Khasiat Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Lemon untuk Kesehatan Tubuh – Rasa masam yang terlalu kuat pada buah lemon membuatnya jarang dikonsumsi secara langsung.

Sehingga buah ini pun lebih sering dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam air mineral, atau mengolahnya menjadi jus.

Tak hanya itu, buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini juga digunakan sebagai bahan dasar dari berbagai jenis produk.

Baik dalam produk pencuci piring, produk perawatan kulit seperti masker wajah, sampai dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan.

Selain dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan asam sitrat, lemon juga memiliki segudang nutrisi lain di dalamnya.

Karbohidrat, serat pangan, protein, kalsium, fosfor, kalium dan berbagai macam jenis vitamin lainnya merupakan rangkaian nutrisi lain yang tersimpan di dalam buah lemon.

Vitamin C pada lemon sangat berguna untuk memproduksi kolagen, dan juga dapat menyembuhkan gejala asma, serta melindungi tubuh dari terkena kanker.

Mengutip Healthline, berikut terdapat bermacam khasiat dari buah lemon bagi tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Satu buah lemon memiliki kandungan vitamin C sebanyak 31 miligram, yang mana ukuran ini seimbang dengan 51 persen dari asupan harian yang dianjurkan (RDI).

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS (NCBI NLM) menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Tidak hanya vitamin C yang bermanfaat bagi jantung, namun juga serat dan senyawa nabati dalam lemon juga dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung secara signifikan.

Senyawa nabati hesperidin dan diosmin pada lemon juga diketahui dapat bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis; Atasi Jerawat Hingga Jaga Kesehatan Jantung

2. Membantu mengontrol berat badan

Suatu teori umum perihal serat larut seperti pektin dalam lemon dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Namun lain halnya jika Anda mengonsumsi jus lemon.

Jus lemon tidak mengandung pektin dan tidak dapat membuat perut merasa kenyang seperti dengan mengonsumsi lemon secara langsung.

Teori lain dari NCBI NLM juga mengungkap bahwa senyawa nabati di dalam lemonlah yang bekerja untuk menurunkan berat badan.

3. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal adalah benjolan kecil yang terbentuk saat produk limbah mengkristal dan menumpuk di dalam ginjal.

Kandungan asam sitrat yang ada pada lemon dapat mencegah munculnya batu ginjal dengan meningkatkan volume dan pH urine, menciptakan suatu suasana yang tidak menguntungkan untuk pembentukan batu ginjal.

Namun perihal efek ini, masih harus dilakukan penelitian kualitas lebih lanjut untuk mengetahui lebih dalam tentang pencegahan munculnya batu ginjal dari kandungan lemon.

4. Melindungi Tubuh dari Terkena Anemia

Lemon juga memiliki kandungan nutrisi zat besi.

Tetapi pada umumnya lemon akan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati dalam pencegahan anemia.

Usus manusia akan menyerap zat besi dari daging, ayam dan ikan dengan mudah. Sedangkan zat besi dari sumber nabati tidak terlalu mudah untuk diserap.

Namun, penyerapan zat besi dari makanan nabati dapat ditingkatkan dengan konsumsi vitamin C dan asam sitrat.

Lemon merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C dan asam sitrat yang baik dan dapat membantu melindungi tubuh dari anemia dengan memastikan tubuh menyerap zat besi sebanyak mungkin.

Baca Juga: Manfaat Susu Beruang, Tak Hanya Untuk Memulihkan Orang Sakit!

5. Mengurangi Resiko Kanker

Suatu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah sitrus memiliki risiko terkena kanker yang lebih sedikit.

Beberapa peneliti berasumsi bahwa senyawa nabati yang ditemukan pada lemon seperti limonene dan naringenin bisa memiliki efek antikanker.

Namun hipotesis tersebut masih perlu penelitian yang lebih lanjut.

6. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Lemon memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 10 persen, dan kebanyakan di dalam bentuk serat larut dan gula sederhana.

Di mana serat utama dalam lemon merupakan pektin.

Serat larut mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati.

Efek inilah yang dapat menghasilkan penurunan kadar gula darah.Untuk mendapatkan manfaat dari serat lemon itu sendiri, Anda harus memakan pulp dari buah lemon.

Biasanya pada jus lemon tidak terdapat serat yang berada di dalam pulp.

Leave a Comment