Jenis Tanaman Lidah Mertua

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Lidah Mertua Terpopuler Hingga Termahal – Membudidayakan tanaman hias di dalam hunian pribadi, dianggap sebagai salah satu cara agar bangunan tampak segar nan asri yang membuat penghuni rumah menjadi lebih betah.

Jenis Tanaman Lidah Mertua

Jenis Tanaman Lidah Mertua

Sanseviaria atau lebih dikenal sebagai lidah mertua terpilih menjadi tanama terbaik untuk menghiasi beberapa sudut hunian, berkat keunikan pada daunnya yang tumbuh tinggi dan memanjang.

Walaupun terlihat serupa, ternyata terdapat berbagai jenis tanaman lidah mertua yang memiliki keunikan tersendiri. Untuk mengenalnya lebih dalam, silahkan simak dahulu ulasan singkat berikut.

Beberapa Jenis Sanseviaria Terpopuler

Walaupun jenisnya cukup melimpah dan tersebar di berbagai penjuru dunia, namun setidaknya terdapat beberapa jenis diantaranya yang bisa dikatakan terpopuler di tanah air.

Selain populer, kedua jenis tanaman satu ini dirasa cukup mudah ditemukan di pasar tanaman hias dan dipatok dengan tarif bersahabat. Wajar saja jika tanaman satu ini kerap diburu di pasaran.

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria cylindrica

Sansevieria cylindrica

Sansevieria cylindrica dan sansevieria trifasciata dianggap sebagai tanaman hias terpopuler yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia. Selain dari kecantikan warna daunnya, tarif satu pohonnyanya pun cukup bersahabat.

Sansevieria cylindrica sebenarnya berasal dari Afrika Barat dan Nigeria namun dapat tumbuh subur di tanah air. Tanaman indah satu ini memiliki ciri pada daunnya yang panjang dan tebal, serta terasa keras jika disentuh.

Jika pada umumnya daun berwarna hijau segar, maka jenis tanaman lidah mertua satu ini memiliki warna cenderung kelabu dan dihiasi dengan belang hijau tua yang membuatnya tampil unik dan menarik.

Berbeda halnya dengan sansevieria trifasciata yang memiliki ciri khas pada daunnya yang tumbuh memanjang, dan berwarna hijau dengan motif bergaris di bagian dalamnya.

Sedangkan bagian luar daunnya sendiri berwarna kekuningan sehingga terlihat cantik nan menawan. Wajar jika tanaman satu ini begitu populer dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Harga yang ditawarkan untuk satu pohonnya pun cukup ramah di kantong, sehingga tidak ada salahnya membelinya secara borongan untuk menciptakan nuansa asri nan segar pada hunian pribadi Anda.

Jenis Sanseviaria Termahal

Jika terdapat jenis sansevieria terpopuler dan diberikan harga bersahabat di kantong, maka terdapat pula beberapa jenisnya yang justru dipatok dengan harga melambung tinggi.

Setidaknya terdapat tiga jenis sansevieria yang dipatok dengan harga tinggi namun tidak kalah keren untuk dimiliki yaitu sansevieria ehrenbergii, sansevieria eilensis, dan sansevieria pinguicula.

Lidah Mertua Sansevieria Ehrenbergii

Sansevieria Ehrenbergii

Jenis tanaman lidah mertua bernama ehrenbergii misalnya, dimana tanaman asal Afrika Timur satu ini cukup unik berkat daunnya yang tumbuh dengan dua baris yang terlihat saling berlawanan satu sama lain.

Jika dilihat sekilas, bentuk daunnya tersebut akan mengingatkan Anda pada sebuah kipas karena memiliki batang pendek serta daunnya yang berwarna hijau gelap yang membuatnya tampil unik.

Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Eilensis

Sansevieria Eilensis

Sansevieria eilensis disebut sebagai jenis sansevieria selanjutnya yang dipatok dengan tarif melambung. Tanaman hias satu ini memiliki keunikan pada daunnya yang berwarna biru muda dengan garis putih.

Sansevieria Pinguicula

Sansevieria Pinguicula

Sansevieria pinguicula tidak kalah populer dibudidayakan, berkat keunikannya yang membuatnya hampir serupa dengan spesies kaktus dan membuatnya dipasarkan dengan harga tinggi.

Walaupun ketiga tanaman ini dipatok dengan tarif cukup tinggi, nyatanya peminatnya cukup melimpah dan berasal dari berbagai negara. Bahkan hingga kini tanaman ini pun kerap diburu di pasaran.

Beberapa Jenis Sanseviaria yang Mulai Langka

Bahkan beberapa diantaranya termasuk sansevieria langka yang tidak kalah menarik untuk dibudidayakan contohnya seperti sansevieria kirkii, sansevieria arborescens, serta sansevieria bagamoyensis.

Jenis Tanaman Lidah Mertua LANGKA

Sansevieria Kirkii

Dimana sansevieria kirkii yang kini mulai langka ditemukan di Indonesia memiliki keunikan pada daunnya yang rata dan terasa lebih tebal, serta memiliki tepian yang tampak bergelombang.

Berbeda halnya dengan jenis tanaman lidah mertua bernama arborescens yang tampil dengan daunnya yang tumbuh melebar hingga mencapai 2.5 mm. Walaupun daunnya melebar, namun cukup kokoh dan tidak mudah rapuh.

Sanseviaria merupakan satu dari sekian jenis tanaman hias yang kerap ditemukan di sejumlah hunian pribadi. Selain difungsikan sebagai dekorasi, tanaman ini mampu mendatangkan segudang keuntungan.

Namun siapa sangka jika tanaman cantik satu ini dibagi menjadi beberapa jenis berbeda, dan tentunya memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya semakin menarik untuk dimiliki.

Setidaknya ada sekitar 70 jenis sanseviria yang tersebar luas di seluruh penjuru dunia, namun beberapa jenis diantara mudah ditemukan di Indonesia mulai dari yang terpopuler hingga yang terlangka sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *