Doa Sebelum Minum Air Zam Zam

Jangan Langsung Minum! Berikut Etika dan Doa Sebelum Minum Air Zam Zam

Air zam zam berasal dari bahasa Arab yang berarti banyak atau melimpah-ruah, dan merupakan air yang dianggap suci oleh umat Islam. Air tersebut dinamakan zam zam karena berasal dari sumur zam zam.

Sumur tersebut terletak di kawasan Masjidil Haram, Mekkah dengan kedalaman 42 meter. Mata air suci ini tidak pernah kering dan tidak pernah habis dari awal terbentuk hingga detik ini.

Adab Sebelum Minum Air Zam Zam

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa terdapat doa sebelum minum air zam zam. Selain doa, terdapat juga beberapa adab yang bisa anda ketahui melalui ulasan berikut.

Menghadap ke Ka’bah Ketika Minum

Doa Sebelum Minum Air Zam Zam

Doa Sebelum Minum Air Zam Zam

Sumur zam zam berada sangat dekat dengan Ka’bah, yakni kurang lebih berjarak 20-21 meter dari Ka’bah. Meskipun demikian, air suci ini tersedia di seluruh area Masjidil Haram.

Bahkan, Masjid Nabawi yang terletak di Madinah dengan jarak sekitar 450 km dari Mekah juga setiap harinya menyediakan air tersebut bagi berjuta-juta umat Islam yang datang ke sana.

Ketika anda hendak meminum air suci ini dimanapun anda berada, usahakan untuk menghadap kiblat atau Ka’bah. Minumlah air tersebut dengan niat ikhlas.

Selain itu, berdoalah sebelum dan ketika minum dengan bacaan Basmallah berharap agar Allah memberikan kebaikan dunia dan akhirat untuk anda dan keluarga.

Adab membaca doa sebelum minum air zam zam telah disebutkan dalam hadis Ibnu Majah yang menceritakan bahwa Ibnu Abbas menjelaskan kepada seorang lelaki tentang adab tersebut.

Disunnahkan untuk menyebut nama Allah dan bernapas sebanyak tiga kali ketika minum, maksudnya berhenti sejenak untuk bernapas kemudian teguk airnya kembali sambil melihat ke arah Ka’bah.

Meminum Air Zam Zam Sehingga Kenyang

Dari hadis riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda bahwa yang membedakan antara umat muslim dengan orang munafik adalah orang munafik tidak meminum air zam zam sehingga kenyang.

Kata sehingga “kenyang” bukan berarti anda harus minum air suci tersebut sampai kembung, tetapi sampai anda merasa tidak haus lagi dan memiliki cukup tenaga untuk melanjutkan ibadah.

Disunnahkan bagi umat Islam selain membaca doa sebelum minum air zam zam, anda juga harus meminum air tersebut sehingga kenyang menggunakan tangan kanan. Anda tidak perlu khawatir jika terlalu sering minum air suci ini, justru hal tersebut disarankan. Karena air tersebut mengandung kalsium yang dibutuhkan gigi dan tulang.

Air zam zam juga mampu membantu regenerasi sel kulit mati, sehingga kulit anda semakin cerah. Jika anda sulit menemukan air untuk wudhu, anda juga diperbolehkan menggunakan air tersebut.

Doa Sebelum dan Sesudah Minum Air Zam Zam

Doa Sebelum dan Sesudah Minum Air Zam Zam

Doa Sebelum dan Sesudah Minum Air Zam Zam

Seperti yang sudah diketahui, selain membaca doa sebelum minum, anda juga diharuskan membaca doa setelahnya. Minimal mengucap Hamdallah sebagai pujian kepada Allah.

Hal tersebut juga telah dijelaskan oleh Ibnu Majah. Selain mengucapkan doa, anda juga harus mengetahui arti dari doa tersebut agar lebih paham. Berikut arti doa sebelum minum air zam zam.

“Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan
sembuh dari segala penyakit”. Arti tersebut memiliki makna yang berarti.

Anda memohon kepada Allah untuk diberikan ilmu, rezeki, dan kesehatan dimana ketiga faktor tersebut adalah hal yang penting dan anda butuhkan di kehidupan duniawi ini.

Ilmu yang bermanfaat tidak hanya berguna untuk diri anda sendiri, tetapi juga untuk orang sekitar anda melalui berbagi ilmu, seperti mengajar atau berdakwah.

Rezeki yang luas juga tidak hanya untuk anda, tetapi untuk bersedekah. Selain itu, berdoa agar sembuh dari segala penyakit, supaya tidak menularkan dan menyusahkan orang lain.

Itulah adab sebelum minum air suci tersebut yang harus anda terapkan ketika mendapatkan rezeki berangkat ke tanah suci atau diberi orang yang baru pulang dari Umroh dan Haji.

Jika anda tidak menghafal doa yang panjang sebelum minum air zam zam, maka anda bisa
mengucap Bismillah dan memperbanyak doa-doa lain yang anda inginkan.

Jika Allah mengizinkan, maka Allah akan memberikan khasiat air tersebut kepada anda dan tentunya mengabulkan doa-doa lain yang anda minta.

Segudang Manfaat Kesehatan Air Zamzam

Saat melaksanakan ibadah umrah atau haji, sebagian besar dari jemaah membawa air zamzam sebagai oleh-oleh yang akan dibawa pulang ke negara asal mereka. Hal ini sangat diperbolehkan dan umum dilakukan.

Air zamzam yang berarti banyak atau melimpah ruah dalam bahasa Arab dianggap sebagai jenis air yang suci oleh umat Islam. Air ini didapatkan dari dalam sumur yang memiliki kedalaman 20 meter atau 66 kaki. Sumur zamzam terletak di dalam Masjidil Haram di sebelah timur dari Kakbah, yang merupakan tempat tersuci bagi umat Islam.

Umat Islam meyakini bahwa sumur yang menjadi sumber air zamzam merupakan sumber air yang diberikan secara ajaib diberikan oleh Allah. Peristiwa ini terjadi sekitar ribuan tahun yang lalu pada saat istri dan anak dari Nabi Ibrahim, Hajar dan Nabi Ismail berada di padang gurun dan Nabi Ismail merasa haus dan terus menangis.

Air zamzam sendiri dikenal karena mampu menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan
pada tubuh manusia. Air ini nampak seperti air mineral biasa dengan tidak memiliki warna serta bau yang signifikan, namun memiliki rasa yang sedikit berbeda.

Dengan memiliki pH 7.5 sampai 7.7, air zamzam memiliki sifat basa atau alkali. Air zamzam juga mengandung berbagai konsentrasi mineral seperti sodium, kalsium, magnesium, kalium, klorida, sulfat, bikarbonat, dan berbagai nutrisi yang lainnya. Dengan mengutip dari berbagai sumber, berikut terdapat beberapa manfaat yang dapat dihasilkan dari hasil mengonsumsi air zamzam.

1. Membantu regenerasi sel kulit mati

Air zamzam dipercaya dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati dengan sel kulit yang baru. Air ini juga mampu mempertahankan dan merawat penampilan kulit. Pergantian sel kulit mati sangat penting untuk memberikan kecerahan pada kulit dan membuat permukaan kulit wajah menjadi lebih kenyal.

2. Menjaga metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh merupakan proses di mana tubuh mengubah zat makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi yang dapat memiliki fungsi bagi tubuh. Air zamzam diketahui mampu memperlancar serta mendukung metabolisme dalam tubuh.

3. Memperlancar sirkulasi darah

Dengan mengonsumsi air zamzam mampu membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan lebih baik. Sirkulasi darah bisa saja terganggu saat disebabkan oleh penumpukan lemak terjadi pada pembuluh darah. Kondisi ini biasanya dapat terjadi ketika seseorang tidak memiliki gaya serta pola hidup yang kurang sehat.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Untuk dapat menjaga kesehatan pada tulang dan gigi, seseorang harus menyantap jenis asupan yang disertai dengan kandungan kalsium. Air zamzam diketahui memiliki nutrisi kalsium yang cukup baik. Dengan nutrisi kalsiumnya, air zamzam mampu mencegah berbagai jenis gangguan terhadap kesehatan gigi dan tulang.

5. Baik untuk kesehatan wanita hamil

Kondisi kelelahan yang berlebih sangat umum dialami oleh wanita yang sedang memiliki kandungan. Wanita hamil boleh dianjurkan untuk mengonsumsi air zamzam dikarenakan oleh kandungan kalsiumnya yang baik. Wanita yang sedang hamil sangat butuh asupan kalsium untuk kesehatan sang calon ibu dan tumbuh kembang janin yang akan lahir.

6. Mengurangi kondisi heartburn

Heartburn merupakan kondisi ketika dada seseorang merasakan nyeri dan perih seperti terbakar. Air zamzam memiliki pH di atas normal yang membuatnya memiliki sifat alkali atau basa. Air yang bersifat basa pada umumnya dapat menetralkan asam yang berlebih yang terbentuk di dalam perut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *