Kegunaan Baking Soda Selain Mengembangkan Adonan

Kegunaan Baking Soda Selain Mengembangkan Adonan

Untuk proses pemanggangan kue atau roti, baking soda merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan oleh banyak orang. Baking soda atau yang juga biasa dikenal sebagai sodium bikarbonat merupakan zat basa bersifat alkaloid yang memiliki sifat sebagai agen pengembang suatu adonan kue dan roti.

Tersedia dalam bentuk bubuk putih dan memiliki nama yang hampir sama, baking soda dan baking powder kerap dikira tidak berbeda oleh banyak orang.

Keduanya memang terbuat dari sodium bikarbonat, namun untuk baking powder ditambah bahan asam cream of tartar dan bahan yang lain.

Baking soda hanya dapat bereaksi jika dicampur dengan bahan asam seperti yoghurt, buttermilk, telur dan bahan yang lainnya.

Sementara karena baking powder telah dicampurkan dengan bahan asam, maka tidak perlu lagi untuk mencampurkan bahan lain untuk membuatnya bereaksi.

Tidak hanya berfungsi untuk mengembangkan adonan roti saja, baking soda juga memiliki banyak manfaat lain terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengutip dari Healthline, berikut ulasan kegunaan baking soda dalam kehidupan sehari-hari.

1. Obat kumur

Untuk menjaga mulut tetap higienis, obat kumur merupakan produk yang cocok untuk digunakan. Produk ini akan mampu menjangkau kebersihan sampai ke ujung mulut, celah gigi, gusi serta lidah.

Baking soda sendiri merupakan bahan yang baik untuk dijadikan sebagai pengganti produk obat kumur. Baking soda mampu menyegarkan napas serta memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, dan juga mampu memutihkan gigi.

Masukkan setengah sendok teh baking soda ke dalam setengah gelas air hangat, dan berkumurlah dengan campuran tersebut.

2. Mengatasi seriawan

Seriawan dapat membuat mulut menjadi tidak nyaman, terlebih pada saat makan. Untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan dari seriawan, sebuah studi menunjukkan bahwa baking soda mampu melakukannya.Lakukan hal yang sama dengan membuat obat kumur untuk menggunakan baking soda sebagai obat seriawan.

3. Deodoran

Keringat manusia sebenarnya tidak memiliki bau. Bau dari keringat hanya terjadi setelah keringat dipecah oleh bakteri yang ada di ketiak. Bakteri ini akan mengubah keringat menjadi produk buangan asam yang membuat keringat menjadi bau.

Baking soda mampu menghilangkan bau keringat dengan membuat bau tersebut menjadi tidak asam. Untuk mencobanya, tepuklah baking soda pada ketiak.

4. Memutihkan pakaian

Baking soda juga dikenal sebagai pemutih dan pembersih pakaian. Hal ini disebabkan karena sifat alkali yang mampu menghilangkan kotoran dan noda.

Ketika dilarutkan ke dalam air, alkali akan berinteraksi dengan asam dari noda dan menghilangkannya. Tambahkan setengah cangkir baking soda ke dalam detergen biasa untuk digunakan.

5. Menyembuhkan kulit yang gatal dan terbakar matahari

Mandi dengan menggunakan baking soda disarankan untuk menenangkan kulit yang gatal. Terlebih akan sangat efektif untuk menyembuhkan kulit dari sengatan serangga.

Selain itu, baking soda juga mampu membantu menyembuhkan rasa gatal pada kulit yang disebabkan karena terbakar matahari. Dan akan lebih ampuh lagi jika dicampur dengan menggunakan bahan lain seperti oatmel dan tepung jagung.

6. Membersihkan ruangan-ruangan rumah

Kesal rasanya jika sudah menggunakan berbagai produk pembersih rumah dalam berbenah namun hasilnya tidak maksimal dan kotoran masih menempel. Baking soda mampu membantu pekerjaan rumah dengan mencampurkannya ke sedikit air.

Campuran tersebut dapat digunakan secara efektif untuk membersihkan berbagai ruangan serta perabotan rumah. Dapur dan segala peralatannya, kamar mandi dan yang ada di dalamnya, sampai noda karpet yang membandel bisa dibersihkan dengan kemampuan baking soda.

7. Menghilangkan kapalan

Kapalan merupakan bercak kasar pada permukaan kulit yang biasa disebabkan oleh gesekan atau tekanan dalam waktu yang lama, seperti saat berjalan kaki, berolahraga atau berkebun. Walau bukan penyakit serius namun kapalan bisa membuat anggota tubuh tidak nyaman dan perih.

Menariknya, baking soda mampu membantu menyembuhkan kondisi kapalan. Dengan merendamkan bagian kapalan ke dalam air campuran baking soda, kapalan akan menjadi lebih lunak dan menghilangkan sisik-sisiknya.

Leave a Comment