Tahu Ketika Melakukan Perjalanan

doa naik kendaraan yang lengkap

Bepergian tentu saja akan merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Ternyata di dalam Islam sendiri terdapat beberapa manfaat untuk diri anda. Dimana yang pertama adalah mampu untuk mengerti arti kehidupan. Dengan melakukan bepergian, maka anda pun nantinya akan semakin menyadari tentang hidup ini. Ketika anda melakukan perjalanan, anda pun akan mampir sebentar untuk sebuah urusan dan kembali lagi ke rumah.

Hal ini pula yang terjadi pada kehidupan anda. Dimana kita hidup di dunia ini hanyalah sebentar dan sementara. Sehingga ketika urusan kita di dunia telah selesai, maka anda pun akan kembali lagi kepada Allah sang Maha Pencipta. Sehingga anda pun ketika sedang keluar dan melakukan perjalanan dengan berkendara, maka anda pun perlu membaca doa naik kendaraan subhanalladzi agar selalu dilimpahkan rahmat dan dijaga keselamatannya oleh Sang Kuasa.

Selain itu, manfaat lain ketika anda sedang melakukan perjalanan adalah anda mampu untuk menghilangkan gelisah yang menghampiri pikiran anda. Dengan melakukan perjalanan ternyata terbukti mampu untuk menghilangkan kegundahan dan juga mampu untuk menghilangkan penat. Pantas saja, tak heran jika orang sering melakukan perjalanan maka orang tersebut akan terlihat lebih bahagia dari biasanya.

Sehingga Rasullah SAW pun menganjurkan untuk umatnya agar melakukan perjalanan ke sebuah tempat. Ketika anda melakukan perjalanan pada tempat saudara yang terkena musibah, maka hal tersebut akan sedikit menghilangkan kegelisahan. Tak lupa, jika anda melakukan perjalanan apapun dengan mengendarai kendaraan apapun, maka anda jangan lupa untuk selalu mengucapkan doa bepergian agar nantinya anda bisa sampai tujuan dengan selamat.

Dengan melakukan perjalanan, maka anda pun juga akan mampu untuk menambah teman. Ketika anda bepergian, maka anda pun akan memberikan kesempatan kepada diri anda sendiri untuk bertemu dengan orang orang baru. Dimana orang tersebut berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, baik dari suku, ras maupun agama. Sehingga anda pun akan bisa meluaskan pertemanan dan mampu untuk membentuk pola pikir yang lebih luas.

Adab Ketika Sedang Bepergian

doa naik kendaraan darat arab dan latin

Ketika anda sedang melakukan perjalanan, maka anda pun perlu untuk membaca doa ketika sedang melakukan perjalanan tersebut. Dengan membaca doa tentu saja memiliki tujuan untuk mengharapkan keselamatan kepada Sang Pencipta. Hal ini dikarenakan banyak sekali kejadian kecelakaan yang dapat merenggut nyawa anda ketika sedang melakukan perjalanan. Sehingga anda pun disarankan untuk membaca doa ketika sedang bepergian.

Meskipun anda sudah melakukan perjalanan dengan hati hati, akan tetapi,anda pun perlu untuk memanjatkan doa naik kendaraan bismillahi tawakkaltu ketika sedang bepergian. Dengan membaca doa tersebut tentu saja akan membuat anda mengharapkan selamat hingga sampai tujuan hingga kembali lagi di rumah. Sehingga ketika sedang bepergian anda pun perlu untuk membaca dua doa yang sebaiknya bisa untuk anda baca.

Untuk doa perjalanan latin yang pertama adalah doa ketika keluar rumah. Doa tersebut berbunyi seperti  “ Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘ aliyil ‘adhim”. Selain itu, anda pun bisa memanjatkan doa ketika sedang berkendara. Dimana doa tersebut masing masing terdapat perbedaannya.  Doa ketika sedang naik kendaraan pada umumnya, dibedakan berdasarkan jenis kendaraan yang akan anda naiki.

Jika anda bepergian dengan menggunakan transportasi darat, maka anda pun bisa membaca doa naik kendaraan darat arab dan latin. Tak hanya itu saja, anda pun juga bisa membaca doa naik kendaraan laut ketika sedang bepergian dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal. Hal ini pun tentu saja akan membuat anda menjadi lebih merasa aman karena telah membaca doa ketika anda sedang bepergian.

Adapun Rasulullah pun mengajarkan kepada umatnya untuk membaca doa naik pesawat islami ketika sedang ingin untuk menaiki ataupun mengendarai kendaraan. Dengan begitu anda pun nantinya akan bisa untuk terhindar dari adanya marabahaya yang akna menimpa diri anda. Serta mengharapkan untuk selalu dilindungi oleh Allah SWT ketika sedang berkendara sehingga nantinya bisa selamat sampai tujuan dengan sehat wal afiat.

Doa naik kendaraan sesuai sunnah yang lengkap

doa naik kendaraan majreha

Doa doa berkendara yang diajarkan oleh Rasulullah adalah sebagai berikut, “ Subhaanalladzii sakkgara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun”. Dimana doa tersebut memiliki arti yakni, “Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. Padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali”.

Dengan mengucapkan doa safar pesawat tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT. Hal ini dikarenakan berdasarkan nikmatnya, anda bisa menaiki kendaraan tersebut dan juga bisa mengantarkan anda hingga sampai pada tujuan dengan selamat. Selain itu, ada pula doa yang bisa untuk anda panjatkan ketika anda sedang mengendarai kendaraan laut. Dimana ketika anda telah memanjatkan doa tersebut, maka anda bisa melanjutkan dengan doa berikut.

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim. Doa yang masuk surah doa naik kendaraan dalam Alquran tersebut memiliki arti yakni, Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dimana doa tersebut merupakan salah satu doa yang dibaca oleh Nabi Nuh ketika beliau mengendarai kapalnya tersebut.

Selain itu, ketika anda memanjatkan doa naik kendaraan, maka hal tersebut merupakan hal yang baik untuk anda lakukan. Pasalnya, salah satu doa yang dikabulkan adalah doa orang yang sedang melakukan perjalanan. Sehingga disunnahkan bagi anda untuk memanjatkan doa ketika sedang melakukan perjalanan. Anda pun bisa berdoa dengan doa apapun yang anda inginkan, termasuk juga doa untuk memohon keinginan atas hal yang belum anda dapatkan.

Untuk itu, anda pun sebaiknya jangan menyia nyiakan kesempatan untuk memanjatkan doa safar dan latinnya ketika sedang berada di perjalanan. Hal tersebut dikarenakan ketika anda melakukan perjalanan, maka anda pun bisa berdoa mengenai hal yang anda inginkan. Sehingga, Insya Allah doa tersebut akan bisa untuk dikabulkan oleh Allah yang Maha Pemurah.

Tak hanya itu saja, ketika anda ingin melakukan perjalanan maka Rasulullah SAW pun menyarankan bahwa waktu yang baik untuk melakukan perjalanan adalah di malam hari. Sehingga nantinya waktu bepergian anda tersebut akan berjalan dengan terasa lebih cepat jika dibandingkan anda bepergian di siang hari. Selain itu, bepergian di malam hari pun juga akan membuat anda lebih nyaman dikarenakan hawanya yang sejuk jika dibandingkan dengan siang hari.

Doa naik Kendaraan

Author: nadiazhr

Gagah bungah sumringah ndadar ing wayah wayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *