Mengenal Influencer: Pengaruhnya Dalam Bisnis dan Tips Menjadi Influencer Sukses

Mengenal Influencer: Pengaruhnya Dalam Bisnis dan Tips Menjadi Influencer Sukses

Influencer – Influencer adalah orang yang mempunyai kekuatan mempengaruhi keputusan orang lain untuk membeli sesuatu karena mereka memiliki pengetahuan, otoritas, atau relasi yang kuat dengan audiens.

Influencer harus menjadi tokoh terpercaya dan memiliki banyak pengikut setia. Tetapi influencer kadang tidak memiliki keahlian atau kemampuan yang tidak sesuai dengan produk yang mereka tawarkan.

Mereka dapat mengandalkan loyalitas dan kepercayaan audiens untuk mempengaruhi pengikut mereka. Sebagai contoh seorang vlogger gadget yang terkenal di Youtube memiliki pengetahuan yang luas tentang gadget.

Jadi influencer tersebut dapat mempromosikan brand yang berkaitan dengan gadget. Contoh yang lain adalah selebriti bisa merekomendasikan suatu produk dengan menggunakan produk tersebut dan memberikan penjelasan mengenai manfaat produk

Pentingnya Influencer Untuk Proses Pemasaran

Via Pixabay

Saat ini perkembangan teknologi internet sudah menjadikan platform sosial media seperti Youtube, Instagram, dan Facebook menjadi populer karena followers atau audiens bebas untuk memilih konten yang diinginkan.

Oleh sebab itu, brand akan kesulitan melakukan pemasaran karena audiens telah menyebar ke berbagai bentuk media dan mereka kesulitan untuk menjangkau mereka.

Selain itu konsumen sekarang juga semakin skeptic terhadap brand dan strategi pemasaran untuk membangun kepercayaan.

Influencer dapat menjadi solusi pemasar untuk membantu menawarkan produk mereka. Melalui pemasaran dari influencer, pemasar dapat melakukan promosi secara langsung kepada audiens.

Promosi melalui influencer akan memungkinkan pemasar beriklang melalui orang yang dipercaya dan terkenal. Jadi audiens tidak akan skeptic mengenai iklan di media sosial karena audiens percaya bahwa influencer menyukai produk tersebut,

Strategi Efektif Untuk Influencer Marketing

  • Mengidentifikasi influencer yang relevan menurut kategori, geografi, dan data-data lainnya
  • Menjalin dan membangun hubungan antara brand dengan influencer sebelum memintanya melakukan promosi
  • Menemukan preferensi influencer dan mengirim materi iklan atau konten dengan format yang sesuai dengan selera influencer
  • Jangan mengabaikan media sosial kecil karena para pemasar kadang hanya mengarahkan pemasarannya ke jejaring yang besar sekelas Youtube, Instagram, atau Facebook

Cara Melakukan Pemasaran yang Efektif Melalui Influencer Marketing

1. Menentukan tujuan strategi pemasaran

Tujuan influencer marketing adalah meningkatkan penjualan dan kesadaran publik. Sebelum memilih influencer, pemasar perlu menetapkan tujuan secara terukur kemudian menguraikan apa yang harus dicapai oleh influencer dengan tepat

2. Mengidentifikasi Influencer

Pemilihan influencer dapat dilakukan melalui riset demografi dan menentukan target pasar. Hasil riset ini dapat membantu menentukan berapa jumlah influencer untuk memenuhi tujuan pemasaran

3. Menganalisa Data Influencer

Analisis data termasuk jenis konten yang disebarkan oleh influencer dan audiensnya. Setelah itu, pemasar dapat menjalin hubungan organik dengan influencer. Hubungan yang baik akan membuat influencer melakukan yang terbaik dalam mempromosikan produk pemasar

Jenis Influencer

Influencer dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah beberapa jenis influencer yang aktif di sosial media:

  • Pakar di bidang tertentu

Pakar adalah orang yang memiliki pengaruh karena faktor kedudukan, kualifikasi, atau pengalaman di bidang yang dimiliki sehingga memiliki pengaruh dan reputasi yang baik di lingkungannya. Contohnya adalah dokter yang terpercaya mengobati banyak pasien. Dokter tersebut dapat menjadi influencer dengan memberinya peluang untuk mengulas produk Anda di sosial media mereka.

  • Selebriti

Selebriti adalah artis, penyanyi, atau entertainer yang sering muncul di media. Pemasaran influencer sebenarnya sudah tumbuh bersama selebriti selama bertahun – tahun untuk mendukung atau mempromosikan produk.

Namun biasanya tarif untuk menggunakan jasa selebriti ini sangat tinggi. Kecuali jika produk yang dipasarkan sudah terkenal dan banyak digunakan oleh selebriti. Permasalahannya, menggunakan selebriti sebagai influencer adalah selebriti tersebut kurang relevan dan kredibel dengan target produk.

  • Blogger

Sekarang sudah banyak blog yang berpengaruh di internet. Jika seorang blogger menyebut suatu produk secara positif, hal ini akan membuat pembaca blog tertarik untuk menggunakan produk Anda.

  •  Influencer mikro

Mikro influencer merupakan oang yang sudah dikenal karena memiliki keahlian khusus. Influencer mikro biasanya memiliki pengikut yang sangat banyak di sosial media, khususnya followers yang menyukai topik tertentu. Selain memiliki banyak pengikut, hubungan interaksi antara influencer dengan pengikutnyaa juga sangat kuat.

Tips Untuk Menjadi Influencer Terkenal

Influencer adalah panutan bagi para audiens. Jadi setiap influencer harus memiliki kemampuan memikat para pengguna media sosial dengan mengulas produk yang digunakan lewat postingan foto, video, dan caption sehingga nantinya banyak brand yang ingin bekerjasama dengan influencer tersebut.

Namun untuk menjadi influencer terkenal tentu perlu proses yang panjang. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menjadi influencer terkenal.

1. Menentukan Brand Sendiri

Buat brand sendiri yang akan ditampilkan di profil sosial media Anda. Brand ini sangat berkaitan dengan kriteria pengikut atau audiens Anda. Contohnya jika Anda tertarik di bidang fashion dan sering membuat ulasan mengenai fashion, maka audiens Anda akan dipenuhi oleh para penggemar fashion.

2. Membuat Konten yang Menarik

Buatlah konten yang menarik di berbagai sosial media seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan Twitter. Hal ini penting untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Konten tersebut juga dapat berupa ulasan – ulasan positif mengenai brand Anda.

Contohnya jika Anda memilih brand make up, maka Anda harus rutin membagikan ulasan mengenai make up. Asah kreativitas dengan memunculkan gaagasan yang menarik agar konten semakin beragam dan audiens tidak bosan

3. Menggunakan Foto dan Video yang Berkualitas

Jangan sembarangan mengunggah konten berupa foto atau video tanpa memperhatikan kualitasnya. Pilihlah foto dan video yang jernih dan jelas serta menarik atau istilahnya instagrammable. Sebelum itu, ketahui angle terbaik agar foto atau video yang dihasilkan bisa lebih baik.

Untuk video, usahakan video ulasan tidak terlalu panjang yaitu hanya 1 menit. Ini berarti video tersebut harus mencakup inti semua dalam waktu 1 menit.

Walaupun Anda dapat mengunggah video dengan durasi lebih panjang, isi konten tetap wajib diperhatikan. Pilihlah spot atau latar belakang yang bagus dan menarik saat mengambil gambar atau video

4. Mengatur Feed Instagram Agar Lebih Menarik

Mengatur feed Twitter, Facebook, dan Youtube memang lebih mudah daripada Instagram. Hal ini disebabkan kaarena Instagram menampilkan foto dan video yang telah diunggah.

Saat di klik pada salah satu video atau foto tersebut baru dapat melihat captionnya. Jika foto maupun video yang diupload berantakan dan tidak selaras, feed Instagram menjadi kurang menarik bagi audiens.

Jadi usahakan untuk membuat feed Instagram yang lebih menarik. Anda dapat melihat Instagram milik para influencer terkenal sebagai bahan referensi. Jadi Anda akan lebih mudah mengatur feed di Instagram agar lebih menarik.

Pada dasarnya menjadi influencer memang memerlukan proses yang cukup panjang. Untuk itu Anda harus konsisten terhadap konten yang dibuat dan terus memperbanyak followers aktif sehingga peluang untuk menjadi influencer sukses semakin besar.

Leave a Comment