30+ Makanan Khas Madura yang Wajib Kamu Cicipi Selain Sate Madura

30+ Makanan Khas Madura yang Wajib Kamu Cicipi Selain Sate Madura

Makanan Khas Madura – Hallo sahabat Tabbayun.com kembali lagi di artikel saya. Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai berbagai kumpulan makanan khas daerah Madura yang wajib kalian cicipi saat berkunjung ke daerah Madura ini.

Berikut Penjelasan beserta kumpulan gambarnya:

1. Sate Madura

Sate madura – via: rumahmesin.com

Daftar jenis makanan yang pertama yang wajib untuk kamu coba saat  berkunjung ke Madura yaitu sate khas Madura. Sate Madura merupakan makanan khas Madura yang sangat terkenal dan sudah tidak dapat diragukan lagi soal rasanya. Bahkan sate Madura ini sudah banyak di jual di berbagai daerah di Indonesia.

Bahan yang digunakan untuk membuat sate Madura ini cukup beragam diantaranya yaitu terbuat dari daging ayam, daging sapi hingga daging kambing. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan yaitu menggunakan bumbu yang terbuat dari bahan kacang, kecap serta beberapa jenis bumbu lainnya.

Makanan satu ini paling enak jika dikonsumsi selagi masih hangat bersama dengan lontong.

2. Sate Lalat Pamekasan

Sate Lalat Pamekasan – via: BeritaSatu.com

Sate lalat merupakan makanan khas Madura yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya setelah sate Madura. Makanan ini dinamakan sate lalat dikarenkan sate ini disajikan dalam bentuk potongan yang sangat kecil sehingga menyerupai lalat. Jika diilihat dari rasanya, sate lalat sama saja dengan sate madura pada biasanya.

3. Bebek Sinjai

Bebek Sinjai – via: wego.co.id

Makanan khas Madura selanjutnya ini sudah lama menjadi incaran para pencinta kuliner di daerah Madura. Bebek sinjai sudah sangat terkenal sampai ke daerah lain, misalnya saja masyarakat daerah Surabaya yang sering berkunjung ke Madura hanya untuk berkulineran makan bebek sinjai ini. Jadi buat kalian yang suka dengan olahan makanan bebek jangan lupa untuk mencicipi bebek sinjai khas daerah Madura.

4. Bebek Songkem

Bebek Songkem – via: Kompasiana.com

Makanan khas Madura yang satu ini tidak kalah terkenalnya dengan olahan bebek sinjai. Rasanya pun juga sangat berbeda dengan masakan bebek sinjai. Makanan ini terkenal dengan nama bebek songkem.

Olahan bebek songkem ini terbuat sari bebek yang telah diberi bumbu rempah halus khas Madura yang dikukus  dengan menggunakan bungkus daun pisang selama kurang lebih 3 jam. Hal ini bertujuan agar bumbu rempahnya meresap hingga ketulang-tulang.

Olahan bebek songkem ini terbuat sari bebek yang telah diberi bumbu rempah halus khas Madura yg dikukus

5. Soto Madura

Soto Madura – via: sajiansedap.grid.id

Makanan khas Madura Selanjutnya yaitu soto Madura.  Hampir semua daerah di Indonesia memiliki kuliner soto, akan tetapi setiap daerah memiliki cita rasa serta bahan yang unik dan berbeda dalam pembuatannya. Yang membedakan antara soto madura dengan soto lainnya yaitu terlihat dari kuahnya yang cukup segar dan beraroma bumbu khas madura.

Bahan utama untuk membuat soto Madura ini adalah ayam yang telah ditambahkan dengan bumbu lainnya. Agar soto Madura ini semakin nikmat saat disantap biasanya ditambahkan dengan nasi hangat serta taburan bawang dan kentang goreng yang sudah diiris tipis.

6. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot – via: diahdidi.com

Makanan selanjutnya merupakan makanan yang sudah sangat khas di pulau Madura. Jika anda biasanya memakan sop yang berkuah segar, lain halnya dengan kaldu kokot khas Madura ini , biasanya kaldu kokot memiliki kuah yang sangat kental.

Olahan kuah kaldu kokot ini terbuat dari bahan kacang hiaju yang telah dicampur dengan bumbu rempah yang ditambahkan dengan kikil sapi. Mungkin terdengar lebih aneh jika kacang hijau ini dijadikan kuah sop, akan tetapi perpaduan dengan bumbu rempah dan potongan kikil ini akan membuat cita rasa kaldu kokot yang sangat menggugah selera.

7. Soto Mata Sapi

Soto Mata Sapi – via: reresepan.com

Makanan khas Madura satu ini terbilang cukup mengerikan, dikarenakan penyajiannya yaitu menggunakan mata sapi yang utuh serta tulang belakang. Sehinggga bila disajikan makanan ini akan terlihat seperti ingin memakan kepala sapi. Makanan ini terkenal dengan nama soto mata sapi. Jika diantara kalian merasa tertantang untuk mencoba kuliner yang satu ini silahkan saja datang ke daerah bangkalan, Madura.

8. Lorjuk

Lorjuk – via: Indonesia.go.id

Makanan khas Madura yang satu ini olahannya terbuat dari sejenis kerang laut yang menyerupai seperti soto. Makanan ini terkenal dengan nama lorjuk.

Cara penyajian lorjuk ini yaitu dengan menggunakan lontong yang telah dicampur dengan mie soun, kacang, remukan peyek, serta di campur dengan lorjuk yang telah diberi kuah.

9. Rujak Cingur

Rujak Cingur – via: Travelingyuk.com

Makanan khas Madura selanjutnya yaitu rujak cingur. Makanan rujak cingur ini tidak hanya dijual didalam daerah Madura saja melainkan juga dijual diluar daerah Madura. Maka tak heran jika makanan khas Madura satu in sudah dikenal oleh banyak orang.

Kata Cingur diambil dari bahasa derah Madura yang artinya hidung sapi.

10. Topak Ladhe 

Topak Ladhe  – via: rasasayange.co.id

Makanan khas Madura satu ini biasanya disajikan dengan kuah santan yang sangat kental. Makanan ini dikenal dengan nama topak lodhe. Biasanya topak lodhe disajikan dengan lontong ataupun ketupat.

11. Soto Sabrang

Soto Sabrang – via: epicsumenep.wordpress.com

Soto sabrang ini terbilang unik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Madura. Sabrang memiliki arti singkong. Biasanya olahan soto sabrang ini dengan mencampurkan singkong kedalam kuah soto serta ditambahkan kacang hijau sebagai pelengkap rasa.

12. Nasi Serpang

Nasi Serpang – via: tripzilla.id

13. Nasi Goreng Potre Koneng

Nasi Goreng Potre Koneng – via: alambudaya.com

Nasi goreng potre koneng ini merupakan makanan khas Madura yang olahannya sedikit berbeda dengan nasi goreng lainnya. Perbedaan nasi goreng potre koneng ini yaitu terletak pada bumbu pelngkap masakan dan lauk nasi goreng tersebut. Olahan nasi goreng potre koneng biasanya ditambahkan abon dan ikan teri sebgai pengganti kerupuk seperti kebanyakan nasi goreng lainnya

14. Nasi jagung

Nasi jagung – via: sajiansedap.grid.id

Makanan khas Madura sutu ini sangat baik bagi orang yang mempunyai penyakit diabetes. Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat pada nasi telah dicampur dengan jangung yang pastinya akan mengurangi jumlah glukosa yang ada didalam makanan tersebut.

Resep tambahan yang paling cocok untuk dijadikan hidangan nasi jangung ini adalah sayur urap, tempe, peyek dan sambel goreng.

15. Nasi Petis

Nasi Petis – via: wisatakuliner.com

Nasi Petis merupakan makanan khas Madura yang olahananya berupa nasi putih yang ditambahkan telur petis. Biasanya nasi petis ini juga ditambahkan lauk seperti semur daging sapi, empal goreng, paru goreng dan sambal goreng yang tentunya akan menambah kenikmatan nasi petis Madura ini.

16. Nase’ Jhajhan

Nase’ Jhajhan – via: deskgram.net

Di daerah Madura tepatnya di kabupaten Pamekasan ini terdapat makanan khas yang bernama nase’ jhajhan. Makanan ini dibuat menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya sehingga rasa dan aroma laukyang ada didalamnya masih sangat terasa. Biasanya lauk makanan ini  terdiri dari olahan daging sapi yang merupakan masakan khas daerah kabupaten Pamekasan.

17. Nase’ Jamila

Nase’ Jamila – via: travel.tempo.co

Makanan khas Madura satu ini olahannya terbuat dari nasi putih yang telah dicampur dengan toge ‘ mentah dan sambal terasi. Kemudian nase’ jamila dibungkus dengan daun pisang agar dapat menambah selera orang saat mencobanya. Nase’ jamila ini biasanya disandingkan dengan lauk seperti daging kuah, paru goreng, dendeng, pepes tongkol, otak goreng.

18. Nase’ Ramoy

Nase’ Ramoy – via: tokomuduraonline.com

Nase’ ramoy merupakan makanan khas Madura yang berbeda dengan nase’ jamila, karena menu makanan ini terbuat dari nasi putih yang bercampur dengan daging gurih, dan juga jeroan daging sapi yang telah dimasak dengan bumbu rempah yang sangat enak dan lezat. Olahan nase’ ramoy ini biasanya disajikan dengan guyuran kecap dan irisan cabe rawit.

19. Tajin Sobih 

Tajin Sobih – via: reresepan.com

Makanan khas Madura Selanjutnya yaitu tajih sobih bangkalan. Makanan ini hampir sama dengan resep memasak bubur biasa akan tetapi bahan utamanya berbeda dengan bubur lainnya. Agar rasa sajian sobih ini bertambah manis biasanya olahan makanan ini ditambah menggunakan gula merah yang sudah dicairkan.

20. Kue Apem Madura

Kue Apem Madura – via: sajiansedap.grid.id
Makanan khas Madura selanjutnya yaitu kue apem. Olahan makanan ini terbuat  dari gula merah, jahe, dan kayu manis. Makanan kue apem khas Madura ini dipercaya dapat membuat badan menjadi lebih segar setelah beraktifitas seharian. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan jahe dan kayu manis yang bisa menghangatkan badan.

21. Rujak Corek

Rujak Corek – via: Travelingyuk.com

22. Los Elos

Los Elos – via: merahputih.com

Makanan khas Madura yang satu ini merupakakn makanan ringan yang hanya dijual di daerah Madura saja, maka tak heran jika hampir setiap orang selain orang Madura jarang mengetahui makanan ini. Olahan makanan los elos khas Madura ini terbuat dari bahan singkong yang telah dicampur dengan gula merah. Jika diamati bahan utama untuk  membuat makanan ini tidak jauh berbeda dengan makanan jubede, tetapi dilihat dari segi bentuk dan rasanya pun berbeda antara los elos dan jubede.

23. Jubada

Jubada – via: tokopedia.com

Makanan khas Madura selanjutnya yaitu Jubada atau sering di sebut dengan jubede Sumenep. Makanan ini paling cocok jika dijadikan oleh-oleh bagi orang yang berwisata ke daerah Sumenep. Olahan makanan ini terbuat dari tepung yang telah dicampur dengan gula merah dan air, yang kemudian dimasak sampai  mengental. Biasanya makanan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena makanan ini dapat bertahan lama .

24. Kue Olet

Kue Olet

Kue olet merupakan kue khas kabupaten Sumenep, Madura. Kue ini sangat jarang ditemukan didaerah lain sehingga tidak banyak orang dari daerah lian yang mengetahui makan khas Sumenep ini. Olahan makanan ini terbuat dari bahan singkong yang telah dicampur dengan ketan hitam, tangguli, dan kelapa.

25. Kocor

Kocor – via: pringsewuresto.co.id

Makanan khas Madura satu ini hampir sama dengan kuliner combro hanya saja olahan kocor ini terbuat dari beras yang isinya diberi gula merah kemudian di goreng. Sehingga makanan ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan ditambah lagi dengan manisnya gula merah.

26. Klepon

Klepon – via: masakandapurku.com

Makanan khas Madura ini sudah terkenal sampai ke seluruh penjuru daerah di Indonesia. Makanan ini dikenal dengan nama klepon. Jika anda berkunjung ke daerah Madura, anda wajib mencoba klepon khas Madura ini, Karena klepon ini memiliki banyak varian yang bisa saja tidak anada temukan di daerah lain.

27. Tattabun

Tattabun – via: sajiansedap.grid.id

Makaan khas Madura selanjutnya yaitu terbuat dari gula merah yang telah dicampurkan kedalam ub jalar atau yang biasanya orang daerah Madura menyebutnya dengan nama  longge yang sudah di rebus. Kemudian campuran gula merah dan longge ini dicetak bundar-bundar dan siap untuk disanjkan dengan ditaburi parutan kelapa.

28. Kacang Otok

Kacang Otok – via: kratonmadura.wordpress.com

Kacang otok merupkan oleh-oleh khas daerah Madura yang hanya terbuat dari biji kacang panjang saja. Olahan untuk membuat kacang otok ini yaitu dengan bumbu khusus yang dapat menghasilkan sajian kuliner berupa cemilan. Biasanya kacang otok ini memiliki banyak varian seperti rasa gurih, pedas dan asin.

29. Keripik Bentoel

Keripik Bentoel – via: tokomesin.com

Daerah Madura kali ini memiliki makanan khas yang dikenal dengan nama keripik bentoel. Keripik ini sangatlah berbeda dengan keripik biasanya yang ada di daerah lain. Olahan keripik bentoel ini terbuat dari bahan bentul atau umbi-umbian khas Madura. Namun tidak hanya bahan utamanya saja yang berbeda melainkan cara memasaknya pun juga tidak boleh asal. Jika cara memasaknya tidak benar maka makanan ini tidak akan menghasilkan sajian keripik bentoel yang enak.

30. Kripik Paru

Kripik Paru – via: daftarresep.com

31. Kripik Singkong

Kripik Singkong – via: tokopedia.com

Makan ringan khas Madura satu ini yaitu keripik singkong. Makan ringan ini telah banyak ditemukan di pulau Madura. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang Madura memiliki tanah yang sangat gersang sehingga hanya dapat ditanami oleh tanaman yang tidak membutuhkan tanah yang subuh dan banyak air contohnya yaitu singkong.

32. Wedang Pokak

Wedang Pokak – via: tokopedia.com

Minuman khas Madura satu ini sangat enak di santap jika sedang berwisata ke daerah Madura. Biasanya minuman ini sering dicari semua orang jika ingin membuat badan seger kembali. Minuman ini dikenal dengan nama wdang pokak. Olahan minuman ini terbuat dari bhan-bahan yang dapat menyehatkan tubuh yaitu tangkai serai, daun pandan, cengkeh, dan bawang, jahe, merica bubuk, kayu manis, gula pasir dan air secukupnya yang telah mendidih yang berfungsi untuk melarutkan bahan-bahan  tersebut.

33. Kobbu

Kobbu – via: lifestyle.okezone.com

Minuman khas Madura ini pasti akan terdengar asing bagi selain orang daerah Madura, karena minumuan ini hanya dijual dipulau madura saja. Pada umumnya tampilan minuman khas Madura ini hampir sama dengan minuman jahe lainnya. Hanya saja bahan yang digunakan sama sekali tidak menggunakan jahe sebagai bahan pembuatannya. Resep olahan minumn kobbu ini terbuat dari kelapa muda, gula merah, dan dan serai sebagai penyedap rasanya. Menu makanan kobbu ini lebih enak jika disajikan dalam keadaan hangat maupun dicampur dengan es.

34. Es Podeng Manis

Es Podeng Manis – via: salingamanah.com

Jika anda berkunjung ke daerah Madura disiang hari, hal yang wajib anda coba dan pastinya tidak boleh terlewatkan yaitu minuman khas Madura yaitu Es podeng manis. Minuman ini sangat enak jika disantap pada saat terik panas matahari yang sangat menyengat.

Olahan es podeng manis ini terdiri dari buah kelapa muda yang sudah dicampurkan dengan es, susu cokelat, gula pasir, roti tawar, cokelat manis, dan buah alpukat sebagai penambah cita rasa.

35. Sarikoyo atau Sarkoyo

Sarikoyo – via: surabaya.tribunnews.com

Leave a Comment