Jangan Sembarangan, Berikut Cara Menyembuhkan Telinga Kemasukan Air yang Tepat

Goyangkan Cuping Telingaa

Telinga kemasukan dengan air saat mandi ataupun berenang memang sering kali terjadi. Meskipun bisa mengering dengan sendirinya, namun tetap saja terdapat rasa yang tidak nyaman di bagian telinga. Bahkan sebagian orang akan merasakan rasa sakit. Oleh karena itu banyak yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan air tersebut. Namun tidak boleh dengan cara yang sembarangan, berikut cara menyembuhkan telinga kemasukan air yang tepat.

Cara Mengatasi Telinga Yang kemasukan Air Dengan Tepat dan Benar

  1. Hisap Air Dengan Telapak Tangan

Hisap Air Dengan Telapak Tangan
(Hisap Air Dengan Telapak Tangan Photo by Liputa6.com)

Saat telinga Anda kemasukan dengan air, mungkin bisa menggunakan cara mudah satu ini. Yakni dengan menghisap air yang ada di dalam telinga dengan telapak tangan. Pertama miringkanlah kepada pada sisi telinga yang kemasukan air, kemudian letakkan telapak tangan diĀ  telinga yang kemasukan air. Kemudian gerakkan telapak tangan secara naik turun dengan perlahan, lalu tekan telinga dan segera lepaskan. Air dalam telinga akan keluar dengan sendirinya.

  1. Meneteskan Air Ke Dalam Telinga

Meneteskan Air Ke Dalam Telinga
(Meneteskan Air Ke Dalam TelingaPhoto by aura.tabloidbintang.com)

Cara satu ini merupakan cara yang mudah dan sering dilakukan oleh kebanyakan orang, yakni dengan meneteskan air ke dalam telinga yang telah dimasuki air. Langkah dalam cara menyembuhkan telinga kemasukan air satu ini, pertama siapkan air hangat. Kemudian miringkan kepala hingga telinga yang kemasukan dengan air menghadap ke atas. Teteskan air ke dalam telinga tersebut, dan tunggu beberapa saat. Setelah itu, balik posisi kepala dan biarkan air keluar dengan sendirinya.

  1. Mengkompres Telinga Dengan Air Hangat

Mengkompres Telinga Dengan Air Hangat
(Mengkompres Telinga Dengan Air Hangatt Photo by cojicaji.jp)

Cara lainnya, bisa dengan menggunakan kompres dari handuk atau kain yang telah dibasahi air hangat pada telinga untuk membuat air keluar dari dalamnya. Siapkan kain atau handuk yang telah dibasahi dengan air hangat, dan peras hingga tidak ada air yang menetes. Miringkan ke sisi telinga yang telah kemasukan dengan air dan tempelkan handuk tersebut pada bagian luar telinga. Diamkan selama 30 detik, lalu lepaskan. Selang satu menit ulangi hal tersebut 4 hingga 5 kali.

  1. Goyangkan Cuping Telinga

Goyangkan Cuping Telingaa
(Goyangkan Cuping Telinga Photo by youaremom.com)

Selanjutnya cara menyembuhkan telinga kemasukan air yang tepat dan benar, bisa dengan menggoyangkan cuping telinga. Pertama miringkan kepala ke sisi telinga yang kemasukan dengan air, kemudian goyang goyangkan cuping telinga secara perlahan. Lakukan hal tersebut terus menerus hingga tidak ada lagi air yang tersisa di dalam telinga.

  1. Dengan Merenggangkan Rahang dan Mulut

Dengan Merenggangkan Rahang dan Mulut
(Dengan Merenggangkan Rahang dan Mulut Photo by suara.com)

Saat telinga Anda kemasukan dengan air, saluran sempit yang menjadi penghubung rongga telinga dan bagian belakang lubang hidung akan berpotensi mengalami pembengkakan yang menyebabkan saluran menjadi tersumbat dan air susah untuk keluar. Solusi untuk menangani masalah ini adalah dengan merenggangkan mulut dan rahang, bisa dilakukan dengan cara mengunyah atau menguap.

  1. Gunakan Minyak Zaitun

Gunakan Minyak Zaitun
(Gunakan Minyak Zaitun Photo by dream.co.id)

Selain untuk Memutihkan Kulit Secara Alami , Ternyata minyak zaitun cukup efektif untuk membantu mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga. Langkah dalam cara menyembuhkan telinga kemasukan air yang tepat dengan minyak zaitun, pertama Anda perlu untuk meneteskan 3 hingga 4 ke dalam telinga. Kemudian diamkan kurang lebih 30 detik, hingga membuat air menjadi mengering. Jika air sudah mengering, Anda bisa membersihkan telinga dengan kain yang telah dibasahi.

  1. Menggunakan Alkohol dan Cuka

Menggunakan Alkohol dan Cuka
(Cara Menyembuhkan Telinga Kemasukan Air Menggunakan Alkohol dan Cuka Photo by wanita22.com)

Terkadang air yang masuk ke dalam telinga akan susah keluar karena terhalang oleh kotoran telinga atau serumen. Jika demikian, maka harus menghilangkan serumen terlebih dahulu sebelum air bisa keluar dari telinga. Untuk menghilangkan kotoran tersebut, maka perlu menyiapkan alkohol dan cuka yang telah ditakar dengan takaran yang seimbang. Kemudian teteskan campuran tersebut 3 hingga 4 tetes ke dalam telinga dan pijat bagian luar dengan lembut.

Cuka yang digunakan berfungsi untuk mengurai kotoran telinga, sementara alkohol memiliki tugas untuk mempercepat proses penguapan air sehingga bisa kering. Namun cara satu ini tidak dianjurkan untuk seseorang yang memiliki gendang telinga berlubang, mengalami infeksi luar telinga, dan tuba timpanostomi. Oleh karena itu, ada baiknya untuk konsultasi kepada dokter sebelum menggunakan cara satu ini.

  1. Menggunakan Pengering Rambut

Menggunakan Pengering Rambut
(Menggunakan Pengering Rambut Photo by Popmama.com)

Ternyata hair dryer atau pengering rambut dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan telinga kemasukan air. Pasalnya alat tersebut berguna untuk mempercepat proses pengeringan air yang terjebak di dalam telinga. Pertama atur suhu dan speed pengering rambut di level yang paling rendah, kemudian pada jarak 30 cm arahkan hair dryer ke telinga yang kemasukan dengan air. Sembari hair dryer mengeringkan air, gerakkan cuping telinga agar prosesnya semakin cepat.

  1. Menggunakan Garam

Cara Menyembuhkan Telinga Kemasukan Air dengan Garam
(Cara Menyembuhkan Telinga Kemasukan Air Menggunakan Garam Photo by majalahayah.com)

Yodium yang terdapat pada garam, dipercaya mampu mempercepat proses pengeringan air yang terjebak dalam telinga. Pada langkah ini, siapkan seperempat gelas garam. Kemudian panaskan di dalam microwave selama 1 menit. Setelah itu, bungkus garam di kain katun yang bersih. Tempelkan bungkusan garam tersebut pada telinga dan diamkan beberapa menit hingga garam meresap ke dalam telinga. Terakhir bersihkan telinga menggunakan kain basah.

  1. Manuver Valsava

Manuver valsava merupakan cara menyembuhkan telinga kemasukan air yang paling mudah untuk dilakukan, namun membutuhkan kehati hatian saat melakukannya. Langkah dalam cara ini tutup lubang hidung dengan tangan, kemudian ambil napas melalui mulut. Buang napas melalui hidung yang sebelumnya telah ditutup. Saat itu akan timbul getaran di dalam telinga, yang menyebabkan tabung eustachius terbuka dan air akan keluar dengan sendirinya.

Sangat telinga kemasukan air memang dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Tidak hanya itu, terkadang juga bisa menyebabkan telinga merasakan sakit. Namun tidak perlu panik, mungkin Anda bisa menggunakan salah satu cara dalam ulasan ini. Apakah Anda sering mengalamai telinga yang kemasukan dengan air? Semoga kejadian tersebut tidak sampai membuat telinga menjadi infeksi.

Azzura
Tinulah niat ingsun, hangidung sabdo kang luhur.