Kayu Gaharu Dari Surga

Mengenal 5 Fakta Menarik Kayu Gaharu Dari Surga Beserta Manfaatnya – Pernahkan Anda mendengar istilah kayu gaharu dari surga ? Jenis pepohonan yang kini sudah mulai langka ini, diyakini sebagai tanaman yang berasal dari surga oleh segelintir orang.

Bukan tanpa alasan, pasalnya beberapa bagian pohonnya mampu mendatangkan segudang manfaat baik bagi kesehatan maupun kebutuhan manusia sehari hari.

Tingginya minat di pasaran dan jumlah ketersediannya yang mulai terbatas, membuat kayunya dipatok dengan tarif cukup tinggi. Untuk mengenalnya lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Mengenal Singkat Pohon Gaharu

Kayu Gaharu Dari Surga

Kayu Gaharu Dari Surga

Kayu yang diambil dari pohon Gaharu masuk dalam jenis kayu dari genus Aquilaria, khususnya untuk jenis A. malaccensis yang tampak unik dan terlihat jelas dari warna kayunya.

Benar, bagian kayunya memiliki warna hitam pekat yang khas dan mengandung resin. Kandungan resin inilah yang kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan parfum berkat aroma harumnya yang khas.

Bahkan aroma wanginya tersebut diyakini ampuh dijadikan sebagai bahan pembuatan aromaterapi, untuk menghilangkan penat dan rasa stres akibat banyaknya pikiran yang tersu menumpuk.

Hebatnya sejak ratusan tahun lalu ternyata pohon satu ini telah menjadi komoditas perdagangan ke berbagai negara tetangga seperti India, Arab, Afrika Timur, hingga Persia.

Fakta Menarik Seputar Kayu Gaharu

Hingga kini masyarakat pemeluk agama Islam mempercayai bahwa kayu Gaharu dari surga, disebut sebagai kayu suci yang banyak diburu masyakat dari berbagai penjuru dunia.

Fakta ini telah ditafsirkan Hadist Riwayat Imam Bukhori, bahwa golongan penghuni surga yang akan masuk pertama kali ke surga akan berbentuk bulan di malam bulan purnama…(sampai ucapan beliau)… nyala perdupaan mereka adalah gaharu.

Gaharu yang dimaksudkan disini adalah kayu dari pohon Gaharu. Inilah mengapa masyarakat pun mempercayai bahwa kayu pohonnya sangat suci karena berasal dari surga.

Fakta Menarik Kayu Gaharu Dari Surga

Dari sekian banyak jenis kayu yang ada, kayu dari pohon satu ini pun masuk dalam golongan bahan baku berkualitas tinggi dan mampu mengeluarkan roma sedap nan khas.

Berkat keunikan aroma yang dimilikinya inilah, kemudian bagian kayunya kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan beragam produk kebutuhan sehari hari mulai dari shampo hingga parfum.

Bahkan daya tahan, karakteristiknya yang khas, membuatnya ideal dijadikan sebagai bahan bangunan ataupun bahan utama pembuatan aneka perabotan interior hunian.

Banyaknya kelebihan pada kayunya inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa permintaan pasar kian tinggi setiap tahunnya, dimana permintaan tersebut berasal dari berbagai negara di dunia.

Fakta unik lainnya dari kayu Gaharu dari surga adalah aroma wangi yang dikeluarkannya.
Ternyata aroma wangi tersebut berasal dari kandungan zat gabul dan zat resin.

Aroma wanginya tersebut membuatnya kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan lilin aromaterapi, yang diperuntukkan khusus untuk merelaksasi tubuh dan pikiran yang lelah.

Bukan hanya kayunya semata, ternyata bagian pohon Gaharu lainnya dapat dimanfaatkan menjadi berbagai kebutuhan, mulai dari bagian batang hingga daunnya dianggap memiliki khasiat tersendiri.

Contohnya saja bagian batangnya yang kerap diolah menjadi minyak atsiri, sedangkan bagian daunnya sendiri kerap dijadikan sebagai teh herbal yang menawarkan sejumlah khasiat.

Berbagai Manfaat dari Bagian Kayu dari Pohon Gaharu

Bagian kayu dari pohon Gaharu mendatangkan sejumlah manfaat yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Misalnya saja bagian kayunya yang kerap dijadikan sebagai aksesoris.

 manfaat Kayu Gaharu Dari Surga

Manfaat Kayu Gaharu Dari Surga

Contohnya saja seperti gelang, liontin, hingga kalung pun bisa dibuat menggunakan kayu dari pohon Gaharu. Bahkan material kayunya kerap dijadikan sebagai bahan utama pembuatan tasbih.

Hebatnya lagi, masyarakat kerap menjadikan kayunya sebagai bahan obat obatan yang mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit sekaligus dengan mudah dan efisien.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan bagian kayunya seperti diare, masuk angin, kembung, sembelit, sesak nafas, hingga gejala hipertensi pun dapat dituntaskan dengan baik.

Bahkan bagian kayu Gaharu dari surga ini kerap dijadikan sebagai simbol ritual kebudayaan serta adat istiadat yang ada di nusantara. Kayunya tersebut nantinya akan dibakar untuk mengeluarkan aroma khas di dalamnya.

Segelintir orang mempercayai bahwa kayu dari pohon Gaharu disebut sebagai kayu ajaib yang berasal dari surga berkat segudang manfaat yang ditawarkannya bagi kebutuhan manusia.

Bagian kayunya ini kerap dijadikan sebagai bahan campuran pembuatan shampo, kosmetik, parfum, bahkan bahan pengobatan medis sekalipun yang banyak ditemukan di pasaran.

Bukan hanya populer di Indonesia semata, ternyata pohon satu ini pun banyak diminati oleh berbagai negara di belahan dunia. Sejumlah fakta menarik dari kayunya pun menarik untuk dikupas lebih dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *