Keajaiban Dalam Doa Minum Air Zam-Zam

Sumur zam-zam terletak di kawasan Masjidil Haram, tepat sebelah tenggara Ka’bah dan berjarak sekitar 11 meter dari Ka’bah. Mata air terdiri dari beberapa celah yang mengalir ke Hajar Aswad, dengan panjang 75 sentimeter dan tinggi 30 sentimeter. Rasullullah SAW bersabda bahwa air zamzam adalah obat bagi orang yang sakit. Hal tersebut juga dbenarkan ahli kedokteran bahwa setiap molekul airnya berkhasiat. Dan dalam doa minum air zam-zam ada harapan untuk segera terkabul.

Kisah Dibalik Adanya Air Zamzam

takaran minum air zam zam

ilustrasi.

Nama zam-zam berasal dari ucapan Siti Hajar, istri dari Nabi Ibrahim AS yang menemukan air dibawah kaki mungil Ismail. Zam-zam memiliki arti berkumpul atau air yang berkumpul, maka dari itu disebut air zam-zam. Sejarahnya bermula dari kegelisahan Siti Hajar bersama putranya Ismail, yang ditinggal oleh Nabi Ibrahim AS di sebuah padang tandus dan gersang. Dalam surah Al-Maidah ayat 37 menjelaskan bahwa Nabi Ibrahim AS melakukannya atas perintah Allah SWT.

Pada saat itu bekalnya sudah habis lalu Siti Hajar berusaha mencari makanan, atau meminta bantuan orang-orang di sekitarnya. Beliau pun berlari ke bukit Marwah lalu balik lagi ke bukit Shafa, dan kembali lagi ke bukit Marwah. Terhitung Siti Hajar bolak-balik antar bukit sebanyak tujuh kali. Apa yang dilakukan oleh Siti Hajar inilah yang menjadi dasar pelaksanaan salah satu rukun haji, dinamakan Sa’i yang wajib dilaksanakan umat Islam.

Kembalinya dari bolak-balik dari bukit Shafa ke Marwah, begitupun sebaliknya. Siti Hajar mendengar seruan untuk melihat putranya yang sedang menangis kehausan, sambil kaki Ismail yang menghentak-hentak ke tanah. Ternyata hentakan kaki kecil Ismail AS ini berhasil mengeluarkan air yang berlimpah. Siti Hajar pun kemudian berkata “zamzam”, hingga akhirnya semua air berkumpul dan dinamakan sumur air zamzam.

Kemunculan air di padang tandus ini memicu berkumpulnya burung-burung. Para kafilah yang sedang mencari air, mengikuti arah terbang rombongan burung tersebut. Disanalah mereka bertemu dengan Siti Hajar dan Ismail, sedang merapalkan doa minum air zam-zam sebagai ucapan syukur. Kelak mata air menjadi sumber kehidupan di padang tandus ini, dan sudah ribuan tahun yang lalu hingga kini sumur air zam-zam tidak pernah kering.

Mata air zam-zam asli sempat tertutup selama ribuan tahun, sejak ditinggal oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Maka saat itu Abdul Muthalib selaku kakek dari Nabi Muhammad SAW, beliau bernazar untuk menggali kembali sumur zam-zam jika dikaruniai banyak anak. Dalam nazarnya beliau akan mengurbankan salah satu putranya. Doanya pun dikabulkan oleh Allah SWT dan beliau mempunyai 10 anak. Namun keraguan muncul terkait siapa anak yang kelak dijadikan kurban.

Untuk memenuhi nazar Abdul Muthalib beliau pun melakukan undian, kemudian muncul nama Abdullah yang merupakan ayah Nabi Muhammad SAW. Abdul Muthalib kian meragu karena beliau sangat menyayangi putra bungsunya ini. Berkali-kali diundi selalu muncul nama Abdullah, hingga muncul nama onta yang akan dikurbankan. Karena doanya dikabulkan maka Abdul Muthalib segera melaksanakan nazarnya. Hingga kini mata air zam-zam dialirkan dalam sumur-sumur besar.

Manfaat dan Keistimewaan Air Zam-zam Ketika Diminum

doa minum air zam zam agar cepat hamil

Ilustrasi.

Molekul pada air zam-zam mengandung obat, yang bisa menyembuhkan segala penyakit. Sebelum meminumnya hendaklah mengucapkan doa minum air zam-zam, dan memohon kepada Allah SWT. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa manfaat air zam-zam, mengikuti doa yang kita inginkan. Artinya doa apa saja bisa diucapkan dan dijamin mustajab, bebarengan dengan mengonsumsi air zam-zam. walaupun banyak yang mengira kebohongan air zam zam

Dahulu kala kemunculan air zam-zam membuat banyak orang ingin tinggal di sekitarnya. Bahkan beberapa kali Ismail dan ibunya didatangi orang suku Jurhum, mereka meminta izin untuk memanfaatkan air tersebut. Karena banyak sekali manfaat sumur zam-zam perlahan daerah sekitar mulai ramai penduduk, dan akhirnya menjelma jadi sebuah kota yang sangat ramai. Dan tidak lagi menjadi padang tandus tanpa kehidupan, kini berganti dengan padatnya lalu-lalang aktivitas manusia.

Air zam-zam memiliki berkah dan keutamaan, disebut sebagai air paling mulia di muka bumi ini. Rasulullah SAW bersabda  yang mana menyebutkan bahwa air zam-zam ialah air terbaik, bahkan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sedahsyat itulah khasiat air zam-zam apalagi sambil mengucap doa minum air zam-zam. Bagi orang-orang yang ingin mendapatkan keberkahannya bisa membasuhkan ke seluruh wajah, kabarnya bisa menjadikan wajah terlihat awet muda.

Keistimewaan air zam-zam telah dibuktikan oleh beberapa ilmuwan dunia. Dr. Hamdi Saif dari Alexandria University menyimpulkan, bahwa setiap molekul air zam-zam adalah yang terbaik di permukaan bumi. Memiliki keseimbangan elektrolit yang berkhasiat untuk kesehatan. Kemurnian airnya terjaga secara alami serta terbebas dari mikroorganisme patogen. Baik untuk pengobatan penyakit paru-paru dan ginjal, juga mengobati penyakit ginjal dan mata.

Satu lagi kehebatan air zam-zam yang diteliti oleh laboratorium di Arab dan Eropa. Membuktikan bahwa air zam-zam tidak memiliki waktu kadaluarsa, diklaim murni sepanjang masa. Perbedaan lainnya jika sumur lain ditumbuhi dengan lumut dan bakteri, sedangkan sumur zam-zam tidak ditemukan keberadaan lumut ataupun bakteri. Jadi bisa dijamin tidak setitik pun air ini kotor atau keruh. oleh sebab itu adab meminum air zam zam sesuai sunnah harus lah diterpakan.

Doa Saat Minum Air Zam-zam dan Makna di Baliknya

doa minum air zam zam latin dan artinya

ilustrasi Doa Saat Minum Air Zam-zam

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمَاً نَافِعَاً وَرِزْقَاً وَاسِعَاً وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَمِ

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala sakit dan penyakit pikun”.

Adapun doa waktu minum air zam zam latin ialah

Allahumma inni as aluka ‘ilmannafi’aan wa rizqan wa si’ann wa sifaaan min kulli dzaainn wa saqami

Berdasar pada hadist Nabi air zam-zam merupakan air, yang memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Rasulullah mewajibkan untuk berdoa sebelum meminumnya, seperti kewajiban umat muslim yang diwajibkan membaca doa dalam melakukan hal apapun, agar mendapatkan manfaat dan keberkahan tersendiri. Sebab dalam air zam-zam mengandung nilai berkah yang tidak bisa diukur dengan kasat mata.

Dikutip dari buku berjudul “Khasiat Air Zam-zam”, ada secara khusus doa minum air zam-zam. Yang mengantarkan para konsumsinya, untuk mendapatkan manfaat tersendiri. Alasan mengapa para jamaah haji selalu meminumnya untuk melepas dahaga. Kesegarannya bahkan tidak didapatkan dari air minum manapun. Dan membantu untuk melancarkan pencernaan selama perjalanan haji.

Bacaan doa untuk minum air zam-zam memiliki arti memohon kepada Allah ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari tiap penyakit. Dan ketika meminum disunahkan dalam keadaan berdiri, serta menghadap kiblat kemudian membaca doa. Inilah alasan mengapa doa ketika minum air zam-zam menjadi doa yang mustajab, mudah untuk diijabahi Allah SWT.

Air tersebut bisa menjadi makanan di kala kelaparan, dan bisa sebagai obat untuk segala penyakit. Sedahsyat itulah kehebatan doa minum air zam-zam, terkadang orang-orang masih lupa mengamalkannya. Dan kebiasaan langsung diminum meskipun khasiatnya tetap tidak berkurang. Namun dalam budaya orang Islam, bahwa melakukan sesuatu harus didasari untuk berdoa lebih dahulu.

Air zam-zam biasanya dibagikan kepada orang yang berkunjung, setelah menunaikan ibadah ke tanah suci. Karena masyarakat percaya meminum air zam-zam akan membawa keberkahan tersendiri. Didalamnya terkandung dua jenis mineral yaitu magnesium dan kalium, setiap mineralnya memberikan kesegaran bagi yang mengonsumsinya. Oleh karena itu jamaah haji yang kelahan akan mendapatkan energi kembali, setelah meminum air zam-zam dalam porsi yang sesuai.

doa minum air zam-zam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *