ayat bersyukur alkitab

Ayat tentang Bersyukur dalam Al Quran dan Pentingnya Rasa Syukur

Begitu besar nikmat yang diberikan oleh Allah kepada hambanya, hingga tidak sanggup untuk dihitung. Sayangnya, banyak orang yang kurang meyadari nikmat yang telah diperoleh, sehingga kehidupannya senantiasa dipenuhi dengan rasa mengeluh dan tidak puas. Sudah sepatutnya kita berterima kasih terhadap nikmat yang sudah dinerikan bukan? Untuk melatih diri agar lebih banyak bersyukur, yuk simak ayat tentang bersyukur yang ada di dalam Al quran.

Ayat Tentang Bersyukur Lainsyakartum (QS Ibrahim Ayat 7)

tafsir ibrahim ayat 7
surah ibrahim ayat 7 arabic

Salah satu ayat dalam Al Quran yang berisi tentang keutamaan bersyukur adalah QS Ibrahim Ayat 7 yang  memiliki arti sebagai berikut “ Dan Ketika Tuhanmu memaklumatkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah kepadamu, dan jika kamu mengkufuri (nikmat), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. Tentunya penggalan ayat ini menerangkan bagaimana keutamaan bersyukur.

Allah sendiri telah berjanji kepada hambanya, bahwa Dia akan menambahkan nikmat kepada hingga berkali lipat jika hambanya tersebut senantiasa bersyukur dan selalu merasa cukup dengan segala pemberian yang telah diberikan. Sedangkan apabila kufur dan selalu merasa kurang, maka Allah tidak akan segan segan untuk memberikan azab. Sehingga jangan sampai kita tergolong dari kaum yang kufur nikmat tersebut.

QS Al-Jatsiyah ayat 12

hadits tentang bersyukur nikmat allah
ayat alkitab tentang bersyukur atas hidup

Ayat tentang bersyukur selanjutnya adalah QS Al-Jatsiyah ayat 12 yang memiliki arti sebagai berikut “Allah lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal- kapal dapat berlayar padanya dengan seizin-Nya dan supaya kamu dapat mencari karunia-nya dan supaya kamu bersyukur”. Sesungguhnya ayat ini menerangkan bagaimana Allah telah menjadikan lautan dalam keadaan tenang, sehingga manusia bisa melakukan perjalanan di atas lautan tersebut.

Bayangkan saja seandainya lautan tidak tenang sehingga tidak bisa dlewati. Sudah berapa banyak kebutuhan manusia yang diperoleh dari laut mulai dari ikan ikan yang memiliki banyak nutrisi hingga berbagai minyak bumi. Bahkan adanya laut yang tenang tersebut, memudahkan manusia berlayar menggunakan kapal ke daratan yang lain. Tentunya, bagi mereka yang berfikir akan memahami betapa besar nikmat yang sudah diberikan Allah selama ini. 

QS Al- Qashah Ayat 73

ayat alkitab tentang bersyukur atas berkat
ayat al quran tentang syukur nikmat

Bagaiamana anda melihat perbedaan siang dan malam? Sangat indah bukan dimana ketika siang hari yang panas dan matahari yang terik lalu digantikan dengan suasana yang lebih tenang dan dingin. Dimana kedua waktu tersebut menjadikan hidup manusia lebih teratur. Hal ini merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah sebagaimana yang tercantum dalam ayat tentang bersyukur yaitu QS Al- Qashah Ayat 73. 

Ayat ini mempunyai arti yaitu “ Dan diantara tanda kasih Sayang-Nya,  Dia menjadikan malam dan siang untuk kalian, agar kalian beristirahat (pada saat malam hari) dan supaya kalian mencari sebagian karunianya (pada saat siang hari) , Sehingga menjadikan kalian bersyukur atas nikmat tersebut”. Tentunya adanya siang dan malam ini harus kita syukuri. Bayangkan jika setiap hari hanya terdiri dari siang saja maka sepanjang waktu kita akan bekerja begitun sebaliknya jika sepanjang waktu hanya ada malam saja.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai bentuk rasa syukur yaitu dengan hati, lisan maupun perbuatan. Rasa syukur ini dimulai dari hati dimana kita menyadari bahwa kenikmatan yang sudah kita rasakan begitu banyak sampai tidak terhitung. Sedangkan rasa syukur bisa dilakukan dengan mengucapkan Alhamdullilah. Tidak sampai disitu, alangkah baiknya jika rasa syukur ini kita wujudkan dengan membantu orang lain yang kesusahan. 

QS Al- Anfal Ayat 26

ayat tentang nikmat allah
dalil tentang syukur

Ayat ini memiliki arti “Dan ingatlah ketika kamu masih berjumlah sedikit, lagi tertindas di muka bumi (Mekkah), kamu takut terhadap orang orang yang akan menculikmu, maka Allah memberi kamu tempat menetap dan dijadikan-Nya kamu kuat dengan pertolongan-Nya dan diberi-Nya kamu rezeki dari yang baik baik supaya kamu bersyukur.

Ayat tentang bersyukur ini menjelaskan ketika kaum muslim mekkah selalu saja diancam oleh kaum kafir Qurais, sehingga mereka harus pergi meninggalkan kota kelahirannya. Tentunya kondisi ini sangat sulit bagi kaum muslim di kala itu. Namun, karena kemurahan Allah maka mereka diberi tempat yang aman dengan penduduk yang menyambut mereka dengan baik di madinah.

QS Al-Baqoroh ayat 152

ayat tentang bersyukur akan ditambah nikmat
ayat alkitab tentang berkat

Salah satu ayat yang berisi tentang syukur di urutan surat ke dua dalam Al Quran yaitu QS Al-Baqoroh ayat 152 yang artinya “ Ingatlah kepada-KU, niscaya aku ingat kepadamu, bersyukurlah kepadaKu, dan jangan kufur (dari nikmat-Ku).” Dimana ayat ini berisi tentang tiga hal yaitu  dzikir, syukur dan kufur. Dimana sebagai seorang hamba sudah sepatutnya untuk selalu mengingat Allah dan mensyukuri nikmat yang sudah diberikan kepadanya.

Beberapa ayat yang berkaitan dengan syukur seringkali dikaitkan dengan kufur. Kedua istilah ini memiliki makna yang berlawanan. Namun, hal ini sebagai sebuh peringatan yang seringkali di ulang agar kita tidak sampai kufur terhadap nikmatnya. Ada banyak hal yang menjadi alasan untuk kita bersyukur namun banyak sekali faktor yang menyebabkan kita menjadi kufur salah satunya adalah saat melihat kebahagiaan orang lain.

QS yusuf Ayat 38

ayat alkitab tentang bersyukur atas keluarga
cara bersyukur atas nikmat allah

Banyak orang muslim yang lalai untuk bersyukur hal ini bahkan sudah tercantum dalam firman allah QS yusuf Ayat 38 yang memiliki arti sebagai beerikut “ Yang demikian itu adalah karunia Alloh kepada kami dan kepada manusia (seluruhnya),  tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur”. Dengan membaca ayat tentang bersyukur ini, maka kita akan semakin menyadari betapa banyak nikmat yang seringkali kita lupakan.

Padahal ada banyak manfaat dari syukur ketika mendapatkan nikmat diantaranya adalah menjadikan diri semakin produktif. Karena orang yang bersyukur akan selalu memanfaatkan apa yang dimilikinya sekecil apapun sebagai salah satu bekal menjadi sukses. Orang yang selalu bersyukur juga senantiasa lebih bahagia dan optimis dalam menghadapi kehidupan. Dengan begitu, tentunya dia akan lebih bersemangat untuk berkarya dibandingkan terus mengeluh.

QS Luqman Ayat 12

ayat bersyukur alkitab
ucapan syukur alhamdulillah

Anda juga bisa menemukan ayat tentang  bersyukur pada QS Luqman Ayat 12 dimana artinya sebagai berikut “Dan sesungguhnya telah kami berikan nikmat kepada luqman, yaitu “Bersyukurlah kepada Allah dan barangsiapa tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah maha kaya (tidak membutuhkan syukur dari mahluk-Nya) dan maha terpuji dalam segala urusan”. Dalam ayat ini menceritakan bagaimana allah telah memberikan nikmat berupa kecerdasan dan pemahaman dalam urusan agama sehingga wajib baginya untuk bersyukur.

Dalam ayat tentang bersyukur ini juga menjelaskan bahwa bagi orang yang tidak bersyukur, sesungguhnya Allah maha Kaya. Ini sebagai salah satu bentuk peringatan bahwa banyak orang muslim yang tidak menyadari tentang kekayaan Allah sehingga mereka senantiasa kufur nikmat. Padahal alangkah lebih bainya jika mensyukuri apa yang sudah diberikan lalu mengoptimalkan dengan baik, serta berdoa kepada-Nya agar dimudahkan mencapai impiannya.

Ituah beberapa ayat tentang bersyukur yang perlu kita ketahui sebagai orang muslim. Jangan sampai kita menjadi orang yang kufur nikmat dan selalu mengeluh dengan segala pemberian Allah. Agar lebih banyak bersyukur, maka sebaiknya lihatlah mereka yang lebih sulit dari kita dalam urusan dunia, sehinga kita akn menyadari bahwa nikmat yang sudah kita rasakan sangat begitu banyaknya. Dengan begitu, kita akan semakin mudah untuk selalu mengucapkan rasa syukur. 

ayat tentang bersyukur

Leave a Comment