Sudah Tahu Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Yang Benar? Cek Disini

Setiap kali selesai melakukan observasi tentunya ada laporan yang harus ditulis khusus. Laporan ini tak hanya melaporkan hasilnya juga sebagai bentuk pertanggung jawaban yang dilakukan secara tertulis setelah melakukan observasi. Membuat teks laporan ini tentunya ada kaidah tertentu yang harus diperhatikan dan harus sesuai dengan aturan penulisannya. Untuk itu simak struktur teks laporan hasil observasi dalam ulasan berikut.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi 

ilustrasi Struktur Teks Laporan Hasil Observasi (Photo on Foter.com)

Dalam penulisannya terdapat 2 struktur umum yang digunakan untuk membangun teks LHO sehingga bisa menjadi sebuah kesatuan laporan yang sesuai. Untuk versi yang pertama berisikan 2 bagian yakni pernyataan umum dan juga aspek yang dilaporkan. Sementara versi yang kedua memiliki isian yang lebih banyak yakni dibagi menjadi 4 bagian. Lebih jelasnya bisa menyimak penjelasan berikut bersama dengan struktur teksnya LHO nya.

Struktur LHO Versi 1

Untuk versi ini isian laporannya lebih ringkas dan terbilang to the point dan hanya dibagi menjadi dua bagian yakni Pernyataan umum atau klarifikasi dan juga aspek yang harus dilaporkan. Meskipun simpel namun struktur teks laporan hasil observasi ini juga harus dibuat dengan detail dan rinci. Berikut penjelasan mengenai bagian bagiannya dalam versi 1 penulisan LHO yang benar dan bisa dijadikan contoh.

Penyataan Umum atau Klarifikasi

Bagian pertama pada versi 1 struktur LHO adalah pernyataan umum atau yang juga kerap disebut dengan klarifikasi. Pada bagian pertama ini isinuya menjelaskan secara umum dari objek yang telah diobservasi. Tak hanya itu, bagian ini juga membahas mengenai klarifikasi atau penggolongan pada objek yang ada baik persamaannya maupun perbedaannya. Secara singkat, bagian ini berisikan pengantar objek yang telah diteliti.

Aspek Yang Dilaporkan

Bagian ini dituliskan setelah penyataan umum telah selesai dikerjakan. Aspek yang dilaporkan menjelaskan berbagai hal yang menyangkut bahasannya atau rincian objek. Dijelaskan secara lengkap dan juga detail runut dari awal hingga akhir. Bagian ini merupakan bagian yang paling inti sehingga semua hasil dari pengamatan yang dilakukan harus di laporkan. Dituliskan juga berdasarkan fakta yang dialami ketika melakukan observasi.

Struktur LHO Versi 2

Jika pada versi pertama memiliki struktur teks laporan hasil observasi yang lebih simpel, maka yang kedua lebih rinci. Dituangkan dalam 4 bagian tentunya akan membuat pembuatnya lebih tertata. Karena hanya perlu menjelaskan masing masing pokoknya tanpa bingung harus memulai dari mana. Versi dua dimulai dengan menjelaskan definisi umum, definisi bagian, manfaat dan juga penutup dalam uraian berikut.

Definisi Umum

Pada bagian ini berfungsi sebagai pembukaan yang didalamnya memuat tentang informasi umum. Baik dari pengertiannya, objek yang diteliti hingga menjelaskan latar belakang mengapa pengamatan dilakukan. Selain definisi umum juga menjelaskan garis besar dari pengamatan yang dilakukan. Secara singkat, definisi umum menjadi bagian pembuka yang memberikan gambaran terkait dari laporan yang menjelaskan hasil dari sebuah pengamatan secara keseluruhan.

Definisi Bagian

Pada bagian ini menjelaskan isi dan juga pembahasan mengenai hasul dari obervasi yang dilakukan. Definisi bagian juga menjadi inti dari laporan ini karena menjelaskan ide ide pokok pada setiap paragrafnya. Bagian ini juga menjelaskan metode pengamatan, kendala yang dilalui selama observasi hingga hasil dari observasi. Menjelaskan hasil observasi dalam struktur teks laporan hasil observasi harus berdasarkan fakta yang terjadi pada proses observasi.

Definisi Manfaat

Di bagian jelas menjelaskan manfaat dari objek yang dilakukan pengamatan. Manfaat serta kegunaan objek pengamatan ini harus dilaporkan denan detail. Manfaat yang dituliskan bisa berupa manfaat langsung maupun manfaat tidak langsungnya. Bagian definisi manfaat sangat penting apalagi jika berkaitan dengan pemberi dana pengamatan. Karena dengan ini mereka bisa mendapatkan manfaat serta hasil dari pengamatan yang telah mereka danai. Namun jika tidak ada pendanaan tetap harus diisi dengan detail.

Bagian Penutup Laporan

Pada versi yang kedua juga ada bagian penutup LHO. Bagian ini berupa rincian akhir yang berisikan kata kata penutup dari pengamat atau penulis laporan. Penutup juga menjelaskan tentang kesimpulan dan juga ringkasan dari laporan. Pembahasan pada bagian sebelumnya kembali dijelaskan secara singkat pada kesimpulan. Tak jarang bagian ini dijadikan satu dengan bagian definisi manfaat. Semua kembali pada masing masing penulis laporan lebih mudah yang mana.

Pengertian Teks Laporan Hasil Dari Observasi

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Pengertian Teks Laporan Hasil Dari Observasi (Photo on Foter.com)

Laporan hasil observasi adalah sebuah teks yang dituangkan untuk melaporkan kegiatan pengamatan atau observasi yang sudah dilakukan.

Dalam pembuatan teks ini ada kaidah dan juga struktur khusus yang telah disesuaikan dengan aturan kebahasaan. Secara umum, pengertian teks ini adalah jenis teks yang memberikan penjabaran secara umum yang berguna untuk melaporkan hasil observasi yang telah dilakukan.

Penyusunan laporan ini harus dituliskan berdasarkan fakta berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan. Hal ini dikarenakan laporan akan berfungsi sebagai pertanggungjawaban sekaligus memberikan informasi hasil dari pengamatan yang sudah dilakukan. Bahasa yang digunakan juga harus menggunakan bahas ilmiah serta teknis. Isinya juga harus rinci serta detail dengan sifat teks laporan informatif dan juga obyektif.

Penulisan laporan ini juga ada struktur teks laporan hasil observasinya sendiri yang harus diperhatikan. Seperti yang telah disinggung jika laporan ini memiliki  tujuan laporan ini tentunya untuk memberikan informasi. Hasil dari observasi juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasi masalah. Laporan ini juga sebagai salah satu bukti telah melakukan penelitian terhadap suatu objek. Dengan adanya struktur ini tentunya membedakan dengan laporan lainnya.

Langkah Langkah Menyusun Teks LHO

Langkah Langkah Menyusun Teks LHO

Langkah Langkah Menyusun Teks LHO (Photo on Foter.com)

Jika sudah mengetahui bagaimana strukturnya, maka juga harus mengetahui langkah langkah apa yang harus dilakukan untuk menuliskan laporan hasil observasi ini. Langkah pertama tentu saja membuat sebuah judul yang relevan dengan pengamatan yang sudah dilakukan. Judul sebaiknya menjelaskan dengan baik isi laporan dengan menggunakan kata yang sederhana dan mudah dimengerti oleh semua orang yang nantinya akan membacanya.

Apabila sudah menemukan judulnya maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan membuat kerangka teks. Kerangka ini dibuat lebih condong pada gagasan utama yang nantinya harus sesuai dengan hasil observasinya. Setelah kerangka jadi maka tinggal menyusun teksnya sesuai dengan gagasan utama. Dimana isian dari laporan harus menjelaskan secara rinci dan detail berdasarkan struktur teks laporan hasil observasi.

Laporan yang telah dituliskan berdasarkan dengan struktur yang diikuti juga harus kembali diteliti. Jangan sampai ada kalimat yang ambigu, janggal serta salah penulisan. Baik versi 1 maupun versi 2 sama sama menjelaskan isi dari pengamatan yang dilakukan. Sehingga masing masing penulis bisa memilih versi manapun sesuai dengan kemudahannya masing masing. Pastikan laporan ini ditulis berdasarkan fakta yang memang terjadi selama melakukan kegiatan pengamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *